Menganalisis Sistematika dan Kebahasaan Karya Ilmiah

Posted on

Di bagian ini kamu akan menganalisis sistematika karya ilmiah dan menganalisis kebahasaan karya ilmiah.

Kegiatan 1

Menganalisis Sistematika Karya Ilmiah

Isi karya ilmiah memang dapat berkaitan dengan banyak hal, sepanjang hal-hal tersebut bukan sesuatu yang imajinatif. Masalah-masalah dalam karya ilmiah mencakup berbagai hal yang bersifat empiris (pengalaman nyata), mulai dari masalah keagamaan, bahasa, budaya, sosial, ekonomi, politik, alam sekitar, dan sebagainya.

Pada dasarnya, makalah terdiri atas dua bagian utama, yaitu bagian tubuh dan pelengkap. Bagian tubuh terdiri atas pendahuluan, isi/pembahasan, dan penutup. Bagian pelengkap terdiri atas judul, kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.

Tugas

  1. Pilihlah dua buah jurnal!
  2. Analisislah bagian-bagian karya ilmiah dari kedua jurnal tersebut!
  3. Bandingkanlah sistematika karya ilmiah yang disajikan dalam dua jurnal tersebut!
  4. Buatlah laporan diskusi kelompokmu dengan mengikuti contoh tabel berikut ini!
PELAJARI:  Menyajikan Hasil Karya Ilmiah dalam Diskusi

Contoh Jawaban

1)Judul Karya Ilmiah
Implementasi Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Memahami Teks Sastra Tradisional
melalui Media Pembelajaran Peta Pikiran Digital (Penulis: Aji Septiaji – Jurnal Commincare, Vol. 1, No. 1, Oktober 2016)

Sistematika
1. Abstrak
2. Pendahuluan
3. Kajian Teoretis
4. Simpulan
5. Daftar Pustaka

Analisis
Penulis memanfaatkan media pembelajaran peta pikiran digital sebagai solusi kreatif dan menyenangkan bagi siswa dalam memahami teks sastra tradisional terhadap isi teks. Dalam karya ilmiah ini, sistematikanya tidak terlalu banyak dan dikategorikan bukan hasil penelitian melainkan kajian teoretis atau hanya membahas tentang beberapa permasalahan dan solusinya, belum ada kajian metodologi dan hasil penerapannya.

2) Judul Karya Ilmiah
Penerapan Media Film Animasi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek (Penulis: Citra Tri Puspitasari, Nenden Sundari, dan Neneng Sri Wulan. Jurnal Kalimaya, Vol. 4, No. 2, Agustus 2016)

PELAJARI:  Meringkas Teks Eksemplum

Sistematika
1. Abstrak
2. Pendahuluan
3. Metode
4. Hasil dan Pembahasan
5. Simpulan
6. Daftar Pustaka

Analisis
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurang tepatnya pemilihan media dalam pembelajaran menulis menyebabkan rendahnya minat siswa dalam menulis cerita dan menyebabkan kemampuan menulis cerita siswa menjadi rendah. Pada karya ilmiah ini, cukup banyak dibandingkan karya sebelumnya. Terdapat metode dan hasil penelitian. Karya ilmiah ini dikategorikan sebagai hasil penelitian.