Penyakit dan Gangguan yang Menyerang Alat Pernapasan

Posted on

Alat pernapasan manusia sebaiknya dijaga agar tidak terganggu. Penyakit dan gangguan pada alat pernapasan manusia akan sangat mengganggu jalannya oksigen ke tubuh kita. Alat pernapasan manusia dapat mengalami gangguan dikarenakan oleh beberapa hal antara lain seperti perilaku hidup tidak sehat dan lingkungan yang tidak bersih. Perilaku hidup yang tidak sehat tersebut contohnya seperti merokok. Sedangkan lingkungan yang tidk bersih akan mengakibatkan gangguan seperti influenza, asma, TBC, untuk lebih lengkapnya ayo simak berikut ini.

Influenza

Influenza merupakan gangguan pernapasan yang disebabkan oleh adanya peradangan pada selaput rongga hidung yang karena adanya infeksi virus influenza. Perlu kamu ketahui bahwa, penyakit ini sangat mudah menular melalui udara. Tubuh manusia akan lebih mudah terserang influenza apabila tubuh dalam kondisi lemah atau kurang vitamin. Hal tersebut dapat dicegah dengan menjaga tubuh agar tetap sehat. Selain itu, untuk mencegh penularan virus influenza ini yaitu tidak membuang ingus disembarang tempat.

PELAJARI:  Sumber Energi Listrik

Asma

Asma merupakan gangguan proses pernapasan yang disebabkan oleh adanya penyempitan saluran pernapasan. Penyebab dari penyakit ini adalah alergi. Beberapa bahan yang bisa menyebabkan alergi antara lain seperti rambut atau bulu hewan, debu, asap, ataupun udara dingin.

TBC (Tuberkulosis)

TBC merupakan penyakit pernapasan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Pada penderita TBC, paru-parunya terdapat bintil-bintil kecil di dinding alveolusnya, hal ini tentu akan mengganggu proses penyerapan oksigen. Para penderita TBC ini sebaiknya menggunakan peralatan makan dan sikat gigi sendiri karena penyakit ini dapat menular melalui benda-benda yang digunakan bersama, seperti sendok, gelas, dan sikat gigi.