Mengembangkan Teks Prosedur dengan Memperhatikan Struktur dan Kaidahnya

 

Untuk mengembangkan teks prosedur, terlebih dahulu kamu mengetahui perbedaan atau persamaan teks tersebut. Hal tersebut merupakan tahapan membandingkan satu teks dengan teks lainnya, apakah terdapat perbedaan atau persamaan baik dari struktur maupun kaidah kebahasaannya.

 

Teks yang berjudul “Kiat Menata Rambut Pendek” memiliki kesamaan yang berjudul “Kiat Tetap Semangat pada Hari Senin”, persamaan itu adalah berisi langkah-langkah melakukan sesuatu. Di dalamnya pun terdapat kata kerja imperatif.

Teks prosedur sekurang-kurangnya memiliki tiga macam, di antaranya adalah sebagai berikut.

 
  1. Teks bertema kebiasaan hidup, misalnya kiat hidup sehat, kiat belajar menyenangkan, dan kiat sukses bertetangga.
  2. Teks bertema aktivitas tertentu, misalnya cara membuat bolu kukus, cara menanam jagung hibrida, dan cara memelihara kucing.
  3. Teks bertema penggunaan alat, misalnya cara penggunaan laptop, cara menghidupkan motor bekas, dan cara menggunakan pisau cukur.

Tugas 1
Memahami Isi Teks Prosedur

1. Bacalah dengan cermat teks di bawah ini! Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan yang menyertainya!

Empat Tips agar Tidak Iri kepada Orang Lain

Pernahkah Anda membandingkan diri Anda dengan orang lain? Mungkin ketika kita melihat orang lain sukses tetapi kita tidak, tiba-tiba terpikir pertanyaan berikut dalam pikiran, “Mengapa saya tidak seperti dia?” Pertanyaan menggugat seperti itu bisa terjadi secara terus menerus dalam hal lainnya. Untuk mengatasi pemikiran-pemikiran tersebut, Anda bisa mengikuti tips yang dilansir dari Huffingtonpost berikut ini.

Kenali Diri Sendiri
Hal pertama yang perlu dilakukan agar tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah kenali diri sendiri. Jika Anda mengenal diri sendiri, ketika Anda melihat keberhasilan orang lain membuat Anda terpacu menjadi lebih baik, bukannya merasa tidak percaya diri atau sedih. Gambarkan diri Anda dalam kata-kata, seperti pintar, kuat, baik, keibuan, memiliki tujuan, dan sebagainya. Dengan mengenal dan menghargai diri sendiri membuat Anda tidak akan ingin menjadi seperti orang lain.

Setiap Orang Memiliki Kelebihan Masing-masing
Mungkin ada orang tua yang berkata, “Duduk tegak seperti saudaramu!” atau “Bersihkan kamarmu seperti kakakmu!” Perintah-perintah seperti itu membuat anak belajar untuk mengetahui apa yang dilakukannya dengan apa yang telah dilakukan orang lain. Akan tetapi, hal itu tidak akan berpengaruh ketika setiap manusia menyadari bahwa ia memiliki karunia yang berbeda.

Yang Penting Makna, Bukan Pengakuan
Ketika Anda menghabiskan hidup untuk mengejar pengakuan orang lain, boleh jadi itu akan membuat Anda merasa khawatir tentang siapa yang nantinya melewati Anda. Itu akan membuat Anda membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Jika Anda bekerja untuk mewujudkan impian, apa pun posisi Anda dalam suatu kekuasaan (jabatan), bukanlah masalah.

PELAJARI JUGA:  Mendemonstrasikan Puisi

Meniru Orang Berhasil
Ketika seseorang melakukan sesuatu dengan baik, coba evaluasi apa yang membuatnya berhasil, carilah cara untuk memasukkan sifat-sifat keberhasilannya dalam kehidupan Anda sendiri.

Setelah membaca teks di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan di
bawah ini!

  1. Menjelaskan apakah teks di atas?
    Jawab: Teks tersebut menjelaskan tentang beberapa hal yang harus kita ketahui supaya
    terhindar dari sikap iri atau dengki kepada orang lain.
  2. Teks tersebut berkategori apa: tentang kebiasaan, aktivitas tertentu, atau penggunaan alat? Jelaskan alasan-alasannya!
    Jawab: Tentang kebiasaan/perilaku. Dalam teks tersebut dijelaskan bagaimana sikap kita agar tidak iri kepada kesuksesan orang lain.
  3. Buktikan bahwa teks tersebut disusun secara kronologis!
    Jawab: Kronologi teks tersebut bisa terlihat dari penempatan atau urutan tips: (1) kenali diri sendiri; (2) Setiap orang memiliki kelebihan masing-masing; (3) yang penting makna, bukan pengakuan; dan (4) meniru orang berhasil.
  4. Mungkinkah petunjuk-petunjuk tersebut kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari?
    Jawab: Dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Bagaimana tingkat kebermanfaatan petunjuk itu bagi kamu sendiri?
    Jawab: Sangat bermanfaat, supaya kita lebih mengenal kelebihan dan kekurangan diri kita dan tidak membandingkan dengan orang lain.

