Pengertian, Struktur, Tujuan, Contoh, Kaidah dan Ciri Teks Tanggapan Kritis

Melalui artikel kali ini kami kali ini akan membahas tentang materi yang berhubungan dengan teks tanggapan kritis yang meliputi pengertian, struktur, tujuan, contoh, kaidah, dan ciri – ciri teks tanggapan kritis.

Pengertian Teks Tanggapan Kritis

Teks tanggapan kritis adalah serangkaian teks yang mengandung kritik – kritik tajam terhadap sesuatu hal yang berhubungan dengan kesalahan terhadap sebuah subjek dan objek.

Struktur Teks Tanggapan Kritis

Seperti yang dijelaskan dalam ciri – ciri teks tanggapan kritis, teks jenis ini memiliki susunan yang terdiri atas 3 elemen antara lain sebagai berikut :

  1. Struktur yang mencerminkan adanya penegasan ulang adalah merupakan salah satu bagian terpenting wajib ada dalam membuat teks tanggapan kritis yang berisikan tentang penegasan – penegasan ulang terhadap segala hal yang telah dilakukan atau telah diputuskan.
  2. Struktur yang menggambarkan tentang deskripsi teks adalah merupakan bagian kedua terpenting wajib ada dalam membuat teks ini yang memuat tentang informasi yang berisikan data – data dan pendapat yang mendukung adanya pernyataan pendukung atau melemahkan pernyataan.
  3. Struktur yang berhubungan tentang evaluasi merupakan bagian terakhir wajib ada dalam teks ini yang berisikan tentang pernyataan – pernyataan umum tentang segala hal yang hendak disampaikan penulis tertuang dalam teks ini.

Tujuan Teks Tanggapan Kritis

Dibuatnya teks tanggapan kritis adalah memiliki tujuan yaitu untuk memilihkan salah satu penyataan – pernyataan karena di dalam teks tanggapan kritis ini berisikan beberapa alasan yang bersifat mendukung dan menolak terhadap sebuah subjek atau objek.

 
BACA:  Contoh Ucapan Minta Tolong, Maaf, dan Ucapan Terimakasih yang Baik

Contoh Teks Tanggapan Kritis

Di bawah ini kami berikan sebuah contoh dari teks tanggapan kritis antara lain sebagai berikut :

Contoh teks tanggapan kritis terhadap perkembangan teknologi.

Orientasi Teks

Yang dimaksud dengan Smartphone merupakan salah satu aat komunikasi super canggih saat ini dijual di pasaran bebas. Alat ini difungsikan untuk melakukan komunikasi juga diperlukan untuk mengakses aplikasi – aplikasi yang disesuaikan dengan pekerjaan, aktivitas dan lain sebagainya.

Evaluasi Terhadap Teks

Kecanggihan dari Smartphone tersebut di atas menyebabkan kelompok remaja memegang andil besar guna membeli dan menggunakannya. Menurut mereka Smartphone adalah seperti kehidupan mereka. Alat canggih ini seakan – akan sudah melekat dan menjadi kebutuhan hidup mereka.

Tafsiran Terhadap Teks

Meskipun demikian, banyak para orang tua yang kurang setuju anak – anak mereka terlalu dekat mengaplikasikan Smartphone dengan alasan alat ini belum memiliki fungsi penting untuk mereka.

Smartphone dianggap sebagai alat yang dapat membawa dampak negatif bagi kehidupan remaja bersangkutan karena bisa dimanfaatkan untuk situs – situs orang dewasa.

Namun ada juga beberapa kelompok orang tua yang setuju anak – anak mereka menggunakannya untuk dapat memakai dan akses kepada aplikasi – aplikasi atau web yang berhubungan dengan pembelajaran.

Dampak positif lainnya dari Smartphone adalah bisa dipakai untuk pergaulan sosial dengan mencari teman jarak jauh.

BACA:  Memahami Teks Tantangan “Kebijakan Mobil Murah”

Kaidah – Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

Adapun kaidah kebahasaan yang tercermin dalam teks tanggapan kritis adalah sebagai berikut :

  1. Pemilihan kata – kata adalah yang dimaksudkan sebagai pemilihan kata yang sesuai dalam penggunaan pembuatan teks tanggapan kritis.
  2. Kata – kata rujukan yang digunakan merupakan sesuatu yang dipakai oleh penulis guna memperkuat pernyataan – pernyataan yang sifatnya tegas yang dikenal dengan sebutan referensi.
  3. Konjungsi di dalamnya merupakan kata – kata penghubung yang berfungsi untuk menghubungkan masing – masing kata dan struktur.
  4. Adanya kalimat kompleks di dalamnya merupakan kalimat yang mempunyai sekitar lebih dari 2 struktur dan 2 verba.

Ciri – Ciri Dari Teks Tanggapan Kritis

Membuat teks tanggapan kritis haruslah memperhatikan ciri yang terdapat di dalamnya dengan fungsi / tujuan agar anda lebih mudah dalam mengenali apakah teks yang bersangkutan merupakan kelompok teks tanggapan kritis atau tidak.

Apabila dalam teks menemukan semua ciri – ciri yang dikelompokkan maka bisa dikatakan bahwa teks tersebut adalah teks yang termasuk ke dalam teks tanggapan kritis.

Berikut ciri yang diberikan antara lain sebagai berikut :

  • Teks bersangkutan mengandung kaidah – kaidah kebahasaan yang mencerminkan teks tanggapan kritis.
  • Memiliki 3 struktur teks antara lain evaluasi, deskripsi teks, dan penegasan ulang.
  • Teks bersangkutan memuat tanggapan – tanggapan terhadap fenomena yang terjadi di sekitar suatu lingkungan dengan menyertakan fakta dan alasan.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang pengertian, struktur, tujuan, contoh, kaidah dan ciri teks tanggapan kritis yang kami rangkum dari berbagai sumber.

 

Topik Lainnya

objek yang di amatidalam pembuatan teks laporanhasilobserpasiharus, tujuan pembelajaran mengidentifikasi alur cerita babak demi babak dan konflik dalam drama yang ditonton, kegiatan inti dalam mendemonstrasikan puisi, analisis kaidah kebahasaan cerpej robohnya surau kami, penyebab kelucuan dalam teks dosen yang juga menjadi pejabat adalah