Pengertian dan Ciri Lembaga Sosial

Melalui artikel kami kali ini akan membahas tentang lembaga sosial dimana di dalamnya mencakup pengertian dan ciri – ciri agar lebih mudah memahami dan mengerti.

Lembaga sosial merupakan salah satu jenis lembaga yang memiliki fungsi untuk mengatur proses dan prosedur yang terjadi dalam hubungan antar sesama manusia disaat masing – masing subjek sedang menjalani kehidupan sosial dengan tujuan untuk memperoleh keteraturan hidup antar sesama.

Dalam Bahasa Inggris istilah lembaga sosial diberi nama social institution yang di dalamnya mendefinisikan lembaga sosial sebagai lembaga masyarakat. Hal ini terjadi karena lembaga sosial yang sebenarnya mengacu pada tata cara mengatur perilaku anggota masyarakat di dalamnya.

Beberapa pendapat lain menjelaskan bahwa tatanan sosial di dalam lembaga sosial adalah merupakan sebuah sistem perilaku dan hubungan yang terpusat kepada aktivitas – aktivitas untuk pemenuhan berbagai kebutuhan khusus dalam masyarakat.

 

Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli

Berikut di bawah ini kami berikan beberapa pengertian tentang lembaga sosial menurut pendapat beberapa ahli diantaranya sebagai berikut :

BACA:  Elemen - Elemen Dalam Rekonsiliasi Menurut lederach

1/Menurut pendapat Paul Horton dan Chester L. Hunt

Lembaga sosial adalah sekumpulan sistem yang berisikan norma – norma sosial yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya untuk menyatukan nilai – nilai dan prosedur – prosedur tertentu dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

2/Menurut pendapat Peter L. Berger

Yang dimaksud dengan lembaga sosial adalah suatu prosedur yang menyebabkan terjadinya perbuatan antar manusia yang ditekankan kepada pola tertentu dan dipaksa untuk bergerak melalui jalan yang dianggap sesuai dengan keinginan masyarakat.

3/Menurut pendapat Mayor Polak

Memberikan pengertian tentang lembaga sosial adalah suatu kondisi yang bersifat kompleks atau sistem peraturan dan adat – istiadat yang di dalamnya mempertahankan tentang nilai – nilai penting dalam sebuah pergaulan sosial.

4/Menurut pendapat dari Hamilton

Hamilton memberikan penjelasan lebih lanjut tentang pengertian dari lembaga sosial adalah tata cara kehidupan dalam berkelompok yang apabila dilanggar maka akan dijatuhi beberapa sanksi.

5/Menurut pendapat dari Robert Maclver dan C.H. Page

Yang dimaksud dengan lembaga sosial adalah sebuah prosedur atau tata cara yang telah disusun sedemikian rupa untuk tujuan mengatur hubungan antar manusia yang tergabung di dalam sebuah kelompok masyarakat.

Ciri – Ciri Dari lembaga Sosial

Seorang ahli sosial bernama John Conen memberikan penjelasan yang berhubungan dengan ciri – ciri dari lembaga sosial adalah sebagai berikut :

BACA:  Pengertian dan Perbedaan Antara Partikularisme dan Universalisme

1/Masing – masing dari lembaga sosial mempunyai nilai – nilai mendasar yang berasal dari setiap anggotanya.

2/Masing – masing lembaga sosial memiliki tujuan untuk pemenuhan kebutuhan spesifik dari lingkungan masyarakatnya.

3/Ada beberapa lembaga sosial yang satu dengan lainnya saling ketergantungan di dalam masyarakat yang mana lembaga – lembaga sosial ini akan membawa hasil perubahan baru dalam lembaga sosial bersangkutan.

4/Di dalam sebuah lembaga sosial dikenal pola perilaku permanen yang menjadi salah satu bagian dari tradisi budaya yang ada dan wajib diakui oleh masing – masing anggota.

5/Meskipun antara lembaga sosial yang satu dengan yang lainnya saling bergantung, masing – masing dari lembaga – lembaga sosial dan organisasi bersangkutan akan menjadi semakin bermanfaat dengan mengaplikasikan pola sirkuit, norma, nilai – nilai dan perilaku yang diharapkan.

6/Sebuah lembaga sosial memiliki ideologi atau orientasi kelompok dasar.

7/Masing – masing lembaga sosial memiliki simbol budaya tertentu.

8/Sebuah lembaga sosial mempunyai bentuk sopan santun perilaku.

9/Ide – ide di dalam sebuah lembaga sosial wajib berlaku umum oleh mayoritas dari anggota masyarakat bersangkutan terlepas apakah mereka ikut atau tidak berpartisipasi di dalamnya.

***

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang pengertian dan ciri – ciri dari lembaga sosial. Semoga bermanfaat.