Mengomentari Teks Prosedur Berdasarkan Struktur dan Kaidah Teks Prosedur

 

Struktur teks prosedur dibentuk oleh tujuan, langkah-langkah, dan penegasan kembali. Sementara itu, kaidah teks prosedur dibangun oleh kalimat-kalimat perintah (kata kerja imperatif). Terkadang pula konjungsi yang bersifat penambahan (kronologis), penggunaan kata-kata teknis, dan yang lainnya.

 

1. Secara berkelompok, lakukanlah analisis terhadap teks yang berjudul “Ciri Ban Tepat untuk Musim Hujan” di bawah ini. Kemudian, ikutilah instruksi yang menyertainya!

Ciri Ban Tepat untuk Musim Hujan

 

Hujan semakin sering mengguyur berbagai wilayah di Indonesia. Saatnya mempersiapkan kendaraan agar mengurangi risiko celaka ketika melintas di jalan basah. Salah satu poin utama adalah penggunaan ban. Tidak hanya pengendara mobil, pengendara sepeda motor juga harus memperhatikan soal ini.

Sony Susmana, Direktur Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), menjelaskan bahwa ban adalah faktor utama pada kendaraan saat hujan. “Di Indonesia seharusnya mobil menggunakan ban all condition agar bisa dipakai untuk panas dan hujan. Ban yang bocor pada musim hujan bisa memecah air dengan baik dan membuang udara yang tersandera di depan ban,” ujarnya kepada Kompas Otomotif beberapa waktu lalu dalam kampanye safety GT Radial di Jakarta Timur. Meski demikian, Sony menjelaskan tidak harus ban all condition. Kalau musim hujan disarankan memakai ban sesuai rekomendasi pabrik.

Inilah ciri-ciri ban yang aman dipakai di jalan basah.

  1. Ban yang senormal mungkin, misalnya untuk mobil dengan profil ketebalan 55 hingga 70. Kalau sepeda motor antara 70 hingga 90. Adapun untuk lebar tapak juga disarankan tidak menguranginya, usahakan ukuran normal. “Banyak pengguna sepeda motor yang memasang ban ceking. Ini jelas berbahaya,” kata Sony.
  2. Gunakan ban tipe kembangan. Jangan sampai salah memilih karena pertimbangan fashion dengan motif aneh-aneh, tetapi tidak aman di jalan basah. Ban yang baik punya pola bergaris dengan jarak yang tidak terlalu renggang dan tidak terlalu jarang. Pola bergaris tersebut berguna memecah air saat jalanan basah, dan memiliki daya cengkeram lebih optimal. Hindari penggunaan ban slick atau tanpa pola. Selunak-lunaknya kompon ban slick, tetap akan susah memecah air di jalanan dan cenderung mudah terpeleset.
  3. Untuk ban yang baru dibeli, jangan langsung beranggapan daya cengkeram sudah maksimal. Lapisan silikon masih menempel dan masih berpotensi licin. Ban paling baik jika sudah dipakai beberapa puluh kilometer di lintasan kering karena gerusan dengan aspal akan menghilangkan silikon tersebut. “Harus hati-hati pakai ban baru. Harus di-‘reyen’ dahulu supaya silikonnya hilang dan mencengkeram sempurna,” jelas Sony.
  4. Perhatikan alur ban. Ada dua jenis, ban bidirectional yang bisa dipakai dalam dua arah. Cirinya adalah alur simetris dan sama kalau dibolak-balik. Ban ini untuk penggunaan normal sehari-hari. Untuk musim hujan, pakai ban yang undirection dengan orientasi satu arah. Tidak bisa dipindah dari sisi kanan atau kiri. Jenis ban ini lebih punya pola lebih baik untuk memecah air.

