Tumbuhan Laut dan Beberapa Contohnya

Kali ini kita akan membahas tentang macam – macam tumbuhan laut yang bertujuan agar mudah mengenal, memahami, dan mengerti tentang tumbuhan laut dan beberapa contoh yang kami sertakan.

Dimulai dengan pengertian ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk melalui sebuah hubungan timbal balik yang terjadi diantara satu dengan lainnya tidak mudah untuk dipisahkan terhadap mahkluk hidup dan lingkungannya sebagai suatu tatanan kesatuan antara unsur – unsur lingkungan hidup yang bisa saling mempengaruhi.

Beberapa istilah lainnya yang berhubungan dengan ekosistem bisa diartikan sebagai gabungan dari beberapa unit biosistem dan sistem lingkungan yang di dalamnya melibatkan hubungan interaksi maupun timbal balik diantara organisme dan lingkungan fisik.

Ini terkait dengan ekosistem laut merupakan ekosistem terbesar terpendam di dasar bumi yang sejak zaman dulu hingga saat ini mengalami berbagai ekspedisi serta eksplorasi namun dasar lautan yang sangat luas belum bisa dijelajahi seutuhnya.

 

Macam – Macam Tumbuhan Laut

Selain dunia hewan, biota laut terdiri atas tumbuhan laut dalam beragam jenis yang masing – masing mempunyai kemampuan untuk dapat bertahan hidup pada kedalaman laut tertentu.

1/Tumbuhan laut bernama Soft Coral  

Tanaman laut ini diberi nama Soft Coral karena alasan tekstur tanaman yang lunak dan sangat lembut ketika disentuh. Tubuh terutama pada bagian batang mengandung elemen berduri yang dinamakan Sclerite berfungsi untuk menjaga dan melindungi tumbuhan dari predator.

Pada umumnya tanaman ini akan mampu bertahan hidup di perairan jika mendapatkan sinar matahari dalam jumlah yang mencukupi.

Soft Coral menyediakan habitat bagus untuk kelangsungan hidup mahkluk laut seperti siput, ikan – ikan hias, ganggang dan biota laut lainnya. Soft Coral merupakan organisme yang berwarna cerah sehingga menjadi salah satu objek fotografi dan daya tarik bagi para penyelam.

2/Tumbuhan laut bernama Posidonia

Posidonia adalah salah satu tanaman yang tumbuh di Laut Mediterania dan Australia yang memiliki 9 varietas berbeda – beda.

Tanaman ini memiliki tingkat sensitifitas terhadap lingkungan yang sangat tinggi. Maka dari itu hanya dapat tumbuh pada perairan higienis yang menjadikan tanaman ini sebagai penanda bahwa perairan tersebut sangat bersih dan terbebas dari polusi.

BACA:  Sebab-Sebab Terjadinya Perubahan Pada Benda

Tumbuhan laut Posidonia merupakan bahan dasar untuk beragam produk seperti Chalkones dan Flavonolos.

3/Tanaman laut bernama Milfoils

Milfoils atau biasa dikenal dengan istilah Myrophyllum adalah salah satu genus yang terdiri dari sekitar 69 jenis tanaman air. Bentuk daun dari tanaman laut ini adalah seperti bulu burung sehingga tumbuhan ini kerap dimanfaatkan sebagai penghias akuarium ikan air laut.

Tanaman ini menyimpan kemampuan untuk mengurangi kadar oksigen yang mengalir di perairan dalam sekaligus sebagi media untuk meningkatkan level dari sedimentasi serta dijadikan tempat untuk berkembang biak nyamuk di perairan dangkal.

4/Tanaman laut bernama Kelp

Tanaman laut bernama Kelp ini adalah termasuk ke dalam kelompok tanaman rumput laut yang kaya nutrisi dan masih satu keluarga dengan kelompok algae yang bisa menjadi salah satu contoh tumbuhan tidak berpembuluh.

Tumbuhan laut yang satu ini akan tumbuh dengan subur dalam kondisi temperatur antara 6 hingga 14 derajat Celcius agar mampu tumbuh dengan subur. Pertumbuhan Kelp biasanya sangat cepat dan biasa dimanfaatkan oleh organisme lain untuk sarang berkembang biak.

Dalam beberapa penelitian menjelaskan bahwa Kelp digunakan sebagai sumber energi. Namun karena sering terjadi perubahan lingkungan dan kadang – kadang disertai polusi menyebabkan tumbuhan laut ini saat ini menjadi semakin langka.

