Kerjasama ASEAN dalam Bidang Sosial Budaya

Seperti diketahui bahwa ASEAN atau singkatan dari Association of South East Asia Nation adalah merupakan perkumpulan atau himpunan bangsa – bangsa di Asia Tenggara dimana Indonesia merupakan salah satu anggota didalamnya.

ASEAN melakukan beberapa kerjasama pada berbagai bidang yang memiliki tujuan adalah untuk memberikan kesejahteraan terhadap masing – masing negara yang menjadi anggotanya. Kerjasama ASEAN di bidang sosial budaya menjadi salah satu contoh.

Tersebut di bawah ini kami berikan beberapa contoh kerjasama ASEAN yang bergerak dalam bidang sosial budaya antara lain sebagai berikut :

1) ASEAN bekerjasama dalam melakukan penanganan terhadap narkoba dan sejenisnya serta secara tindak langsung memberikan solusinya.

 

Apabila muncul pertanyaan dalam benak anda seperti bentuk kerjasama ASEAN seperti apakah yang bergerak dibidang sosial budaya?

Maka jawaban yang utama adalah menangani masalah – masalah yang berhubungan dengan narkoba lalu memberikan solusi guna mencari penyelesaiannya.

Usaha ini terus diusahakan dan dilakukan oleh ASEAN yang bertujuan untuk dapat mensejahterakan negara – negara anggotanya.

Karena hingga saat ini banyak negara – negara di Asia Tenggara yang terjebak dalam masalah narkoba, maka dari itu sangat dibutuhkan kerjasama sosial budaya ASEAN dibutuhkan sekali menjadi salah satu contoh kerjasama ASEAN dalam bidang sosial budaya yang dibutuhkan oleh Indonesia.

Dalam hal ini ASEAN tidak menghendaki negara – nagara yang termasuk ke dalam anggotanya terjebak ke dalam masalah narkoba yang diprediksi ke masa depan semakin merajalela.

BACA:  Kriteria Citra Satelit Yang Sesuai Untuk Penginderaan Jauh Bidang Perencanaan Wilayah

Dengan adanya kerjasama ini maka ASEAN berharap negara – negara anggotanya terbebas dari masalah narkoba. Juga sekaligus memberikan solusi yang pas guna memberikan bantuan dalam menyelesaikan masalah yang terlanjur terjadi.

2) Memberikan jaminan perlindungan kepada kelompok difabel

Ini adalah contoh kedua kerjasama ASEAN yang bergerak dibidang sosial budaya dimana secara nyata ditujukan sebagai salah satu cara dari ASEAN untuk dapat mensejahterakan rakyat yang tinggal dan hidup dalam keanggotaan negara – negara ASEAN.

ASEAN akan memberikan hak perlindungan khusus ditujukan kepada kaum penyandang difabel. Tujuannya adalah agar para penyandang difabel yang menetap di negara – negara anggota bisa merasakan kesejahteraan dan keadilan yang sama seperti layaknya masyarakat normal lainnya.

3/Secara rutinitas mengadakan / menggelar kegiatan SEA Games

Yang dimaksud dengan kegiatan SEA Games adalah salah satu kegiatan olahraga bertaraf internasional yang diikuti oleh seluruh negara – negara anggota ASEAN.

SEA Games adalah salah satu contoh ketiga yang memperlihatkan keakraban terjalin sebagai kerjasama ASEAN dibidang sosial budaya yang dilakukan sejak pertama kali ASEAN dibentuk. Kerjasama ini terbilang cukup sukses dilakukan dalam pelaksanaannya.

SEA Games adalah menunjukkan adanya aktivitas / kegiatan olahraga yang diikuti oleh banyak atlet profesional berasal dari negara anggota ASEAN.

Ada banyak cabang olahraga dilombakan di dalamnya bahkan olahraga yang bersifat kedaerahan seperti pencak silat turut serta meramaikan kegiatan ini.

BACA:  Bentuk Muka Bumi dari Interpretasi Peta Umum

Persaingan yang muncul dalam masing – masing lomba bukanlah ditonjolkan melainkan cenderung memperlihatkan arah pertandingan yang semakin mendekatkan negara – negara anggota ASEAN. 

4) Adanya kerjasama yang bertujuan untuk meningkatkan bidang pariwisata

ASEAN bekerjasama antara negara satu dengan lainnya dalam satu keanggotaan guna meningkatkan pariwisata setiap negara anggotanya yang diharapkan sama – sama saling menguntungkan bagi para negara anggotanya.

Karena dengan adanya kerjasama ini maka pariwisata di negara anggota ASEAN diharapkan berkembang dengan merata.

Perkembangan yang diharapkan ini akan dirasakan dampaknya terhadap tingkat perekonomian negara – negara anggota bersangkutan. ASEAN terus berusaha mengembangkan bidang pariwisata agar pariwisata di negara – negara anggota tidak pernah mati atau berhenti.

5/Diadakan kegiatan pertukaran program acara TV

Beberapa negara yang menjadi anggota ASEAN melakukan kegiatan pertukaran acara TV yang disiarkan dalam program TV di masing – masing negara.

Dengan melakukan pertukaran acara TV ini maka diharapkan negara anggota sesama ASEAN bisa menikmati acara program TV dari negara anggota ASEAN yang lainnya.

Nah dengan adanya pertukaran program acara – acara TV tersebut di atas diharapkan dapat menjawab pertanyaan seperti contoh kerjasama apa yang dilakukan oleh negara – negara anggota ASEAN dibidang sosial budaya. Karena kegiatan ini mampu menunjukkan adanya kerjasama terkait.

***

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang kerjasama ASEAN di bidang sosial budaya. Semoga bermanfaat untuk para pembaca.