Tekhnik Dasar Bola Basket ( Catching dan Passing )

Posted on

Siapa yang tidak tahu dengan permainan bola basket ? bola basket adalah salah satu permainan paling populer di dunia selain sepak bola. Bola basket pertama kali ditemukan oleh seorang guru olahraga dan tanpa sengaja ditemukan. Di tahun 1891, seorang guru olahraga yang bernama Dr. James Naismith, seorang guru olahraga yang berasal dari kanada. Dia tergerak untuk membuat satu permainan yang dapat dimainkan di ruang tertutup selama liburan musim dingin, sehingga akhirnya hal itupun menginspirasinya untuk membuat permainan yang sekarang kita sebut dengan bola basket ini pada tanggal 15 desember 1891.

Lapangan bola basket biasanya berbentuk persegi panjang dengan memiliki dua standar ukuran yakni berukuran panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter. Permainan ini terbagi dalam dua team yang beranggotakan 5 orang pemain dalam 1 team.

Sedangkan wasit dalam permainan bola basket terbagi menjadi dua juga, yakni wasit 1 dan wasit 2. Wasit satu disebut dengan referee dan wasit 2 disebut dengan umpire.

PELAJARI:  Jenis Tembakan Dalam Bola Basket

Waktu untuk permainan bola basket ini adalah 4×10 menit. Diantara babak 1, 2, 3 dan 4 terdapat waktu istirahat selama 10 menit.

Tekhnik dasar permainan bola basket.

Tekhnik dasar bola basket passing dan catching.

Tekhnik dasar pertama yang harus anda pelajari jika ingin mahir dalam bermain dalam bermain dalam bola basket adalah tekhnik passing dan juga tekhnik catching. Passing sendiri adalah tekhnik dasar dalam permainan bola basket yang harus diketahui dan juga dipelajari, passing adalah kegiatan mengoper ataupun memberikan umpan kepada teman satu team. Sedangkan catching adalah kegiatan menerima bola dari teman satu regu. Di bawah ini merupakan beberapa tekhnik dalam melakukan passing, yakni,

PELAJARI:  Bentuk Latihan Untuk Meningkatkan Daya Tahan

1. Tekhnik dasar bola basket chest pass.

Ketika anda ingin melakukan tekhnik ini maka posisi bola basket anda berada di depan dada dan saat mengumpan menggunakan telapak jari.

2. Tekhnik dasar bola basket bounce pass.

Tekhnik ini hampir sama dengan tekhnik chest pass. Perbedaannya adalah saat mengoper bola kepada teman satu team posisi bola dipantulkan ke arah lantai.

3. Tekhnik dasar bola basket overhead pass.

Mengumpan pada Teman menggunakan tekhnik ini sama dengan melakukan lemparan out pada permainan sepak bola.

4. Tekhnik dasar bola basket baseball pass.

Tekhnik ini biasanya dengan menggunakan salah satu tangan saja. Posisi bola adalah sejajar dengan kepala tapi sedikit ke belakang. Hal ini memiliki tujuan agar bola yang nantinya dilemparkan akan melambung dengan tinggi melewati pemain lawan.

PELAJARI:  Pengertian Spiker (Smasher) dalam Permainan Bola Volly

5. Tekhnik dasar bola basket behind the back Pass.

Tekhnik ini biasa digunakan saat posisi menyerang dan harus mengoper bola ke teman satu team. Kelebihan dari tekhnik ini adalah pihak lawan tidak bisa melihat ke arah mana bola akan dioper.

Nah, demikianlah tekhnik dasar dalam permainan bola basket pashing dan catching. Semoga dapat menambah pengetahuan anda. Terima kasih.