Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Prosedur

Di pelajaran sebelumnya, tentu kamu sudah memahami berbagai kegiatan seseorang yang memperhatikan prosedur! Nah, kamu sudah mendapat gambaran tentang suatu prosedur.

Kegiatan 1

Mengungkapkan Kembali Struktur Teks Prosedur

Teks prosedur dibentuk oleh ungkapan tentang tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang.

  • Tujuan merupakan pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks. Pada contoh teks berjudul “Kiat Berwawancara Kerja”, pendahuluan yang dimaksud berupa pengertian wawancara dan manfaat bagi suatu perusahaan (paragraf 1).
  • Langkah-langkah berupa perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan (paragraf 2–9).
  • Penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjukpetunjuk itu dijalankan dengan baik (paragraf 10).

Marilah menggali teks prosedur lebih mendalam!

  1. Bacalah sekurang-kurangnya tiga teks prosedur yang bersumber dari surat kabar, majalah, ataupun internet!
  2. Catatlah sumber teks tersebut!
  3. Kemukakanlah garis besar isi setiap teks tersebut!

Kamu dapat menuliskannya pada buku kerja, dengan format tabel berikut.

Berikut adalah teks yang bisa disajikan untuk menganalisis dan mengungkapkan struktur teks prosedur.

Kiat Menata Rambut Pendek

Gaya rambut bob pendek kini mulai disukai lagi. Meski terlihat sederhana, untuk gaya rambut seperti itu juga diperlukan perawatan yang benar. Ada beberapa langkah dan cara yang harus kamu lakukan untuk merawat rambut pendek dengan baik, yaitu sebagai berikut.

  1. Keringkan dengan Handuk
    Banyak orang yang mengeringkan rambut pendeknya dengan cara mengacak-acaknya dengan handuk agar air cepat meresap. Padahal cara ini bisa membuat rambut mudah patah. Keringkan rambut sambil dipijat perlahan.
  2. Gunakan Produk Styling
    Gunakan produk styling dan perawatan rambut seperti serum untuk menyehatkan akar rambut. Produk perawatan rambut yang alami akan membuat rambut kamu terlihat bersinar dan indah. Rambut juga tampak halus dan memberikan extra glow. Pastikan menggunakannya di batang rambut.
  3. Blow dry dari Akar Rambut Terlebih Dahulu
    Saat akan melakukan blow dry pada rambut pendek kamu, pastikan memulainya dari akar rambut. Gunakan sisir sikat bulat dan pengering rambut, lalu arahkan hair dryer ke bagian akar. Gunakan sisir dengan ukuran yang benar karena sikat yang lebih besar akan memberikan sedikit kurva ke gaya rambut bob kamu.
  4. Tambahkan kesan bervolume (terisi penuh)
    Kembangkan dan blow dry rambut bagian depan untuk mendapatkan kesan bervolume. Dengan begitu, rambut kamu akan terlihat terisi penuh.
PELAJARI JUGA:  Ulasan Tentang Karya Kita

Contoh Jawaban

1. Struktur pembentuk teks prosedur ialah (a) tujuan merupakan hasil akhir yang akan dicapai; (b) langkah-langkah adalah cara-cara yang ditempuh agar tujuan tercapai; dan (c) penegasan ulang adalah bagian yang berisi tentang pengulangan pernyataan yang digunakan untuk meyakinkan pembaca.

2. Simpulan jawaban peserta didik menyesuaikan dengan struktur pembentuk dari teks tersebut.

3. Pada jawaban ini, peserta didik menelaah teks berjudul “Kiat Menata Rambut Pendek” Telaah tersebut meliputi sruktur teks prosedur yaitu tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang.

4. Pada jawaban ini, hasil pekerjaan peserta didik dipajang atau ditampilkan di papan tulis atau di depan kelas.

5. Pada jawaban ini, hasil pekerjaan yang telah ditampilkan atau di pajang dikomentari oleh teman-teman lain dengan bobot nilai 0 s.d. 25 meliputi kelengkapan bagian-bagian jawaban, kejelasan dalam penyampaian, kefektifan kalimat, dan ketepatan ejaan/tanda baca.