Empat Hal yang Mempengaruhi Keadaan Suhu Udara

Posted on

Keadaan suhu udara di suatu tempat dapat dipengaruhi oleh empat hal, yaitu seperti lamanya penyinaran matahari, sudut datang sinar matahari, keadaan awan yang menutupinya, dan  keadaan di permukaan bumi. Ayo simak pembahasannya berikut ini.

Lamanya penyinaran matahari

Lama penyinaran matahari dapat mempengaruhi keadaan suhu. Apabila makin lama matahari menyinari ke permukaan bumi maka akan makin panas udara disekitarnya.

Sudut datang sinar matahari

Apabila sinar jatuh matahari tegak lurus di permukaan bumi maka suhu udara di sekitarnya akan lebih panas. Namun apabila  sinarnya jatuh condong maka suhu udara akan lebih rendah. Daerah yang selalu menerima sinar matahari dalam keadaan condong biasanya relatif dingin bila dibandingkan dengan daerah khatulistiwa.

PELAJARI:  Penyakit dan Gangguan pada Telinga Manusia

Keadaan awan yang menutupinya

Selajutnya, keadaan awan yang menutupi ternyata juga berpengaruh terhadap keadaan suhu udara. Misalnya ketika banyak awan  maka suhu udara di permukaan bumi akan lebih dingin karena sinar matahari dapat terhalang oleh keadaan awan.

Keadaan di permukaan bumi

Keadaan di permukaan bumi ternyata juga berpengaruh terhadap suhu pada suatu daerah. Misalnya ketika di permukaan bumi yang berwujud padang pasir atau gurun maka keadaan suhu pada siang hari akan cenderung lebih panas bila dibandingkan dengan permukaan bumi yang banyak hutannya.