Membandingkan Isi Berbagai Resensi untuk Menemukan Sistematika Sebuah Resensi

Posted on

Di bagian ini kamu akan memahami isi dan sistematika resensi dan membandingkan isi teks resensi.

Kegiatan 1

Memahami Isi dan Sistematika Resensi

Pada pembahasan pertama ini, kamu akan membandingkan isi teks resensi. Resensi adalah ulasan atau penilaian atau pembicaraan mengenai suatu karya baik itu buku, film, atau karya lain. Tugas penulis resensi adalah memberikan gambaran kepada pembaca mengenai suatu karya apakah layak dibaca atau tidak.

Hal-hal yang dapat ditanggapi dalam resensi adalah kualitas isi, penampilan, unsur-unsur, bahasa, dan manfaat bagi pembaca. Unsur-unsur atau sistematika yang terdapat dalam resensi di antaranya sebagai berikut.

  1. Judul resensi
  2. Identitas buku yang diresensi
  3. Pendahuluan (memperkenalkan pengarang, tujuan pengarang buku, dan lain-lain)
    Inti/isi resensi
  4. Keunggulan buku
  5. Kekurangan buku
  6. Penutup

Perhatikanlah contoh teks resensi berikut berdasarkan penyajian isinya.

Judul resensi
Valentino Rossi Sang Juara

Identitas buku
Judul buku : Otobiografi Valentino Rossi (Andai Aku Tak Pernah Mencobanya)
Judul asli : The Autobiography of Valentino Rossi: what if I had never tried it
Penerjemah : Doni Suseno
Penerbit : Februari 2016
Jumlah halaman : 302

Pendahuluan
Penulis memilih buku ini karena sangat digemari oleh anak muda terutama penggemar otomotif. Selain itu, buku tersebut mengungkapkan rahasia perpindahan Valentino Rossi dari tim Honda ke tim Yamaha yang selama ini tidak terungkap oleh media.

PELAJARI:  Menganalisis Teks Negosiasi

Isi Resensi
Kemenangan demi kemenangan yang telah diraih Rossi bersama Honda membuat mereka yang berkecimpung dalam tim Honda mulai beranggapan bahwa yang menentukan sebuah kemenangan adalah mesin motor, bukan pembalapnya. Mereka membandingkan Yamaha, salah satu pesaingnya yang tidak pernah memenangi satu balapan pun karena mesin motornya memang kalah cepat dari Honda.

Tugas
Bacalah teks resensi di bawah ini dengan saksama

Judul buku : Teknik Bermain Gitar
Penulis : Famoya
Penerbit : Terbit Terang Surabaya
Kota Penerbit : Surabaya
Tahun Terbit : 1999
Jumlah Halaman : 80

Gitar merupakan sebuah alat musik yang sangat populer dengan “Gitaris” sebagai sebutan untuk pemain gitar. Getar nurani menjadi seorang gitaris muncul alami yang menciptakan kreasi meluap tidak kenal waktu, yang mungkin sejenis akademi hanya sebatas formalitas belaka. Akan tetapi, nurani darah seni lebih memotivasi yang dicita-citakan.

Gitar adalah alat musik yang menghasilkan melodi indah dengan cara memetik senarnya. Bentuk gitar memengaruhi baik dan tidaknya suara gitar. Dalam bermain gitar tidak hanya berpedoman teori nada minor dan mayor, melainkan dengan ketajaman perasaan dan mengatur senar gitar.

PELAJARI:  Menemukan Nilai-Nilai Kehidupan dalam Cerita Pendek

Selain itu untuk menghasilkan melodi yang indah tidak bisa asal petik, tapi menggunakan nada dasar dan menentukan kunci nada. Kunci nada dalam sebuah lagu harus sesuai dengan kemampuan suara penyanyi. Dengan demikian lantunan lagu dapat dinikmati dengan indah.

Teknik Seni Bermain Gitar ini merupakan buku yang menarik. Itu terletak pada bab Body Gitar yang menjelaskan cara memilih gitar dan kunci nada yang memberikan sugesti bahwa tanpa melihat nada tertentu, mendengar suaranya saja akan mampu membedakan jenis nada.

Setelah kamu membaca teks resensi di atas, lakukanlah analisis isi resensi berdasarkan format tabel berikut.

Contoh Jawaban

Judul resensi : Teknik Bermain Gitar.

Identitias resensi
a. Penulis : Famoya
b. Penerbit :Terbit Terang Surabaya
c. Kota Penerbit : Surabaya
d. Tahun terbit : 1999
e. Jumlah halaman : 80 halaman

Pendahuluan : Gitar merupakan sebuah alat musik yang sangat populer dengan “Gitaris” sebagai sebutan untuk pemain gitar. Getar nurani menjadi seorang gitaris muncul alami yang menciptakan kreasi meluap tak kenal waktu.

Isi resensi : Buku ini menyajikan bahasan tentang bagaimana teknik bermain gitar. Gitar adalah alat musik yang menghasilkan melodi indah dengan cara memetik senarnya. Bentuk gitar memengaruhi baik tidaknya suara gitar. Dalam bermain gitar tidak hanya berpedoman teori nada minor dan mayor, melainkan dengan ketajaman perasaan dan mengatur senar gitar..

PELAJARI:  Memahami Teks Tantangan “Kebijakan Mobil Murah”

Keunggulan buku : Buku ini menyajikan teknik bermain alat musik yaitu gitar untuk semua kalangan tidak terbatas pada usia pembaca.

Kekurangan buku : Tidak ada kekurangan dalam buku ini.

Penutup : Teknik Bermain Gitar merupakan buku yang menarik. Salah satunya pada bab Body Gitar yang menjelaskan cara memilih gitar dan kunci nada yang memberikan sugesti bahwa tanpa melihat nada tertentu, mendengar suaranya saja akan mampu membedakan jenis nada.

Tanggapan Isi Resensi : Judul cukup menarik. Buku ini sangat baik untuk pembaca yang ingin menguasai alat musik yaitu gitar.