Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi dan Rendah Karbohidrat

Seperti diketahui bahwa manfaat protein ada beragam mulai dari manfaat untuk membangun sistem imun, membentuk otot, mengurangi rasa stres, menguatkan tulang, meningkatkan mood, regulasi hormon, dan manfaat yang lainnya.

Protein dalam hal ini termasuk ke dalam kelompok zat gizi yang bersifat makro atau diperlulan oleh tubuh dalam jumlah besar. Nah disinilah para ahli merekomendasikan asupan protein harian adalah rata – rata sekitar 46 gram untuk perempuan dan 56 gram untuk laki – laki.

Meskipun sudah dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dalam takaran tertentu oleh ahli, masih banyak dijumpai orang yang belum mengkonsumsi protein yang sesuai dengan standar gizi. Jika anda masih belum tahu dan kebingungan untuk memilih cemilan sehat tinggi protein maka anda bisa memilih cemilan sebagai berikut :

1/Sehari mengkonsumsi 2 butir telur ayam direbus. 1 telur mengandung 6 gram protein dan hanya 0,6 karbohidrat saja. Diketahui bahwa telur banyak mengandung nutrisi yang cenderung rendah kalori dibandingkan dengan jenis makanan yang lainnya.

 

2/Sehari mengkonsumsi 1 sendok makan selai kacang yaitu sekitar 30 gram yang mampu memberikan asupan protein sebanyak 8 gram dan 6 gram karbohidrat.

3/Sehari cobalah mengkonsumsi makanan dari bahan keju. Karena di dalamnya banyak mengandung protein untuk keju yang berbeda – beda maka berbeda – beda pula kandungan protein di dalamnya.

Ada keju swiss, pecorino, parmesan, edam dan gouda yang menawarkan protein tinggi antara 26 gram protein hingga 35 gram per sajian 100 gram dengan kandungan karbohidrat di dalamnya hanya sekitar 1,3 gram saja.

Sajikan keju bersama dengan makanan pendamping lainnya yang mengandung antioksidan tinggi untuk asupan energi (lakukan di waktu sore hari lebih bermanfaat).

4/Greek yoghurt yang memiliki aroma tajam dan mampu mengenyangkan perut karena makanan jenis yang satu ini mengandung 2 kali sumber protein dibandingkan dengan yoghurt biasa yakni sekitar 10 s/d 20 gram tergantung mereknya masing – masing.

BACA:  Bentuk-bentuk Kaki Burung Sesuai dengan Cara Adaptasinya

Jika anda ingin mencicipi salah satu diantaranya maka pilihlah greek yoghurt tanpa rasa yang dapat diberi rasa pemanis dari madu atau dicampur dengan sari buah.

5/Ngemil biji labu diketahui mengandung 7 gram protein per 30 gram sajian dan juga kaya akan antioksidan dalam jumlah besar, zat besi, seng, potasium, kalsium, magnesium, dan nutrisi lainnya. Biji labu memiliki bentuk kecil namun mampu mengenyangkan perut antara waktu makan siang dan menjelang malam. Cara penyajiannya bisa dengan dikeringkan atau dipanggang dengan baluran minyak kedelai yang kaya akan kandungan mineral.

6/Ngemil kacang edamame yang saat ini banyak dijual di mall – mall atau menjadi salah satu bahan campuran masakan Jepang di restoran.

Edamame merupakan sumber protein yang sangat baik untuk pertumbuhan tubuh anak – anak seperti halnya terhadap daging dan susu. Kacang ini mengandung asam amino esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh yang mana setiap 50 gram sajian edamame mengandung sekitar 6 gram protein dan 4 gram karbohidrat.

7/Mengkonsumsi protein shake yang banyak mengandung nutrisi yang berbeda – beda dari masing – masing merek. Pilih salah satu yang terbaik untuk kebutuhan tubuh anda.

8/Mengkonsumsi keju cottage yang mengandung sekitar 11 gram protein dan hanya 3,4 gram karbohidrat per 100 gram sajian. Juga diketahui bahwa makanan ini mengandung kasein dalam jumlah besar yang menyebabkan protein di dalam tubuh mudah dicerna.

Makan keju bisa dicampur dengan selai kacang, madu, dan buah stroberi segar atau nanas dan blueberry diberi madu jika anda suka makanan manis. Atau mencampur dengan lemon pepper untuk membuat sajian bernama tzatziki yang dimasak bersama dengan sayuran kesukaan anda di dalamnya.

BACA:  Pengertian Serta Tumbuhan yang Tidak Memiliki Klorofil

9/Ragam ikan kemasan dan dendeng. Pilih ikan tuna, salmon, atau makarel kemasan yang mudah dibeli di mall – mall. Produk makanan kemasan ini banyak mengandung protein dengan atau tanpa bahan tambahan lainnya. Sedangkan dendeng mengandung protein lebih banyak dibandingkan daging ayam.

10/Suka mengkonsumsi daging kalkun akan membantu tubuh dalam menyediakan suntikan protein. Yang mana setiap 100 gram sajian kalkun mengandung 30 gram protein dan hanya 0,1 gram karbohidrat.

Anda bisa mendapatkan daging ini yang siap dimakan di mall – mall untuk selanjutnya dapat disajikan bersama dengan potongan buah alpukat yang banyak mengandung vitamin, mineral, folat, magnesium, tembaga, zat besi dan seng.

11/Kacang almong dalam kemasan diketahui mengandung kolesterol HDL yang ampuh buat melindungi jantung, serat, selenium, seng, magnesium, vitamin E dan B, serta sekitar 10 gram protein per 50 gram sajian. Bisa dijadikan sebagai cemilan sehat sambil menunggu jam makan siang.

12/Tahu atau tofu mengandung sekitar 8 gram protein dan hanya 1,9 gram karbohidrat per 100 gram sajian. Makanan jenis ini tidak hanya bagus untuk para vegan saja juga bisa dikonsumsi bagi para pemakan daging.

Untuk mendapatkan cita rasa yang pas di lidah maka potong tahu menjadi dadu lalu digoreng dengan campuran bumbu khusus bisa menjadi makanan sehat yang bercita rasa lezat untuk anda konsumsi bersama dengan nasi. Tofu terbuat dari bahan susu kedelai segar yang dibekukan.

***

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang makanan yang mengandung protein tinggi dan rendah karbohidrat. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.