Ayo Cari Tahu Contoh Sikap Patriotisme

Posted on

Apakah kamu sudah memiliki sikap patriotisme dalam dirimu? Sikap patriotisme itu sebenarnya tidak hanya dimiliki oleh para pahlawan bangsa. Sebagai warga negara yang baik sebaiknya kamu juga harus memiliki sikap patriotisme. Sikap patriotisme ini dapat dicerminkan dalam berbagai hal. Yuk simak pembahasan tentang contoh-contoh sikap patriotisme.

  1. Mencintai dan menggunakan produk dalam negeri

Mencintai dan menggunakan produk-produk dalam negeri merupakan salah satu cara mencinta tanah air. Apabila kamu menggunakan produk dalam negeri maka sudah berarti memberi keuntungan kepada warga Indonesia sendiri. Dengan menggunakan produk-produk dalam negeri juga mencerminkan sudah menghargai produk buatan negaranya sendiri. Hal itu juga akan membarikan dampak yang baik untuk Indonesia karena produk-produk yang dibuat akan temasyur di dalam negeri bahkan luar negeri.

  1. Tidak merusak lingkungan hidup
PELAJARI:  Prinsip Asas Pendidikan Oleh Ki Hajar Dewantara

Sikap patriotisme kedua yaitu tidak merusak lingkungan hidup. Sebaiknya, lingkungan hidup itu harus dijaga kelestariannya. Apabila merusaknya berarti sama saja dengan tidak mencintai tanah air. Lingkungan hidup yang telah rusak maka  akan merugikan manusia sendiri.

  1. Ikut serta memelihara fasilitas umum

Fasilitas umum adalah sarana yang telah disediakan oleh pemerintah untuk kebutuhan masyarakat misalnya seperti telepon umum, jembatan, halte, kereta api dan lain-lainnya. Apabila merusak fasilitas umum maka akan merugikan orang lain dalam hal ini negara juga akan rugi karena harus mengganti atau memperbaikinya lagi.

  1. Ikut serta dalam pembangunan bangsa

Indonesia harus terus membangun agar menjadi lebih maju sehingga kehidupan rakyatnya lebih baik. Apabila kamu ingin mencintai tanah air, maka seharusnya juga ikut serta dalam pembangunan. Ikut serta dalam pembangunan tersebut juga bisa diwujudkan dengan taat membayar pajak, menjadi pegawai yang baik, dan lain sebagainya.

  1. Mentaati peraturan yang ada
PELAJARI:  3 Lembaga Kerjasama Multilateral Dalam Bidang Ekonomi

Peraturan yang telah dibuat oleh pemerintah itu memiliki tujuan baik yaitu agar masyarakat menjadi tertib dan nyaman. Apabila melanggar peraturan maka akan merugikan diri sendiri. Tidak hanya itu akan tetapi juga merugikan orang lain hingga negara juga akan dirugikan. Hal tersebut sama saja dengan tidak mencintai tanah air atau tidak memiliki rasa patriotisme bangsa.

  1. Melestarikan budaya bangsa

Budaya bangsa Indonesia juga merupakan kekayaan bangsa. Dengan menjaga kelestarian budaya bangsa itu memiliki arti bahwa sudah mencintai bangsa dan tanah air. Indonesia memiliki budaya bangsa yang beragam dan unik sehingga kita wajib untuk melestarikan budaya tersebut. Orang asing saja banyak yang telah mengagumi budaya bangsa kita bahkan  mempelajarinya. Nah, sikap patriotisme tersebut dapat diwujudkan denganmelestarikan budaya bangsa Indonesia dengan baik dan benar.