Kelp adalah tumbuhan laut yang berwarna cokelat tua kaya akan kandungan nutrisi yang dapat tumbuh dengan subur di bawah laut yang tenang.

5/Tanaman laut bernama Open Brain Coral

Ini adalah salah satu dari beragam jenis tumbuhan laut yang memiliki tekstur tumbuhan sangat cantik yaitu Open Brain Coral. Diberi nama indah ini karena menyimpan bentuk yang sekilas pandang menyerupai otak manusia yang terbelah dua sehingga dari kejauhan terlihat sangat menakjubkan.

Open Brain Coral rata – rata memiliki warna cantik yang cerah yaitu merah muda dan hijau, tumbuh dengan subur pada perairan dangkal dan hangat di wilayah ekologi laut tropis.

Tanaman ini biasanya memangsa makanannya setelah matahari terbenam atau ketika malam hari yaitu memakan Zooplankton dan organisme kecil lainnya yang berenang berdekatan dengan daerah tentakel.

6/Tanaman laut bernama Hyacinth

Hyacinth adalah salah satu jenis tanaman laut yang memiliki warna – warna sangat indah diantara tanaman hias laut lainnya yaitu dominan warna ungu dan biru terang. Sehingga banyak diburu untuk dijadikan sebagai penghias akuarium air laut.

Meski yang sebenarnya tanaman laut yang satu ini termasuk ke dalam jenis tumbuhan pengganggu. Hyacinth merupakan salah satu tumbuhan dari keluarga Pontederiaceae yang pertumbuhannya menyebar di bawah air dan sangat mudah menyerap oksigen yang terkandung di air sehingga tanaman lainnya akan sulit untuk berkembang biak.

BACA:  Kemampuan Beradaptasi Makhluk Hidup

Tanaman Hyacinth bermanfaat untuk bahan pembuatan beberapa jenis obat – obatan, furniture, tali dan pada jenis tertentu bermanfaat sebagai bahan makanan seperti beberapa jenis masakan Jepang.

7/Tanaman laut bernama Waterwheel Plant

Tanaman laut yang satu ini populer dengan sebutan tanaman laut Aldrovanda adalah salah satu jenis tumbuhan laut yang memiliki sifat karnivora yang hidupnya mengambang bebas pada permukaan laut.

Tanaman laut ini sangat menyukai air bersih yang dangkal, hangat, dan cukup mendapatkan sinar matahari. Memiliki tekstur tubuh yang sangat mempesona dan berakar rimbun sehingga mampu hidup mengambang di permukaan air.

Sebenarnya nama Aldrovanda diberikan untuk tujuan menghormati seorang ahli botani yang menemukan beberapa jenis tanaman laut ini bernama Ulisse Aldrovandi sekaligus sebagai pendiri taman botani di Bologna.

8/Tanaman laut bernama Anubias

Anubias adalah salah satu jenis tanaman laut yang sangat mudah ditemukan dalam perairan berawa. Tanaman ini umumnya dimanfaatkan sebagai tanaman hias akuarium air laut atau tanaman pelengkap pada kolam – kolam ikan hias.

Mampu tumbuh dengan subur pada perairan dekat dengan rawa – rawa namun hanya bisa mentolerir sinar matahari dalam jumlah yang terbatas saja.

Anubias mengambil nama salah satu Dewa Mesir Kuno yakni Anubis yang berhubungan dengan kebiasaan tumbuh dan kembang tanaman ini hanya bisa dilakukan pada lingkungan yang gelap karena pengaruh radiasi sinar matahari yang berlebihan bisa berdampak buruk terhadap kesuburan tanaman. Banyak ditemukan di perairan Afrika Barat.

9/Tanaman laut bernama Yellow Floating Heart

Yellow Floating Heart populer dengan nama Nymphoides Peltata merupakan salah satu tanaman laut yang memiliki bentuk menyerupai bunga Lili di darat. Memiliki warna – warna pucat seperti warna putih dan warna kuning.

Tanaman ini tumbuh sangat indah sehingga banyak diburu oleh para pecinta tanaman hias. Umumnya tanaman ini tumbuh subur di wilayah Eropa dan juga Amerika Serikat.

Mekipun dikenal sebagai tanaman hias laut yang menawan hati, presiden AS Washington pernah melarang penjualan tanaman laut ini pada tahun 2001 karena diketahui sebagai salah satu tanaman laut yang beracun.

***

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang tumbuhan laut dan beberapa contohnya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.