Gerak Endonom Esionom dan Higroskopis

Salah satu ciri terbesar setiap organisme yaitu bergerak. Pada tumbuhan, dikenal dengan sebutan tropisme adalah gerak tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Seperti halnya dengan tumbuhan yang terkena sinar matahari, sentuhan, kinera, gravitasi dan juga suhu.

Tropisme pada tumbuhan ada dua yaitu Tropisme positif dan tropisme negatif.  Tropisme positif adalah gerak yang arahnya mendekati rangsangan, sedangkan tropisme negatif adalah gerak yang arahnya menjauhi rangsangan.

Gerak Pada Tumbuhan

Tumbuhan sebagai salah satu makhluk hidup yang ada dibumi ini ternyata memiliki keunikan tersendiri. Setiap tumbuhan memiliki karakteristik dan keunikan yang membedakannya dengan tumbuhan lainnya.

Salah satu yang unik dari tumbuhan adalah mereka memiliki gerakan yang menyesuaikan dengan beberapa hal. Dan disini kita akan belajar mengenai gerakan pada tumbuhan. Lebih spesifiknya kita akan belajar mengenai gerak endonom, esionom, higroskopis secara umum.

Pengertian Gerak Endonom

Gerak endonom adalah gerakan yang terjadi pada tumbuhan khususnya bagian daun yang bergerak dengan cara rotasi sitoplasma dalam sel daun Hydrilila verticillata dan bisa diketahui dengan gerak sirkulasi klorofil dalam sel. Gerakan ini terjadi secara spontan dan tidak belum diketahui penyebabnya, apakah karena rangsangan dari luar atau bukan.

PELAJARI JUGA:  Sebab-Sebab Terjadinya Perubahan Pada Benda

Pengertian Gerak Esionom

Dan gerakan jenis kedua yang ada pada tumbuhan adalah gerak esionom. Gerakan pada tumbuhan jenis ini dikarenakan ada rangsangan dari luar. Gerak esionom dibedakan menjadi 3 yaitu gerak tropisme, gerak taksis dan gerak nasti. Berikut ini akan kita jelaskan satu per satu pengertian dari ketiga jenis gerakan tersebut.

  • Gerak Tropisme

Gerak ini terjadi pada tumbuhan karena arah gerakan yang dipengaruhi oleh arah datangnya. Untuk gerak topisme dibedakan menjadi 2 yaitu gerak tropisme positif dan gerak tropisme negatif. Yang positif adalah gerakan yang mendekati arah rangsangan sedangkan gerakan yang negatif adalah gerakan yang menjauhi rangsangan.

  • Gerak Taksis

pengertian gerak taksis adalah gerakan yang terjadi pada tumbuhan yag berkaitan dengan gerak pindah tempat oleh seruh bagian tumbuhan ke arah rangsangan. Jadi gerak taksis terjadi karena adanya pengaruh dari rangsangan.

  • Gerak Nasti

Dan yang terakhir adalah nasti dimana gerak tumbuhan ini dipengaruhi oleh arah rangsangan. Gerakan ini terjadi karena adanya perubahan tulang daun menuju ke arah rangsangan.

PELAJARI JUGA:  Penyakit yang Menyerang Menyerang Kesehatan Tulang

Pengertian Gerak Higroskopis

Gerak higroskopis adalah gerakan yang terjadi pada tumbuhan yang disebabkan oleh pengaruh dari kadar air di dalam seol yang menyebabkan pengerutan tidak merata. Misalnya adalah gerakan yang terjadi karena membukanya sel anulus pada sporangium dalam tumbuhan paku kemudian membuka gigi peristom yang terjadi pada sporangium tumbuhan lumut.

Demikian adalah pengertian dari beberapa jenis gerakan yang terjadi pada tumbuhan, apda setiap gerakan itu menunjukkan bahwa tumbuhan tersebut hidup normal. Karena salah satu ciri makhluk hidup adalah bergerak. Sama halnya dengan manusia yang selalu melakukan pergerakan. Jadi bila tumbuhan melakukan pergerakan banyak orang yang tidak mengetahui. Karena gerakannya kecil dan tidak terlihat.

Hanya saja berdasarkan penelitian oleh para ahli ditemukan bahwa ada beberapa jenis gerakan yang dilakukan oleh tumbuhan selama mereka hidup dan hal itu wajar karena adanya pengaruh rangsangan dari luar.