Nilai-nilai Positif yang Ditanamkan Sejak Usia Dini

Pada jaman sekarang banyak sekali kita tonton di televisi tentang kenakalan remaja. Kenakalan remaja yang sering kita lihat di televisi dan juga disekitar kita yakni seperti penyalahgunaan narkoba, tawuran antar pelajar maupun bullying yang dilakukan oleh siswa yang merasa kuat di sekolah dengan korbannya adalah temannya yang dianggap lemah dan juga tidak berdaya.

Lalu apa yang salah sebenarnya dan siapa yang salah? sebenarnya disini Tidak ada yang salah, mungkin hanya sistem pendidikannya yang sedikit salah. Jika selama ini yang dipikirkan maupun diajarkan di sekolah banyak pendidikan yang berhubungan dengan ilmu dan juga siswa diajarkan hanya untuk mengejar nilai semata. Mereka tidak dibekali dengan ilmu yang berhubungan dengan karakter mereka walaupun pendidikan karakter di sekolah kurang kuat dan terkadang hanya sebagai intermezzo maupun selingan di sekolah.

PELAJARI JUGA:  Teks Editorial/Opini (Pengertian, Struktur Teks Dan Kaidah Kebahasaan)

Lalu apa itu pendidikan karakter ? pendidikan karakter sendiri ialah tentang cara pola berpikir dan juga berperilaku seseorang yang merupakan cerminan dirinya baik secara individu maupun secara bersama-sama, baik itu di lingkungan keluarga, masyarakat dan juga bernegara.

Untuk lebih jelasnya bahwa karakter ini mulai dibentuk maupun terbentuk sejak seseorang masih berusia dini maupun masih kanak-kanak. Karakter ini pun sangat erat hubungannya dengan nilai agama, kejiwaan, akhlak dan juga budi pekerti seseorang yang tentu saja berbeda antara individu satu dan juga individu yang lainnya.

Sejalan dengan perkembangan jaman yang semakin maju maka moral pun semakin bergeser, dari mulanya polos dan juga ketimuran menjadi kebarat-baratan, maka dari itu pembentukan karakter pada usia dini sangat dibutuhkan dan juga ditekankan sekarang ini.

PELAJARI JUGA:  Gempa Bumi Tektonik dan Vulkanik

Nilai yang harus ditanamkan pada anak usia dini yakni taat kepada agama maupun kepada Tuhan, kejujuran, bertanggung jawab atas segala hal yang dilakukan, percaya diri, mandiri, demokratis, rasa peduli terhadap sesama, hormat dan sopan santun kepada orang tua maupun kepada seseorang yang lebih tua, menanamkan rasa disiplin di segala hal dan juga sikap pekerja keras dan sikap positif yang lainnya.

Nah, demikianlah sedikit informasi mengenai nilai-nilai positif yang harus mulai ditanamkan sejak usia dini. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.