Memahami Teks Rekaman Percobaan “Percobaan Membuat Teleskop Sederhana”

Setelah memahami teks “Percobaan Membuat Teleskop Sederhana”, kamu tentu menduga bahwa teks tersebut mirip dengan teks prosedur yang kamu pelajari pada Kelas VIII. Teks prosedur dan teks rekaman percobaan memiliki persamaan dan perbedaan. Pada tugas ini kamu diajak untuk memahami teks rekaman percobaan melalui pengklasifikasian struktur teks tersebut. Struktur dalam teks rekaman percobaan ada 4 bagian, yaitu tujuan serta alat dan bahan, langkah-langkah, hasil, dan simpulan.

 

Perhatikan contoh teks rekaman percobaan di bawah ini.

Percobaan Membuat Teleskop Sederhana

Struktur Tujuan serta alat dan bahan

Kalimat
Guna mengamati benda-benda di langit tentu dibutuhkan alat yang canggih dan mahal yang disebut dengan teleskop. Teleskop merupakan sebuah teropong besar. Ilmu astronomi adalah ilmu yang mempelajari benda-benda langit merupakan ilmu yang tidak dapat dilepaskan dari teleskop. Hal ini pula yang membuat astronomi mengalami perkembangan yang tidak cukup baik bagi negara berkembang, karena banyak orang yang berpendapat bahwa astronomi membutuhkan teleskop yang mahal dan berteknologi tinggi, padahal teleskop sederhana dapat dibuat dan pengamatan sederhana dapat dilakukan.

Berikut ini alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat sebuah teleskop sederhana:

  • Lensa objektif LUP (kaca pembesar)/lensa cembung praktikum (biasa dijual di toko alat laboratorium) dengan diameter 5 cm.
  • Pipa PVC dan perlup (sambungan pipa) dengan panjang kira-kira 30 cm.
  • Perkakas seperti gergaji kecil dan lem perekat.
  • Lensa okuler (bisa menggunakan lensa binokuler atau lensa mikroskop) / bisa juga dengan membeli lensa di toko alat laboratorium dengan diameter 2,5 cm.

Struktur langkah-langkah

Kalimat

  1. Adapun cara pembuatan teleskop sederhana adalah seperti berikut.
  2. Tentukan panjang badan teleskop.
  3. Potong pipa PVC yang panjangnya sudah diketahui.
  4. Letakkan lensa objektif ke dalam sambungan pipa, lalu sambungkan sambungan pipa yang sudah berisi lensa tadi di ujung paling depan pipa PVC yang sudah diukur. Ingat lensa objektif selalu terletak di depan lensa okuler.
  5. Pasangkan perlup di ujung paling belakang pipa
  6. Letakkan lensa okuler di perlupnya

Struktur hasil

Kalimat
Setelah melalui langkah-langkah tersebut, kini teleskop sederhana sudah dapat digunakan untuk mengamati benda-benda langit, seperti kawah bulan ataupun planet-planet terdekat bumi. Teleskop sederhana dan murah ini dapat kamu gunakan untuk mengamati benda-benda yang jaraknya cukup jauh.

Struktur simpulan

Kalimat
Untuk mengamati benda langit yang jaraknya jauh ternyata tidak selalu harus menggunakan alat yang super canggih dan mahal, kamu cukup menggunakan benda-benda yang mudah didapatkan. Sebelum melakukan pengamatan ada baiknya melihat waktu terbit dan tenggelam serta arah objek yang akan diamati.

2) Apakah perbedaan antara struktur teks prosedur dan teks rekaman percobaan dalam teks “Percobaan Membuat Teleskop Sederhana”?
Jawab:
Teks Prosedur dan Teks Rekaman Percobaan memiliki struktur yang berbeda-beda. Teks Prosedur memiliki struktur yaitu 1. Tujuan 2. Langkah-langkah. Sedangkan Teks Rekaman Percobaan memiliki struktur teks yaitu 1. Tujuan serta alat dan bahan 2. Langkah-langkah 3. Hasil 4. Simpulan.