2. Setelah kamu membaca teks di atas, ikutilah beberapa instruksi berikut.
a. Gunakanlah pertanyaan-pertanyaan berikut sebagai pedoman.

a. Apakah teks itu memiliki pendahuluan dan penutup?
Jawab: Ya, Ada pendahuluan tetapi tidak ada penutupnya. Pendahuluannya ialah persiapan komponen kendaraan, yakni ban, untuk mengurangi risiko kecelakaan di waktu musim hujan.

b. Apakah teks itu telah sesuai dengan judulnya?
Jawab:Ya, Judul teks tersebut Ciri Ban Tepat untuk Musim Hujan dan isinya menjelaskan tentang ciri-ciri ban yang aman dipakai di jalan basah.

c. Apakah isi teks itu tersusun secara sistematis?
Jawab: Tidak, Ada pendahuluan, isi, tetapi tidak ada penutup.

d. Apakah kalimat-kalimatnya mengandung kata kerja imperatif?
Jawab: Ya, “Gunakan ban tipe kembangan. Jangan sampai salah memilih karena pertimbangan fashion dengan motif aneh-aneh, tetapi tidak aman di jalan basah.”

e. Apakah ada contoh konjungsi penambahan di dalam teks tersebut?
Jawab: Tidak,

Simpulan
Ketika musim hujan, alangkah baiknya kita mempersiapkan kondisi kendaraan, terutama ban. Hal ini harus diperhatikan bagi pengguna mobil dan motor. Ban merupakan faktor utama pada kendaraan saat hujan. Oleh karena itu, pada kondisi hujan, ban harus sesuai dengan rekomendasi pabrik.

PELAJARI JUGA:  Mengonstruksi Sebuah Cerita Pendek dengan Memperhatikan Unsur-Unsur Pembangun

Adapun ciri-ciri ban yang aman dipakai adalah ban harus dalam ukuran normal, menggunakan tipe kembangan, hati-hati dalam penggunaan ban yang baru, dan memperhatikan alur ban.

Tugas 3

  1. Analisislah sebuah teks prosedur lainnya, berdasarkan struktur dan kaidah-kaidahnya!
  2. Laporkan hasil analisismu dalam format tabel berikut ini.

Judul Teks : Cara Menanam Buah Naga
Sumber : www.wartabahasa.com/2016/02/contoh-teks-prosedur-komplekstentang.
html

Aspek yang Dianalisis

a. Struktur teks

Pembahasan
Terdiri atas tujuan dan langkah-langkah. Tujuan dari teks yang dianalisis yaitu manfaat buah naga yang melimpah sehingga petani berinisiatif untuk melakukan penanaman dan pengembangan buah naga. Sedangkan langkah-langkah dalam penanamannya ialah (1) siapkan pot terlebih dahulu, (2) siapkan tiang panjatan karena buah naga membutuhkan tiang untuk penopang untuk menahan beberapa cabang agar tidak roboh, (3) menyiapkan media tanam berupa pasir, tanah, pupuk kandang dan kompos, (4) pemilihan dan penanaman bibit, pilih bibit dari batang yang besar dan sudah tua dan pastikan bibit tersebut bebas dari penyakit. Bibit buah naga biasanya memiliki panjang ideal 30 cm dan kemudian ditanam pada pot dengan kedalaman 10 cm.

b. Kaidah teks

Pembahasan
Kata kerja imperatif, konjungsi, dan pernyataan persuasif. Kata kerja imperatifnya ialah “siapkan pot terlebih dahulu”, “siapkan tiang panjatan, karena buah naga membutuhkan tiang penopang untuk menahan beberapa cabang agar tidak roboh”, “pilih batang atau cabang tanaman yang pernah berbuah, setidaknya 3–4 kali.” Konjungsinya ialah “selain itu”, “pada umumnya”, “namun”, dan “selanjutnya”. Pernyataan persuasifnya ialah “manfaat buah naga yang melimpah membuat banyak petani berinisiatif untuk melakukan penanaman dan pengembangan buah naga”, “buah naga merupakan tanaman yang tergolong mudah dalam penanamannya”.

Simpulan
Buah naga merupakan tanaman yang mudah untuk ditanam. Banyak orang yang tertarik untuk menanam buah naga. Selain itu, buah naga juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya menurunkan berat badan, mencegah kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah diabetes melitus, meningkatkan nafsu makan, dan lain-lain.

