Cara Penghematan Air yang Efektif

Posted on

Setiap hari, makhluk hidup membutuhkan air untuk mempertahankan hidupnya. Keberadaan air brsih memang sangat berguna untuk kebutuhan sehari-hari sehingga sumber air bersih harus dijaga. Hal tersebut karena banyak kegiatan manusia yang secara tidak langsung bisa mempengaruhi daur air. Selain itu juga berperan untuk menjaga sumber air bersih dengan cara melakukan penghematan. Penghematan air dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini:

Menyediakan tempat pembuangan sampah

Dengan pembuatan TPST (tempat pembuangan sampah terpadu) ternyata dapat mengurangi pencemaran tanah. Pencemaran tanah dapat mengakibatkan pencemaran air tanah.

Menyediakan sarana pembuangan limbah

Pembuatan tempat pembuangan limbah sagat berguna untuk mengurangi pencemaran. Sebelum air limbah dibuang ke perairan sebaiknya harus diolah terlebih dahulu. Air limbah yang telah diolah dengan baik tidak akan mengakibatkan pencemaran. Dengan cara tersebut maka dapat menyelamatkan hewan-hewan air.

PELAJARI:  Lapisan- lapisan Atmosfer

Menyediakan sarana kesehatan lingkungan, misalnya MCK (Mandi, Cuci, Kakus)

Kemudian, pembuatan MCK bisa mengurangi pencemaran air tanah. Nah, sebaiknya MCK dibuat pada tempat khusus. Keberadaan MCK tersebut membuat masyarakat berperilaku disiplin karena tidak mandi dan membuang kotoran di sungai. Tindakan tersebut dapat mengurangi pencemaran air tanah dan sungai.

Membersihkan saluran pembuangan air

Membersihkan saluran pembuangan air berguna untuk memperlancaran saluran pembuangan air. Saluran pembuangan air yang tersumbat maka dapat mengakibatkan pencemaran.