Pengertian Ide Pokok, Fungsi, Ciri, Menentukan Contoh dan Istilah Lain

Secara garis besar masing – masing paragraf dalam sebuah cerita jenis apapun akan terbentuk oleh 2 unsur utama yaitu ide – ide pokok dan kalimat penjelas yang nantinya akan menjadi unsur penting dalam membuat sebuah paragraf yang baik.

Adapun definisi atau pengertian dari ide pokok dalam sebuah paragraf adalah berhubungan dengan topik utama atau topik pengembangan.

Ide – ide ini akan terselip di dalam kalimat utama beserta di dalam sebuah paragraf yang berisikan hanya satu gagasan utama atau gagasan pokok saja.

Selanjutnya kalimat yang bersangkutan akan diikuti dengan kalimat penjelas agar terbentuk sebuah paragraf yang utuh yaitu terdiri dari ide dan gagasan pokok serta kalimat – kalimat penjelas.

 

Dikenal ada beberapa jenis paragraf yang khusus diletakkan dalam gagasan pokok yaitu mencakup 3 hal utama antara lain paragraf induktif, deduktif, serta campuran.

Gagasan utama atau ide pokok yang terselip di awal kalimat adalah termasuk ke dalam jenis paragraf deduktif sedangkan gagasan utama yang terselip di akhir kalimat merupakan kelompok yang termasuk jenis paragraf induktif.

Sebuah paragraf yang baik akan selalu dibutuhkan dalam membentuk sebuah kalimat yang menarik. Di dalamnya seharusnya berisikan ide – ide atau gagasan pokok yang tepat sesuai dengan tema dan harus serasi dengan isi cerita.

Apabila sebuah paragraf hanya mengandung umpan balik saja maka selanjutnya gagasan utama di dalamnya akan menjadi kabur. Maka dari itu ide utama di dalamnya harus dijelaskan secara rinci dalam sebuah paragraf agar para pembaca mudah dalam memahami inti dari cerita itu sendiri.

Di dalam masing – masing paragraf biasanya hanya terdiri dari satu ide pokok saja tetapi harus mampu mencakup keseluruhan cerita atau inti cerita yang dibantu oleh kalimat penjelas.

BACA:  Mengonstruksi Sebuah Karya Ilmiah dengan Memperhatikan Isi, Sistematika, dan Kebahasaan Karya Ilmiah

Keberadaan kalimat utama yang saling berhubungan adalah sama dengan melihat pada kalimat pertama yang mana kalimat pertama ini seharusnya dapat disisipkan dimana saja. Bisa di awal kalimat, akhir kalimat atau berada di keduanya. 

Fungsi Ide Pokok

Yang dimaksud dengan fungsi ide pokok adalah memberikan / menjelaskan tentang inti sebuah bacaan atau paragraf sehingga diharapkan para pembaca dapat dengan mudah untuk mengerti dan memahami paragraf tersebut lalu selanjutnya menjelaskan inti dari suatu paragraf.

Dengan mengidentifikasi ide pokok maka anda dengan mudah dapat mengenal dan mengetahui ide utama dari sebuah paragraf.

Ciri – Ciri Ide Pokok

Setelah memahami pengertian dari ide pokok dan mengetahui tentang fungsi di dalamnya maka selanjutnya akan kami berikan ciri – ciri ide pokok antara lain sebagai berikut :

1/Memiliki kalimat pendukung atau dikenal juga sebagai kalimat pengembang beserta penjelasannya masing – masing.

2/Harus ada yang mendukung baik itu berupa penjelasan atau alasan – alasan yang menguatkan keberadaannya.

3/Menjadi inti dari sebuah paragraf atau pusat pembahasan.

Menentukan Contoh Ide Pokok

Marilah kita melihat contoh paragraf yang berisikan beberapa kalimat tersebut di bawah ini untuk mengerti tentang ide pokok dari paragraf yang dimaksudkan.

Reptilia merupakan kelompok hewan yang berjalan dengan cara melata atau merayap. Contoh hewan yang termasuk ke dalam kelompok reptilia ini adalah ular, kadal, penyu dan buaya.

Mereka memiliki tulang yang bersifat tulang keras dan pada umumnya bersisik pada permukaan kulitnya. Ketika sedang musim bertelur, mereka akan ke darat pada waktu malam menjelang dini hari untuk bertelur di darat meskipun ada sebagian kelompok reptilia yang berkembang biak dengan cara melahirkan anak – anaknya.

Reptilia adalah kelompok hewan berdarah dingin. Memiliki suhu tubuh yang mampu menyesuaikan dengan suhu udara luar.

Meskipun demikian tidak berarti bahwa hewan reptilia suka dengan daerah dingin. Reptilian kurang tahan dengan hawa dingin. Sehingga sulit menemukan reptilia yang tinggal di daerah kutub.

Kalimat utama pada paragraf tersebut di atas adalah terletak di awal paragraf yaitu sebagai berikut : “Reptilia merupakan kelompok hewan yang berjalan dengan cara melata atau merayap”.

BACA:  Menyusun Ulasan dari Buku yang Dibaca

Ide pokok yang terselip dalam paragraf tersebut di atas adalah membahas tentang reptilia. Dari ide pokok ini selanjutnya anda bisa mengetahui tentang apa – apa saja isi dari keseluruhan paragraf.

Istilah Lain dari Ide Pokok

Ide  pokok dalam sebuah paragraf banyak memiliki istilah lain yaitu sebagai berikut :

1/Simpulan

2/Topik

3/Tema

4/Masalah utama

5/Inti masalah

6/Inti paragraf

7/Pikiran utama

8/Pokok masalah

9/Pokok pikiran

10/Gagasan pokok

11/Gagasan utama

Meskipun memiliki banyak istilah lain namun pada dasarnya semua istilah tersebut di atas adalah sama sehingga jika dinilai berdasarkan pengertian dari ide pokok tersebut maka jawabannya adalah pengertian terhadap ide pokok secara umum adalah inti suatu bacaan.

***

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang pengertian ide pokok, fungsi, ciri, menentukan contoh dan istilah lain dari ide pokok. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.