Tugas 4
Menyusun Teks Prosedur

Mari berlatih menyusun teks prosedur! Langkah-langkah penyusunan teks prosedur sebagai berikut.

  1. Menginventarisasi macam-macam kegiatan yang pernah atau dapat dilakukan.
  2. Menentukan tema kegiatan.
  3. Membuat kerangka dalam bentuk topik-topik kegiatan secara garis besar.
  4. Mensistematisasikan kerangka dengan benar dan mudah dipahami pembaca.
  5. Mengumpulkan bahan-bahan.
  6. Mengembangkan kerangka menjadi sebuah petunjuk yang jelas dan lengkap.

Contoh Jawaban
Setiap jawaban ini tidak mengikat. Artinya, peserta didik dibenarkan dengan jawaban berbeda selama substansinya benar.

Pada jawaban ini, peserta didik mencermati kembali kegiatan apa yang telah dilakukan sebelumnya. Tentukan tema apa yang melatarbelakangi kegiatan tersebut. Buat kerangka karangan yang dapat dipahami. Temukan bahan-bahan pengembangannya dari berbagai sumber, bisa dari surat kabar, majalah, internet, atau buku. Selanjutnya, kembangkan kerangka tersebut menjadi teks prosedur yang utuh disertai petunjuk yang jelas dan lengkap.

Tugas 5
1. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

a. Bagaimana upaya-upaya yang dapat kamu lakukan sehubungan dengan masalah-masalah yang terdapat dalam teks di bawah ini?

1) Kelas tidak punya dana untuk menyambut peringatan HUT RI. Padahal, kepala sekolah mewajibkan setiap kelas untuk menghias kelasnya masing-masing. Selain itu, setiap kelas harus mengirimkan utusan dalam berbagai perlombaan sekolah. Semuanya itu memerlukan dana yang tidak sedikit, terutama untuk membeli alat dan bahan-bahan hiasan serta untuk konsumsi utusan kelas.

2) Kakak ingin melanjutkan kuliah. Waktu itu Ayah tidak memiliki dana yang cukup karena uangnya digunakan untuk membiayai perawatan kakek yang sakit. Apabila keinginan tidak terpenuhi pada waktu itu, berarti kakak harus menunggu satu tahun lagi. Waktu setahun memang bukan waktu yang sebentar. Lagi pula teman-teman kakak hampir semuanya sudah kuliah dan beberapa di antaranya sudah bekerja.

b. Melalui kegiatan berdiskusi, ungkapkan upaya-upaya tersebut ke dalam sebuah tulisan yang berbentuk teks prosedur!

2. Bacalah teks yang telah dibuat secara bergiliran dengan kelompok lain. Kemudian, mintalah mereka untuk memberikan tanggapan/penilaian dengan menggunakan format tabel di bawah ini.

PELAJARI JUGA:  Mengidentifikasi Kaidah Bahasa Teks Biografi

Contoh Jawaban

Setiap jawaban ini tidak mengikat. Artinya, peserta didik dibenarkan dengan jawaban berbeda selama substansinya benar.

1. a. Pada jawaban ini, peserta didik mencermati kedua teks permasalahan dan melakukan suatu solusi terhadap permasalahan dari teks tersebut.
b. Setelah menentukan solusi atas permasalahan yang telah dicermati, tulis ke dalam bentuk teks prosedur.

2. Kemudian, memberi tanggapan/penilaian dengan menggunakan format tabel yang telah disediakan berdasarkan aspek kelengkapan bagian-bagian teks, kejelasan/ keterperincian penyampaian, keefektifan kalimat, dan kesantunan penampilan.

Tugas 6
Menyunting Teks Prosedur

Dalam menyunting sebuah teks prosedur, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu kebenaran isi, strukturnya, kaidah kalimat, ataupun penggunaan ejaan/tanda baca.

Perhatikanlah cuplikan berikut!

