Merancang Sebuah Proposal Karya Ilmiah dengan Memperhatikan Informasi, Tujuan, dan Esensi Karya Ilmiah

Di bagian ini kamu akan menelaah hasil proposal dan menyusun proposal berdasarkan aspek-aspek penting.

Kegiatan 1

Menelaah Hasil Proposal

Di awal penyusunan proposal harus melakukan analisis masalah terlebih dahulu. Maka dari itu, kamu tidak bisa asal mengajukan sebuah kegiatan yang yang dapat menyebabkan masalah. Untuk itu, terlebih dahulu kita harus mengumpulkan sejumlah fakta yang menjadi dasar penyusunan proposal itu, yakni melalui observasi langsung ataupun dengan kegiatan wawancara ataupun penyebaran angket.

Langkah kedua adalah membaca berbagai literatur untuk memperkuat temuan-temuan dari lapangan itu. Literatur juga berperan sebagai rujukan atas bermasalah atau tidaknya temuan-temuan di lapangan itu.

Berdasarkan hal diatas, kamu akan mengetahui informasi, tujuan, dan esensi dalam proposal. Telah kamu ketahui bahwa proposal adalah sebuah tulisan yang dibuat oleh penulis yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelaskan sebuah tujuan kegiatan kepada pembaca (individu atau perusahaan) sehingga mereka memperoleh pemahaman mengenai tujuan kegiatan tersebut lebih detail. Diharapkan dari proposal tersebut dapat memberikan informasi yang sedetail mungkin kepada pembaca sehingga akhirnya memperoleh persamaan visi dan misi.

Tugas
Marilah mengumpulkan bahan-bahan untuk menyusun proposal!

1. Lakukanlah observasi terhadap lingkungan di sekitar tempat tinggalmu, baik itu melalui pengamatan langsung ataupun melalui wawancara dengan tokoh setempat, berkenaan dengan permasalahan kesehatan, keamanan, moralitas, kelestarian lingkungan hidup, dan persoalanpersoalan lainnya.

PELAJARI JUGA:  Menelaah dan Merevisi Teks Tanggapan Kritis “Pengaruh K-pop di Indonesia”

2. Pilihlah dari sekian persoalan yang kamu temukan itu yang dianggap penting dan mendesak untuk dicari penyebab ataupun pemecahannya.

3. Bersama beberapa teman, rumuskanlah bentuk kegiatan penelitian yang relevan dengan persoalan tersebut.

4. Cari pula referensi yang dapat memperkuat dan memperjelas persoalan yang kamu hadapi itu.

5. Presentasikan atau silang bacakan catatan kelompokmu itu untuk mendapatkan tanggapan/masukan dari kelompok-kelompok lainnya.

Contoh Jawaban

Pada jawaban ini, peserta didik melakukan pengamatan atau observasi di lingkungan sekitar tempat tinggalnya, atau melakukan wawancara dengan tokoh setempat berkenaan dengan permasalahan kesehatan, keamanan, moralitas, kelestarian, dan persoalan-persoalan lainnya. Pilihlah persoalan yang dianggappenting, kemudian rumuskanlah bentuk kegiatan tersebut berdasarkan format tabel yang telah disajikan, meliputi jenis persoalan, fakta di lapangan, dan teori pendukung.

Teori pendukung bisa berupa buku bacaan, internet, atau dari majalah. Setelah itu, presentasikan atau lakukan silang baca dengan kelompok lain dan berikan tanggapan atau saran.

PELAJARI JUGA:  Menyusun Proposal Berdasarkan Aspek-Aspek Penting

Objek yg diamati : kebersihan lingkungan
Waktu pengamatan : senin 6 okt 2014
Tempat Pengamatan : di jln mekar indah, muara teweh.
Tujuan pengamatan : mengetahui kebersihan lingkungan di sekitar jl mekar indah, muara teweh.

Hasil pengamatan :
Kebersihan lingkungan merupakan hal yang sangat penting pada kehidupan manusia. kebersihan lingkungan menciptakan lingkungan yg sehat seta bersih. sehingga dapat terhindar dr penyakit.( definisi umum) kondisi kebersihan lingkungan di jl mekar indah sangat baik, bersih, indah, dan asri serta bebas sampah, karena kesadaraan akan para warga-warganya yg selalu membersihkan halaman-halaman rumah masing-masing, membakar sampah dan membersihkan rumput yang tumbuh di pekarangan.( deskripsi bagian) kebersihan lingkungan sangat naik untuk diterapkan apabila kita membiasakan hidup bersih, sehat dan tertib. ( deskripsi manfaat )

Simpulan : kondisi kebersihan di jl mekar infah sangat terawat, karena warganya yang sadar akan kebersihan lingkungan