Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi

Setiap teks memiliki unsur kebahasaan yang berbeda-beda, demikian pula dengan teks eksplanasi.

Kegiatan 1

Mengidentifikasi Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi mempunyai struktur baku seperti halnya jenis teks lainnya. Sesuai dengan karakteristik umum dari isinya, teks eksplanasi dibentuk oleh bagian-bagian berikut.

1) Identifikasi fenomena (phenomenon identification), mengidentifikasi sesuatu yang akan diterangkan. Hal itu bisa terkait dengan fenomena alam, sosial, budaya, dan fenomena-fenomena lainnya.

 

2) Penggambaran rangkaian kejadian (explanation sequence), memerinci proses kejadian yang relevan dengan fenomena yang diterangkan sebagai pertanyaan atas bagaimana atau mengapa.

a. Rincian yang berpola atas pertanyaan “bagaimana” akan melahirkan uraian yang tersusun secara kronologis ataupun gradual. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan urutan waktu.

b. Rincian yang berpola atas pertanyaan “mengapa” akan melahirkan uraian yang tersusun secara kausalitas. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan hubungan sebab akibat.

3) Ulasan (review), berupa komentar atau penilaian tentang konsekuensi atas kejadian yang dipaparkan sebelumnya.

BACA:  Contoh Penerapan Negosiasi

Tugas

1. Bacalah kembali teks yang berjudul “Demonstrasi Massa” di atas. Secara berkelompok, tentukanlah bagian-bagian dari struktur teks tersebut. Kemudian, simpulkan pula struktur teks tersebut berdasarkan kelengkapannya!

Jawab:
a. Identifikasi fenomena : “Penyebab demonstrasi dan anarkisme tidak lain adalah faktor laparnya masyarakat”, “Demonstrasi bukan hal aneh lagi bagi negara-negara Eropa”.

b. Proses kejadian : “Rakyat Malaysia dan Brunei yang adem ayem, lantaran kesejahteraan terpenuhi, maka demonstrasi di negara-negara itu jarang terjadi.”, “Komentar dari kepala daerah menyulut reaksi para mahasiswa. Mereka memprotes dan meminta sang Bupati mencabut kembali pernyataannya”, “Demonstrasi massa tidak selalu disebabkan oleh urusan perut, bahkan banyak peristiwa yang sama sekali tidak disadari oleh motif itu.”, “Pada umumnya demonstrasi massa justru lebih disadari oleh kebutuhan tingkatan akhir itu. Masyarakat berdemonstrasi karena membutuhkan pengakuan dari pemerintah ataupun pihak-pihak lain agar hak-hak dan eksistensi mereka diakui.”

BACA:  Menelaah Struktur Teks Hasil Observasi

c. Ulasan : “Demonstrasi massa pada awal-awal reformasi di negeri ini pada tahun 1997–1998, bukan dilakukan oleh rakyat miskin ataupun orang-orang lapar.
Justru hal itu dilakukan oleh warga dari kalangan menengah ke atas, dalam hal ini adalah mahasiswa dan golongan intelektual”.

d. Simpulan : Banyak hal yang melatarbelakangi terjadinya demonstrasi, yaitu karena adanya ketidaksesuaian aturan dan pelaksanaan, didorong oleh beberapa pihak, serta pelaksananya tidak selalu dari kalangan menengah ke bawah bahkan menengah ke atas.

2. Presentasikanlah pendapat-pendapat kelompokmu tentang struktur itu. Kemudian, mintalah teman-teman dari kelompok lain untuk memberikan penilaian atau tanggapan-tanggapannya berdasarkan ketepatan, kelangkapan, dan kejelasannya!

Jawab:
Mempresentasikan isi jawaban dari bagian-bagian yang telah ditentukan. Kemudian, peserta didik yang lain memberi tanggapan berdasarkan tabel yang telah tersedia, menyertakan nama, memberi tanggapan (ketepatan, kelengkapan, dan kejelasan).