1) Hal pertama yang perlu dilakukan agar tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah kenali diri sendiri. (2) Jika Anda mengenal diri sendiri, ketika Anda melihat keberhasilan orang lain membuat Anda terpacu menjadi lebih baik, bukannya merasa minder atau sedih. (3) Gambarkan diri Anda dalam kata-kata, seperti pintar, kuat, baik, keibuan, visioner, dan sebagainya. (4) Dengan mengenal dan menghargai diri sendiri membuat Anda tidak akan ingin menjadi seperti orang lain.

Ada dua jenis kesalahan dalam cuplikan tersebut, yakni dalam pembentukan kata dan pembentukan kalimat.

1. Pembentukan kata kenali dalam kalimat (1) tidak tepat, seharusnya mengenali.
2. Kalimat (2) dan (4) tidaklah efektif. Kalimat tersebut tidak jelas subjeknya.

Kalimat Awal

  1. Jika Anda mengenal diri sendiri, ketika Anda melihat keberhasilan orang lain membuat Anda terpacu menjadi lebih baik, bukannya merasa minder atau sedih.
  2. Dengan mengenal dan menghargai diri sendiri membuat Anda tidak akan ingin menjadi seperti orang lain.

Perbaikan

  1. Jika Anda mengenal diri sendiri, ketika melihat keberhasilan orang lain, Anda akan terpacu menjadi lebih baik, bukan merasa rendah diri atau sedih.
  2. a) Pengenalan dan penghargaan terhadap diri sendiri akan membuat Anda tidak akan ingin menjadi seperti orang lain.
    b) Dengan mengenal dan menghargai diri sendiri, Anda tidak akan ingin menjadi seperti orang lain.

Perhatikan pula kedua cuplikan teks berikut. Bandingkanlah keduanya. Manakah cuplikan yang mudah dipahami? Apakah yang membedakan kedua cuplikan tersebut?

Cuplikan I

  1. Gaya rambut bob pendek kini mulai digandrungi lagi. Meski terlihat simpel dan kasual, tetapi untuk gaya rambut seperti itu juga diperlukan perawatan yang benar.
  2. Ada beberapa langkah dan cara yang harus Anda lakukan untuk merawat rambut pendek Anda dengan baik, sebagai berikut.

Cuplikan II

  1. Gaya rambut bob pendek kini mulai digandrungi. Meskipun terlihat simpel dan kasual, untuk gaya rambut seperti itu juga diperlukan perawatan yang benar.
  2. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk merawat rambut pendek Anda dengan baik. Langkah-langkah itu adalah sebagai berikut.

Tugas 7
1. Jelaskanlah penyebab kesalahan dari penulisan kata dalam kalimat-kalimat di bawah ini. Kemudian, perbaikilah!

Contoh Jawaban
Setiap jawaban ini tidak mengikat. Artinya, peserta didik dibenarkan dengan jawaban berbeda selama substansinya benar.

  1. Pada jawaban ini, peserta didik mencermati kesalahan penulisan kata dalam kalimat-kalimat yang terdapat dalam tabel. Misalnya kata diakhiri, gajih, mendahului, mendahului, berfikir, dan kerja keras. Kesalahan tersebut dikemukakan “penyebab kesalahannya” dan “perbaikannya”.
  2. Pada jawaban ini, peserta didik mencermati kalimat-kalimat yang terdapat dalam tabel. Penulisan kata dalam kalimat tersebut ada yang berasal dari bahasa asing (bahasa Inggris). Temukan dan cantumkan kata asing mana yang ada dalam setiap kalimat tersebut. Kemudian, ungkapkan perbaikan penulisannya.
  3. Pada jawaban ini, peserta didik mencermati setiap kalimat yang terdapat dalam tabel. Kalimat-kalimat tersebut perlu disederhanakan atau ubah menjadi lebih efektif supaya dapat mudah dipahami. Dari kalimat kompleks menjadi kalimat sederhana.
  4. Peserta didik menampilkan kembali teks prosedur yang telah dibuat. Kemudian silang baca dengan salah satu teman untuk saling memberi koreksi. Pengoreksian berdasarkan format tabel yang telah disediakan. Jenis koreksiannya meliputi kepaduan paragraf, keefektifan kalimat, pilihan kata, dan penggunaan ejaan/tanda baca.