Bentuk-bentuk Tulang Rangka Manusia dan Hubungan Antartulang

Posted on

Tulang-tulang manusia memiliki bentuk yang berbeda-beda. Berdasarkan bentuknya, tulang dapat digolongkan menjadi tiga kelompok yaitu tulang pipih, tulang pendek, dan tulang pipa. Ayo cari tahu lebih lanjut pada pembahasan berikut ini.

Tulang pipih

Tulang pipih ini memiliki bentuk yang  pipih atau gepeng. Contoh-contoh dari tulang pipih antara lain seperti tulang belikat, tulang dada, tulang rusuk, tulang panggul, dan tulang-tulang tengkorak.

Tulang pendek

Tulang pendek memiliki bentuk tulang yang bulat pendek. Contoh dari tulang pendek antara lain seperti tulang pergelangan tangan, tulang pergelangan kaki, ruas-ruas tulang belakang, dan tulang tempurung lutut.

Tulang pipa

Tulang pipa memiliki bentuk seperti pipa, bulat panjang, dan pada bagian pusatnya terdapat rongga besar. Contoh dari tulang yang berbentuk pipa antara lain seperti tulang lengan, tulang paha, dan tulang ruas jari.

PELAJARI:  Penyakit dan Gangguan pada Telinga Manusia

Hubungan Antartulang

Sebenarnya, tulang-tulang yang ada di dalam tubuh manusia saling berhubungan. Hubungan antartulang dapat terbentuk jika  tulang-tulang saling bertemu pada ujung-ujungnya. Hubungan antartulang tersebut sering juga disebut persendian.

Permukaan ujung tulang yang saling  bertemu dilapisi oleh suatu tulang yang lunak atau tulang rawan. Persendian tersebut juga dilapisi oleh selaput sendi yang dapat menghasilkan minyak sendi. Minyak sendi tersebut mengisi ruangan kecil di antara bonggol sendi dan lekuk sendi yang berfungsi untuk melumasi dan mengurangi gesekan. Kemudian, persendian dibungkus oleh simpai sendi yang dibantu oleh serabut sehingga menyatukan tulang satu dengan tulang lainnya.