Unsur-Unsur pada Iklan

Yang dimaksudkan dengan iklan atau pariwara adalah bagian penting dalam usaha sebuah perusahaan untuk mempromosikan atau menawarkan barang atau jasa tertentu. Iklan dapat dilihat pada berbagai media seperti televisi, radio, koran, majalah, maupun media sosial seperti internet.

Iklan merupakan rangkaian pesan yang disampaikan berisikan barang atau jasa yang dibuat oleh perusahaan tertentu sebagai pembuat barang lalu selanjutnya disampaikan lewat media seperti media elektronik, audio, dan cetak. Hasilnya ditujukan kepada masyarakat umum.

Iklan merupakan salah satu cara yang sangat ampuh untuk memperkenalkan produk kepada orang banyak. Tujuan utama dibuatnya iklan adalah sebagai berikut:

1/Mendukung terjadinya penjualan

Dengan memasang iklan diharapkan mampu untuk memberikan rangsangan dan dorongan kepada warag masyarakat untuk bersedia membeli produk yang sedang ditawarkan.

 

Dengan beriklan maka diharapkan para konsumen akan mulai bertindak guna membeli produk yang dimaksudkan.

2/Mengajak masyarakat agar mau membeli produk – produknya

Biasanya dalam iklan diwajibkan ada rangkaian kata – kata atau kalimat yang berisikan ajakan untuk mau membeli produk yang sedang ditawarkan.

Melalui ajakan tersebut masyarakat didorong untuk dapat mencoba menggunakan produk yang ditawarkan. Iklan yang efektif adalah iklan yang mampu membujuk pelanggan untuk mencoba produk dan jasa yang sedang diiklankan.

3/Memberitahukan warga masyarakat 

Melalui iklan yang dipasang, sebuah perusahaan (si pembuat barang atau si penyedia jasa) ingin menyebarkan berita atau memberitahukan bahwa telah tersedia barang atau jasa yang kemungkinan saat ini menjadi kebutuhan mereka.

BACA:  Keterkaitan Antara Kebijakan Fiskal Dengan Pengeluaran Pemerintah

Iklan yang disiarkan tersebut memberikan informasi tentang kelebihan produk atau jasa yang sedang diiklankan dibandingkan dengan produk sejenis lainnya. Iklan menyadarkan konsumen bahwa sedang ada merek – merek baru yang bisa dicoba.

Agar mendapatkan sebuah iklan yang baik dan menarik maka ada beberapa hal yang wajib diberi perhatian khusus sehingga iklan akan efektif menyumbang manfaat terhadap produk yang ditawarkan.

Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan sebuah iklan antara lain sebagai berikut : kalimat yang digunakan di dalamnya haruslah singkat dan jelas, memakai bahasa yang mudah dipahami dan harus menarik, disertai tulisan dan gambar yang mampu menarik perhatian.

Bagian dari Iklan Yang Menarik

1/Harus ada strapline atau signature slogan adalah sebaris kalimat penutup yang berfungsi sebagai media untuk menciptakan citra perusahaan yang memasang iklan.

2/Harus ada nama dan alamat. Bisa dengan menyebutkan nama produk saja atau perusahaan pada iklan yang akan dibuat. Selanjutnya sertakan logo, alamat dan nama penanggung jawab dari perusahaan pemasang iklan. Ini dilakukan karena memiliki tujuan agar pembaca bisa mengenali mereka dengan jelas.

3/Harus ada harga / nilai jual. Calon pembaca biasanya sangat peka terhadap harga yang mana kadang – kadang mereka merasa jengkel oleh sebuah iklan yang tidak mencantumkan harga. Disarankan untuk mencantumkan harga yang terendah.

4/Harus ada teks iklan. Yaitu isi iklan atau naskah iklan yang akan dicetak dengan memakai jenis huruf lebih kecil dibandingkan dengan baris display.

5/Harus ada sub judul. Adalah bagian dari iklan yang memiliki tugas untuk menjabarkan lebih lengkap tentang pesan – pesan yang terdapat dalam judul yang sudah dibuat. Ciri dari sub judul antara lain sebagai berikut : gunakan huruf lebih kecil dari headline, pakai warna yang berbeda – beda, huruf tebal berwarna, dan perhatikan letak sub headline harus berdekatan dengan headline.

BACA:  Faktor Produksi, Distribusi dan Konsumsi

6/Yang terakhir adalah headline. Merupakan bagian dari kepala iklan, berisikan rangkaian kalimat atau kata – kata pendek dan cenderung menyerupai sebuah slogan. Ciri – ciri headline antara lain tulisan tampil menonjol, kalimat pendek bahkan bisa 1 kata saja, berisikan kalimat atau kata – kata yang mengandung kesan kuat dan mudah diingat sehingga menarik minat atau mampu mencuri perhatian masyarakat.

Mengenal Unsur-Unsur dalam Iklan 

1.Action – tindakan adalah menjadi tujuan akhir dari produsen untuk mampu menarik konsumen agar bersedia membeli atau memakai produk dan jasanya.

2. Conviction – rasa percaya merupakan usaha guna memperoleh rasa percaya diri dalam diri konsumen sehingga sebuah iklan yang menarik adalah harus ditunjang oleh beragam kegiatan peragaan sebagai pembuktian dari rangkaian kata – kata yang akan dipakai.

3. Desire – keinginan adalah salah satu cara yang memiliki tujuan untuk menggerakkan keinginan suatu konsumen.

4. Interest – minat yaitu langkah yang dilakukan setelah memperoleh perhatian maka harus ditingkatkan menjadi minat sehingga akan muncul rasa ingin tahu lebih mendetail dalam diri konsumen.

5. Attention – perhatian merupakan bagian yang wajib diperhatikan ketika anda membuat sebuah iklan yang bagus haruslah mampu menarik perhatian dari masyarakat.

***

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang unsur – unsur pada iklan. Semoga bermanfaat.