Mengenal Peninggalan Sejarah di Indonesia

 

Apakah kalian mengenal Kerajaan Kutai? Kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindhu yang pertama kali ada di Indonesia tepatnya di Kalimantan Timur. Setelah Kerajaan Kutai berdiri maka muncullah kerajaan-kerajaan lain seperti kerajaan-kerajaan Budha dan Islam. Dengan adanya kerajaan-kerajaan di Indonesia maka juga banyak peninggalan-peninggalan sebagai bukti bahwa nenek moyang bangsa Indonesia telah mengenal teknologi. Berikut ini benda-benda peninggalan tesebut.

 

Candi

Candi merupakan bangunan yang terbuat dari batu maupun batu bata yang dapat bertahan sampai sekarang. Candi mengang sangat erat hubungannya dengan keagamaan sehingga kebanyakan orang menyakini sebagai bangunan suci. Fungsi dari bangunan candi bagi umat Hindu adalah sebagai tempat memuliakan orang yang telah wafat khususnya raja-raja dan orang-orang terkemuka.

PELAJARI JUGA:  Energi Panas dan Cara Perpindahannya

Prasasti

Prasasti merupakan batu bertulis yang biasanya dibangun untuk mengenang suatu peristiwa penting yang telah terjadi. Dengan adanya  prasasti maka kita dapat mengetahui tentang peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi pada masa lampau.

 

Arca

Arca merupakan suatu simbol telah bersatunya raja dengan dewa penitisnya.Biasanya arca atau patung terdapat dalam sebuah candi. Dalam agama Hindhu beberapa patung dewa-dewa trimurti yaitu Dewa Siwa, Dewa Wisnu, dan Dewa Brahma. Sedangkan arca atau patung di agama Budha pada umumnya sangat sederhana, tanpa hiasan, hanya memakai jubah.

Karya Sastra

Karya sastra atau kitab sastra juga merupakan hasil peninggalan kerjaan-kerajaan mislnya seperti keberadaan Kerajaan Kediri dapat diketahui dari hasil karya berupa kitab sastra. Hasil karya sastra Kerajaan kediri adalah Kitab Kakawin Bharatayudha yang ditulis oleh Mpu Sedah dan Mpu Panuluh. Kitab tersebut menceritakan tentang kemenangan Kediri/Panjalu atas Jenggala.