Bagian-Bagian Sel Tumbuhan dan Sel Hewan

Posted on

Apakah kamu tahu bahwa sel-sel yang dimiliki oleh hewan dan tumbuhan itu memiliki persamaan? Persamaan dari sel hewan dan tumbuhan yaitu terletak pada membran sel, sitoplasma, nukleus, mitokondria, ribosom, retikulum endoplasma (RE), aparatus golgi, lisosom, dan peroksisom. Ayo cari tahu struktur dan fungsi sel tersebut pada ulasan berikut ini.

Membran Sel

Membran sel merupakan permukaan luar setiap sel yang dibatasi oleh selaput halus dan elastis. Membran sel memiliki peranan yang sangat penting yaitu sebagai pengaturan isi sel  karena semua bahan yang keluar atau masuk harus melewati membran ini. Selain itu, membran sel juga memiliki fungsi untuk  mencegah masuknya zat-zat tertentu, serta memudahkan masuknya zat-zat yang lain. Perlu kamu ketahui bahwa membran sel tidak hanya membatasi sel akan tetapi juga membatasi berbagai organel-organel dalam sel, seperti vakuola, mitokondria, dan kloroplas.

PELAJARI:  Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen dan Jenis

Sitoplasma

Sitoplasma adalah material yang di dalamnya tersedia organel-organel sel. Bahan sitoplasma didominasi oleh air. Terdapat molekul-molekul kecil seperti garam, gula, asam amino, asam lemak, nukleotida, vitamin, dan gas-gas tertentu, serta ion dan sejumlah besar protein. Bahan cair tersebut dapat  disebut sitosol. Nah, beberapa enzim yang diperlukan untuk metabolisme sel juga ada di dalam sitoplasma.

 Organel Sel

Organel sel adalah bagian-bagian isi sel yang terdapat di dalam sitoplasma. Organel-organel tersebut memiliki bentuk seperti kantong-kantong yang berselaput dengan fungsi yang berbeda-beda. Organel-organel sel yang ada di dalam sitoplasma, antara lain seperti nukleus, mitokondria, ribosom, retikulum endoplasma, badan golgi, lisosom, peroksisom, mikrotubulus.

a. Nukleus

Nukleus adalah organel terbesar dalam sel yang berada pada semua sel eukariotik, kecuali sel-sel pembuluh floem dewasa dan sel darah merah mamalia dewasa.

PELAJARI:  Pengertian Fertilisasi (pembuahan) Serta Contohnya

b. Mitokondria

Mitokondria merupakan benda-benda bulat atau berbentuk batang yang memiliki ukuran berkisar antara 0,2 µm sampai 5 µm.

c. Ribosom

Ribosom adalah berbentuk bulat,  tersuspensi dalam sitoplasma. Ribosom ini mengandung RNA dan protein dengan perbandingan yang setara.

d. Retikulum endoplasma (RE)

Retikulum endoplasma adalah sistem membran yang sangat luas di dalam sel, tampak seperti rongga atau tabung pipih yang saling berhubungan dan menutupi sebagian besar sitoplasma.

e. Badan golgi

Badan golgi berbentuk  anyaman saluran yang tidak teratur yang terlihat seperti susunan membran yang sejajar tanpa granula.

f. Lisosom

Lisosom memiliki kandungan berbagai macam enzim yang dapat melakukan hidrolisis makromolekul-makromolekul, misalnya seperti polisakarida, lipid, fosfolipid, asam nukleat, dan protein di dalam sel.

PELAJARI:  Sistem Mekanisme Kerja Gerakan Otot Antagonis

g. Peroksisom

Peroksisom diperoleh dari retikulum endoplasma, biasanya penuh berisi enzim dan yang paling khas adalah katalase.

h. Mikrotubulus

Mikrotubulus memiliki peranan penting dalam pembelahan sel. Hal tersebut disebabkan karena setiap kromosom bergerak ke kutub pembelahan yang terikat pada gelendong mitotik yang dibentuk oleh mikrotubul.