Pengertian Penyerbukan, Macam dan Proses Pada Tumbuhan dan Bunga

Penyerbukan atau polinasi adalah serangkaian proses dimana terjadinya serbuk sari yang jatuh pada permukaan putik yang mana pada sebagian besar tumbuhan dan bunga, peristiwa ini berarti jatuhnya serbuk sari tepat di bagian kepala putik. Penyerbukan merupakan bagian penting dari suatu proses reproduksi tumbuhan berbiji.

Penyerbukan merupakan proses penyerbukan kepala putik oleh serbuk sari yang memiliki asal dari bunga itu sendiri atau dari bunga lain pada tumbuhan yang sejenis.

Macam dan Proses Penyerbukan

Apabila butir – butir serbuk sari sampai dengan selamat di dalam stigma maka dapat dipastikan bahwa penyerbukan atau pembuahan sel – sel telur dan perkembangannya sudah terjadi.

Dalam hal ini penyerbukan berbeda dengan pembuahan, penyerbukan adalah peleburan antara gamet jantan dan gamet betina. Penyerbukan ada 2 macam yaitu penyerbukan sendiri dan penyerbukan silang.

 

Penyerbukan sendiri adalah serangkaian proses penyerbukan kepala putik oleh serbuk sari yang asalnya dari bunga itu sendiri atau dari bunga lain pada tanaman sejenis.

Sedangkan penyerbukan silang adalah serangkaian proses perpindahan serbuk sari dari anther bunga pada tanaman menuju ke stigma bunga tanaman lain yang sejenis atau spesies yang berkerabat.

Penyerbukan bisa dibantu oleh angin, serangga, burung, keong, dan binatang – binatang kecil lainnya.

Contoh tanaman yang melakukan penyerbukan silang adalah gandum, jelai, padi, kedelai, dan lain sebagainya. Sedangkan penyerbukan silang bersifat lebih umum terjadi dibandingkan dengan penyerbukan sendiri.

Penyerbukan silang akan menghasilkan kombinasi satuan keturunan yang sifatnya beragam terhadap kedua jenis tanaman yang berbeda.

BACA:  Pengertian dan Pengaruh Eutrofikasi pada Lingkungan

Memiliki pengaruh secara langsung dari penyerbukan silang yaitu tergantung dari banyaknya spesies dari produksi biji yang dihasilkan dan bersifat lebih kuat dari keturunannya. 

Berdasarkan Asal Serbuk Sari

1/Penyerbukan Sendiri Atau Autogami

Penyerbukan sendiri (autogami) adalah serangkaian proses penyerbukan (yaitu berpindahnya serbuk sari dari kepala sari ke kepala putik) yang secara khusus terjadi pada bunga yang sama atau antar bunga yang berbeda – beda namun dalam satu tanaman atau diantara bunga pada klon tanaman yang sama.

Keuntungan Yang Diperoleh

  1. Penyerbukan sendiri bisa untuk memastikan bahwa karakter resesifnya dihilangkan.
  2. Biji – bijian akan menghasilkan tingkat keberhasilan yang baik dalam memperoleh penyerbukan.
  3. Tanaman menjadi tidak tergantung pada faktor eksternal guna penyerbukan dan bahkan tidak ada sama sekali ketergantungan.
  4. Di dalam penyerbukan sendiri tidak ada keragaman dalam gen dan oleh karenanya menjadi kemurnian ras yang tetap dipertahankan.

Kerugian Yang Didapatkan

  1. Tanpa adanya karakter baru yang diperkenalkan maka kekebalan keturunan yang akan dihasilkan untuk penyakit akan berkurang.
  2. Penyerbukan sendiri dapat mengurangi kekuatan dan vitalitas karena tidak ada fitur baru yang diperkenalkan.
  3. Karena tidak ada pencampuran gen maka tidak ada karakter atau fitur baru yang diperkenalkan kepada garis – garis keturunan selanjutnya.

2/Penyerbukan Tetangga (Geitonogami)

Penyerbukan tetangga adalah jenis penyerbukan yang dilakukan terhadap bunga yang sudah mekar oleh serbuk sari dari berbagai bunga secara bebas. Perkawinan melalui penyerbukan tetangga / terbuka ini dikenal dengan istilah kasmogami / chasmogamie.

Contohnya adalah pada tanaman gandum, kepala sari akan pecah sebelum bunga terbuka sehingga ada sedikit jumlah serbuk sari yang beterbangan.

Secara morfologi, bunga gandum tergolong ke dalam kelompok kasmogami tetapi karena karakteristik benang sarinya yang berbeda maka lebih sering terjadi penyerbukan sendiri (antara serbuk sari dan putik dalam satu bunga) seperti contoh pada bunga jagung.

BACA:  Pengertian, Ciri Ciri dan Klasifikasi Kingdom Fungi

3/Penyerbukan Silang (Alogami)

Penyerbukan silang / alogami adalah proses menempelnya serbuk sari dari sebuah bunga pada kepala putik bunga lain yang dimiliki pada tumbuhan lain yang sejenis. Penyerbukan ini sering disebut dengan istilah persilangan.

Keuntungan Yang Diperoleh

  1. Penyerbukan silang memiliki manfaat untuk menghasilkan ras tanaman baru karena akan memperkenalkan gen – gen baru ke dalam garis keturunan sebagai hasil dari adanya pembuahan antara gamet yang berbeda secara genetik.
  2. Cara ini adalah satu – satunya cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tanaman berkelamin tunggal yang mampu bereproduksi.
  3. Apabila ada karakter resesif dalam garis keturunan maka mereka dihilangkan sebagai hasil rekombinasi genetik.
  4. Penyerbukan silang dapat meningkatkan resistensi keturunan terhadap penyakit dan adanya perubahan terhadap lingkungan.
  5. Benih – benih yang dihasilkan adalah sebagai hasil dari adanya penyerbukan silang baik dalam kekuatan dan vitalitas.

Kerugiannya 

  • Terdapat pemborosan tinggi terhadap serbuk sari yang perlu diproduksi untuk memastikan pembuahan yang terjadi.
  • Ada kemungkinan bahwa kualitas yang baik bisa lenyap dan karakteristik yang tidak diinginkan bisa ditambahkan karena rekombinasi gen.

4/Penyerbukan Bastar

Penyerbukan bastar atau hybridogamy adalah penyerbukan yang terjadi apabila serbuk sari yang jatuh di kepala putik berasal dari bunga pada tanaman lain yang berbeda jenisnya atau sekurang – kurangnya memiliki sifat yang berbeda.

Contohnya adalah serbuk sari dari bunga tanaman jambu batu berdaging merah akan menyerbuki putik dari jambu batu berdaging putih.

****

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang pengertian penyerbukan, macam dan proses pada tumbuhan dan bunga. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.