Negara yang Dijuluki Sebagai Lumbung Padi

Seperti diketahui bahwa seluruh kawasan negara – negara ASEAN menyimpan sumber daya alam berupa padi dalam jumlah yang besar seperti Indonesia, Malaysia, Kamboja, dan negara – negara lainnya.

Padi merupakan sumber daya alam terbesar yang dimiliki oleh negara – negara ASEAN ini. Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang dimiliki atau disimpan di alam semesta yang bermanfaat untuk kelangsungan hidup manusia di dalamnya. Ini akan dimanfaatkan guna mempertahankan kehidupan mereka.

Berdasarkan atas sifatnya, sumber daya alam dikelompokkan menjadi 2 jenis antara lain sebagai berikut :

  • Sumber daya alam yang dengan mudah bisa diperbaharui yaitu jenis sumber daya alam yang memiliki ketersediaan tak terbatas di alam semesta ini sehingga bisa digunakan kapan saja. Contohnya adalah tumbuhan, hewan, air, udara, dan energi matahari.
  • Sumber daya alam yang sulit untuk diperbaharui yaitu sumber daya alam yang menyimpan keterbatasan dalam ketersediaannya sehingga pemanfaatannya perlu dibatasi. Contohnya adalah minyak bumi, batu bara dan logam.

Sumber daya alam diklasifikasikan juga berdasarkan atas asal – usulnya antara lain sebagai berikut : sumber daya alam biotik adalah jenis sumber daya alam yang berasal dari mahkluk hidup seperti hewan dan tumbuhan.

 

Yang kedua adalah sumber daya alam abiotik yaitu sumber daya alam yang bukan berasal dari kelompok mahluk bernyawa seperti air, angin, udara dan sinar matahari. 

Negara Penghasil Padi Terbesar di Asia Tenggara 

Yang dimaksud dengan wilayah Asia Tenggara adalah salah satu wilayah daratan yang terletak di benua Asia dimana di dalamnya tergabung negara – negara di Asia Tenggara yang menyebut dirinya adalah anggota organisasi ASEAN yang hingga saat ini memiliki keanggotaan yaitu 11 negara berkembang dan negara maju (Singapura).

BACA:  Faktor Pendorong dan Penghambat Terbentuknya Kerjasama Antar Beberapa Negara ASEAN

Asia Tenggara saat ini menyimpan banyak potensi baik itu berupa sumber daya alam dan sumber daya manusia yang rata – rata berkualitas. Contohnya adalah Asia Tenggara menyimpan salah satu negara penghasil emas terbesar kedua di dunia berada di Kepulauan Papua.

Contoh lainnya adalah potensi untuk bidang pertanian, selain kacang – kacangan dan jagung, ada juga padi yang terkenal menjadi salah satu produk unggulan dari Asia Tenggara, dimana beberapa wilayah diantaranya memiliki sebutan sebagai lumbung padi ASEAN.

Berikut ini kami berikan beberapa daftar negara penghasil padi terbesar yang terletak di Asia Tenggara antara lain sebagai berikut :

1/Vietnam 

Negara Vietnam adalah salah satu negara yang menganut aliran / paham komunis terbesar di wilayah Asia Tenggara yang saat ini menjadi penghasil padi terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Negara ini mampu menghasilkan sekitar 4,2 ton per hektar padi jenis unggul bahkan ketika sedang musimnya bisa mencapai hasil rata – rata 5,6 ton per hektar.

Kondisi inilah yang menjadi penyebab mengapa negara Vietnam menjadi salah satu negara penghasil padi terbesar di kawasan Asia Tenggara. 

2/Thailand 

Negara Thailand menjadi salah satu negara penghasil padi terbesar kedua yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Kondisi ini terjadi karena negara ini mempunyai sistem pertanian yang sangat bagus meskipun secara jumlah ekspor negara ini masih berada di bawah Vietnam namun tetap saja diberi julukan sebagai lumbung padi ASEAN.

BACA:  Kriteria Citra Satelit Yang Sesuai Untuk Penginderaan Jauh Bidang Perencanaan Wilayah

3/Indonesia

Negara ketiga sebagai penghasil padi terbesar di wilayah Asia Tenggara adalah Indonesia yang menyimpan hamparan lahan pertanian yang sangat luas dan rata – rata daerah di negara yang satu ini beriklim tropis.

Dalam sejarahnya, negara Vietnam yang saat ini menjadi penghasil padi terbesar di Asia Tenggara pernah belajar dan menimba pendidikan tentang sistem pertanian yang diterapkan oleh petani – petani di Indonesia.

4/Myanmar

Negara terbesar keempat yang menjadi penghasil padi terbesar di Asia Tenggara adalah negara Miyanmar meskipun hingga saat ini politik dalam negeri negara ini sedang dilanda konflik hingga tercatat sebagai salah satu negara termiskin di Asia.

Meskipun demikian negara yang mayoritas penduduknya adalah beragama Buddha ini setiap kali panen padi selalu menjadi yang terbaik hingga diberi sebutan sebagai negara emas karena banyak ditemukan sawah yang menguning.

5/Pilipina

Negara kelima penghasil beras terbesar di Asia Tenggara ini berbatasan langsung dengan Indonesia. Meskipun jumlah hasil panen masih kalah dengan negara – negara lainnya seperti Indonesia, Vietnam, Miyanmar dan Thailand, Pilipina tetap menjadi kawasan penghasil padi yang sukses di Asia Tenggara.

***

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang beberapa negara yang dijuluki sebagai lumbung padi ASEAN di wilayah Asia Tenggara. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.