Inilah Fungsi Kulit (Integumen) yang Harus Kamu Ketahui

Posted on

Pernahkah kamu membayangkan apabila manusia tidak memiliki kulit? Hal tersebut tentuakan sangat membahayakan karena tulit merupakan suatu bagian tubuh yang membungkus seluruh bagian luar tubuh. Nah, ayokitacari tahu tentang beberapa fungsi pada kulit.

Fungsi proteksi

Kulit memiliki fungsi untuk melindungi bagian dalam tubuh. Hal tersebut menjadikan kulit terlindungi dari gangguan fisik maupun mekanik misalnya seperti gesekan, tarikan, gangguan kimia yang dapat menyebabkan iritasi.

Fungsi absorpsi

Kulit memiliki permeabilitas yang memungkinkan kulit mengabsorpsi oksigen, mengeluarkan CO2 dan uap air. Kulit kategori sehat tidak akan mudah menyerap air, larutan, dan benda padat akan tetapi larutan yang mudah menguap akan mudah diserap.

Fungsi ekskresi

Kelenjar-kelenjar kulit dapat mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme tubuh yang tidak diperlukan oleh tubuh. Zat-zat sisa tersebut biasanya berupa  urea, NaCl, asam urat, dan amonia. Kelenjar minyak tersebut dapat menjaga kelembaban kulit.

PELAJARI:  Mineral yang dibutuhkan Tubuh Manusia

Fungsi persepsi

Pada kulit, terdapat ujung-ujung saraf sensorik yang dapat menyebabkan tubuh bisa menanggapi rangsang dingin, panas, tekanan, dan lain-lain.

Fungsi pengaturan suhu tubuh

Kulit juga memiliki fungsi untuk mengatur suhu tubuh dengan cara mengeluarkan keringat. Apabila udara panas, maka kulit akan mengeluarkan keringat dengan jumlah yang lebih banyak.

Fungsi pembentukan pigmen

Perlu kamu ketahui bahwa kulit bisa menentukan warna kulit seseorang karena terdapat pigmen kulit. Pigmen tersebut dapat disebut melanin. Apabila melanin yang dihasilkan oleh kulit terlalu banyak, maka kulit akan berwarna hitam.

Fungsi keratinisasi

Kulit juga memilikifungsi keratinisasi, apabila banyak  mengandung sel keratin yang tidak mengandung air maka elastisitasnya kecil sehingga lebih efektif mencegah penguapan air. Lapisan kulit ini selalu mengelupas.

PELAJARI:  Energi Panas dan Cara Perpindahannya

Fungsi pembentukan vitamin D

Demgan adanya kulit maka tulang terlindungi dan mendapatkan vitamin D. Perlu kamu ketahui bahwa dengan adanya sinar matahari mengubah dihidroksi kolesterol pada kulit menjadi vitamin D. Apabila tulang kekurangan vitamin D, maka akan mudah patah.