Pengertian dan Jenis-jenis Zat

Seperti diketahui bahwa di dalam kehidupan kita sehari – hari kerap dikelilingi dan melihat hal – hal berhubungan dengan zat padat, gas, dan zat cair contohnya yaitu seperti gunung / dataran es yang mencair adalah pertanda adanya perubahan wujud dari zat padat menjadi zat cair.

Sedangkan yang dimaksud dengan zat dalam hal ini adalah segala bentuk benda yang terdiri atas zat atau beragam materi.

Adapun penyusun benda yang dimaksudkan adalah terdiri dari zat yang berlainan jenis atau wujud tetapi pada umumnya memiliki 2 sifat yang sama terhadap zat bersangkutan adalah masing – masing menempati ruang dan menyimpan massa.

Secara garis besar mendefinisikan zat / materi adalah segala sesuatu yang menempati suatu ruangan yang mempunyai massa.

 

Zat Padat

Zat padat adalah segala hal yang berhubungan dengan materi dan memiliki bentuk dan volume (ruang yang di dalamnya ditempati oleh zat padat, gas atau zat cair).

Zat padat pada umumnya memiliki tekstur mengkilat atau bersifat elastis. Contoh dalam hal ini adalah lilin, kaca, karet, dan plastik.

Partikel – partikel di dalam zat padat tersusun saling berdekatan dan menyatu, sulit untuk dimampatkan dan tidak bisa dikecilkan dengan cara menekannya. Partikel individu di dalam zat padat bergerak tidak terlalu cepat guna mengalahkan gaya tarik – menarik antar partikel.

Ciri zat padat adalah memiliki bentuk dan volume dalam kondisi tetap. Contohnya adalah sebutir kelereng mempunyai bentuk bulat selanjutnya dipindahkan ke dalam gelas akan tetap memiliki bentuk bulat.

BACA:  Ayo Belajar Alat Pernapasan pada Hewan

Begitu juga dengan volume dari zat tersebut. Volume kelereng selalu berjumlah tetap meskipun berpindah – pindah tempat ke dalam gelas.

Ini disebabkan karena adanya daya tarik antar partikel zat padat yang cukup kuat. Secara garis besar zat padat bisa memiliki bentuk kristal seperti gula pasir atau garam dapur atau hal – hal berhubungan dengan amorf (seperti kaca dan batu granit).

Partikel individu di dalam zat padat mempunyai sifat sebagai berikut : memiliki gerakan – gerakan tidak bebas, hanya bergetar saja lalu berputar – putar di tempatnya, susunannya teratur dan letaknya sangat berdekatan.

Zat Gas

Zat gas adalah sejenis zat atau benda yang memiliki volume dan bentuk yang selalu berubah – ubah disesuaikan dengan tempat (wadahnya). Contohnya adalah balon, ban motor, dan ban sepeda, gelas kosong, botol – botol kosong dan lain sebagainya.

Adapun partikel zat gas menyimpan sifat seperti berikut : memiliki gerakan – gerakan bebas bergerak sehingga dengan mudah dapat bergeser dari tempatnya lalu melepaskan diri dari kelompoknya sehingga bisa memenuhi ruangan, susunannya kurang teratur, dan letaknya sangat berjauhan.

Ciri – ciri zat gas adalah mengikuti bentuk – bentuk tempatnya, di dalam ikatan partikel zat padat bersifat sangat lemah, di dalam susunan partikel zat padat letaknya kurang teratur dan saling berjauhan serta mempunyai volume yang berubah – ubah.

BACA:  Siklus Pertumbuhan dan Perkembangan Embrio

Zat Cair

Zat cair adalah memiliki kondisi hampir sama dengan zat padat yaitu menyimpan volume tertentu. Namun zat cair berbentuk menyerupai wadah yang sedang ditempatinya.

Zat cair digambarkan sebagai zalir (fluida) adalah zat yang disekitarnya terdapat molekul – molekul saling bergerak bebas dan masing – masing bersifat melewati sehingga zalir akan menyesuaikan terhadap bentuk wadahnya.

Volume di dalam zat cair adalah tetap namun memiliki bentuk yang berubah – ubah disesuaikan dengan wadah yang ditempatinya.

Bila air dimasukkan ke dalam gelas maka bentuk air ini menyerupai gelas, dan apabila air dimasukkan ke dalam botol maka akan seperti botol. Yang jelas volumenya selalu tetap.

Ini disebabkan adanya partikel – partikel penyusun yang letakknya agak berjauhan satu dengan lainnya. Partikel individu di dalamnya bersifat lebih bebas bergerak karena memiliki ikatan antar partikel yang lemah.

Adapun partikel zat cair mempunyai sifat sebagai berikut : memiliki gerakan – gerakan agak bebas sehingga dapat dengan mudah bergeser dari tempatnya semula namun tidak terlepas dari kelompoknya, susunannya tidak teratur dan letaknya berdekatan.

Sedangkan ciri – ciri zat cair secara umum adalah sebagai berikut : memiliki susunan partikel yang kurang teratur dan renggang, di dalam ikatan antar partikelnya bersifat sangat lemah, mengikuti / menyesuaikan terhadap bentuk wadah, volumenya tetap dan memiliki bentuk yang berubah – ubah.

***

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang pengertian dan jenis dari zat. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.