Mengenal Alat Musik Tradisional, Jenis dan Contohnya

Sejak zaman dulu Indonesia sudah terkenal di seluruh dunia karena memiliki keanekaragaman budaya yang unik dan mampu menarik minat warga asing untuk berlibur ke Indonesia guna menikmati keunikan dari ragam budaya yang tersedia.

Budaya yang dimaksudkan dalam hal ini adalah adat – istiadat tradisional, upacara adat tradisional, tari – tarian adat tradisional, rumah adat tradisional, musik dan alat musik tradisional.

Melalui artikel kami kali ini akan membahas tentang alat musik tradisional, jenis dan beberapa contoh yang sangat terkenal di seluruh dunia karena memiliki keunikan yang berbeda – beda antara satu dengan yang lainnya.

Menurut KBBI / kamus besar Bahasa Indonesia mengartikan alat dalam hal ini adalah sebagai sebuah benda yang bermanfaat untuk mempermudah suatu kegiatan atau pekerjaan tertentu.

 

Sedangkan musik berasal dari Bahasa Yunani yaitu mousike yang diambil dari nama seorang Dewa terkenal dalam mitologi orang Yunani kuno adalah Dewa Mousa merupakan seorang Dewa pemimpin dalam bidang seni dan ilmu pengetahuan.

Yang terakhir adalah kata tradisional berasal dari Bahasa Latin yang artinya tradition adalah suatu kebiasaan dari masyarakat setempat yang dilakukan bersama – sama secara turun – temurun.

Nah dari penjelsan singkat tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa alat musik tradisional adalah alat musik yang telah berkembang secara turun – menurun di suatu daerah yang berguna untuk mengiringi musik – musik yang terdapat / sedang dianut dalam masyarakat daerah tersebut.

Jenis Dari Alat Musik Tradisional Berdasarkan Atas Bunyinya

Menurut sumber bunyi yang dikeluarkan oleh sebuah alat musik membagi alat musik tradisional ke dalam 5 bagian yaitu sebagai berikut :

BACA:  Seni Tari Berdasarkan Koreografi

1/Jenis alat musik tradisional elektrofon / electrophone adalah sebuah alat musik tradisional yang terdiri atas instrumen sebagai sumber bunyinya yang berasal dari tenaga listrik.

2/Jenis alat musik tradisional membranofon / membranophone adalah sebuah alat musik tradisional yang terdiri atas instrumen sebagai sumber bunyinya yang berasal dari selaput atau membran yang terdapat pada salah satu bagian dari alat musik bersangkutan.

3/Jenis alat musik tradisional kordofon / chordophone adalah sebuah alat musik berdasarkan atas instrumen yang berasal dari sumber bunyi – bunyian berasal dari dawai atau sejenis senar yang terdapat pada bagian atas dari alat musik tersebut.

4/Alat musik tradisional idiofon (idiophone) adalag sebuah alat musik yang terdiri atas instrumen bersumber pada bunyi yang berasal dari bahan dasar membuat alat musik itu sendiri.

5/Alat musik aerofon / aerophone adalah sebuah alat musik tradisional yang dibuat berdasarkan instrumen yang bunyinya bersumber dan berasal dari hembusan udara yang terdapat pada rongga – rongga alat musik itu sendiri.

BACA:  Pelestarian Kebudayaan Daerah di Indonesia

Contoh Alat Musik Tradisional Indonesia

Berikut adalah beberapa contoh alat musik tradisional di setiap daerah di Indonesia.

1/Aceh dengan alat musik tradisinonal bernama serune kale

2/Sumatera Utara dengan alat musik tradisional bernama aramba

3/Sumatera Barat dengan alat musik tradisional bernama saluang

4/Riau dengan alat musik tradisionalnya bernama gambus

5/Jambi dengan alat musik tradisionalnya bernama gambus.

6/Sumatera Selatan dengan alat musik tradisional bernama accordion

7/Bengkulu dengan alat musik tradisional bernama doll

8/Lampung dengan bende

9/Bangka Belitung dengan gendang melayu

10/Jakarta dengan tehyan

11/Jawa Barat dengan angklung

12/Jawa Tengah dengan gamelan

13/Yogyakarta dengan gendang

14/Jawa Timur dengan boning

15/Banten dengan gendang

16/Bali dengan cengceng

17/Nusa Tenggara Barat dengan serunai

18/Nusa Tenggara Timur dengan sasando

19/Kalimantan Barat dengan tuma

20/Kalimantan Timur dengan sampe

21/Kalimantan Tengah dengan japen

22/Kalimantan Selatan dengan panting

23/Sulawesi Utara dengan kolintang

24/Sulawesi Tengah dengan ganda

25/Sulawesi Selatan dengan keso

26/Sulawesi Tenggara dengan ladolado

27/Gorontalo dengan ganda

28/Sulawesi Barat dengan kecapi

29/Maluku dengan nafiri

30/Maluku Utara dengan fu

31/Papua Barat dengan guoto

32/Papua dengan tifa

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang alat musik tradisional, jenis, dan contoh. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.