2. Setelah mencermati teks pertama berjudul “Empat Tips Agar Tidak Iri kepada Orang Lain”, bandingkanlah dengan teks kedua yang berjudul “Meredakan Kejengkelan pada Hari Senin” di bawah ini. Kemudian, ikutilah perintah yang menyertainya!

Meredakan Kejengkelan pada Hari Senin

Kembali bekerja setelah melewati akhir pekan yang seru dan menyenangkan memang menjengkelkan. Apalagi, beberapa tugas telah menanti dan parahnya dengan waktu yang sempit. Betapa pun beratnya memulai kegiatan di Senin pagi, Anda harus ingat perusahaan tidak akan memberikan keringanan hanya karena Anda merasa butuh waktu penuh mengumpulkan tenaga ke kantor. Berikut lima tips untuk meredakan kejengkelan di hari Senin.

Mendengarkan Suara Orang yang Anda Cinta
Entah suara suami, kekasih, orang tua, sahabat atau bayi Anda yang sedang lucu-lucunya. Mengawali hari Senin dengan membuat hati Anda berbunga-bunga, bisa dijadikan sebagai penyemangat terbaik. Percakapan ringan yang diakhiri dengan kecupan dan pelukan, dapat menyematkan senyuman manis pada wajah Anda.

Mendengarkan Lagu Favorit Sepanjang Perjalanan ke Kantor
Buatlah satu folder di MP3 player, iPod dan smartphone, yang memuat daftar lagu-lagu favorit Anda. Lalu, mainkanlah setiap hari Senin saat perjalanan menuju kantor. Seperti yang dilansir dari MagForWomen, mendengarkan musik yang Anda suka, merupakan cara cepat untuk ‘menggusur’ rasa bete menjadi semangat.

Menikmati Sarapan Favorit, Enak, dan Mewah
Setiap orang memiliki definisi makanan enak yang tidak sama. Apa makanan favorit Anda? Hidangkanlah untuk Anda nikmati sebagai sarapan sebelum berangkat kerja pada hari Senin. Meskipun makanan favorit tersebut tidak tepat untuk sarapan, jangan terlalu dipedulikan, santap saja!

PELAJARI JUGA:  Pengertian Tajuk Rencana Beserta Contohnya

Awali Waktu Kerja dengan Pekerjaan yang Mudah
Beban hari Senin akan terasa lebih ringan, jika Anda memulai pekerjaan dengan tugas yang lebih mudah, atau setidaknya yang menurut Anda mudah. Menyelesaikan satu tugas sebelum makan siang, membuat suasana lebih baik, dan ampuh untuk mengasah produktivitas sampai sore hari.

Tidur Lebih Lama dan Lelap saat Hari Minggu Malam
Kurang tidur malam menjadi salah satu penyebab orang merasa lesu pada pagi hari. Apalagi jika terjadi pada Senin pagi, hal ini dapat dimaklumi karena banyak orang menikmati akhir pekan secara maksimal. Misalnya dengan berpergian ke luar kota, berpesta dan menonton sampai larut malam. Akhirnya waktu istirahat berkurang.

Cobalah untuk berada di rumah sebelum jam tujuh malam pada
hari Minggu, Dengan begitu Anda memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan pakaian, sepatu, aksesori dan kertas kerja yang harus dibawa ke kantor. Dengan demikian, pada saat pagi datang, Anda tidak perlu terburu-buru dan merusak suasana seharian penuh.

Setelah selesai membaca teks di atas, ikuti instruksi berikut ini!

1) Lakukanlah dengan berdiskusi bersama teman kelasmu. Temukanlah persamaan dan perbedaan dari kedua teks yang sudah kamu baca yang berjudul “Empat Tips Agar Tidak Iri kepada Orang Lain (Teks 1)” dan “Meredakan Kejengkelan pada Hari Senin (Teks 2)”.

2) Sajikanlah hasil diskusi kelompokmu dalam format tabel seperti berikut ini.

Contoh Jawaban

Aspek Struktur Teks

Teks 1 dan Teks 2
Persamaan

Memiliki tujuan, langkahlangkah, dan penegasan kembali

Memiliki tujuan, langkah-langkah, dan penegasan kembali

Perbedaan

  1. Tujuan yang disampaikan dalam teks yaitu bagaimana tips agar tidak memiliki sikap iri kepada
    orang lain.
  2. Tujuan yang disampaikan dalam teks yaitu bagaimana tips untuk meredakan kejengkelan pada hari Senin, hari ketika mengawali aktivitas yang panjang.

Aspek Struktur Teks

Teks 1 dan Teks 2
Persamaan

  1. Memiliki kata kerja imperatif, konjungsi, dan pernyataan persuasif.
  2. Memiliki kata kerja imperatif, konjungsi, dan pernyataan persuasif.

Perbedaan

  1. Berupa perintah atau ajakan untuk melakukan beberapa cara agar tidak iri pada orang lain, di antaranya kenali diri sendiri, setiap orang memiliki kelebihan masing-masing, yang penting makna bukan pengakuan, dan meniru orang berhasil.
  2. Berupa perintah atau ajakan untuk melakukan beberapa cara agar mencintai hari Senin, di antaranya mendengarkan suara orang yang Anda cintai, mendengarkan lagu favorit sepanjang perjalanan kantor, menikmati sarapan favorit, enak, dan mewah.