Pengertian Ilmu Kimia Menurut Para Ahli Secara Umum dan Manfaatnya

PENGERIAN ILMU KIMIA

Ilmu kimia merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam (sains) yang mempelajari tentang sifat, sturktur materi, komposisi materi, perubahan dan energi yang menyertai perubahan materi. Materi merupakan sesuatu yang mempunyai massa dan volum (menempati ruang). Materi atau zat dikelompokkan menjadi zat tunggal (murni) dan campuran, sedangkan zat murni terdiri dari unsur dan senyawa. Unsur merupakan zat murni yang paling sederhana karena tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat yang lebih sederhana, sedangkan senyawa merupakan gabungan dari dua atau lebih unsur yang terbentuk melalui reaksi kimia. Dengan cara-cara tertentu senyawa dapat diuraikan menjadi zat yang lebih sederhana, dan bahkan bisa menjadi unsur-unsur pembentuknya. Misalnya, gula merupakan senyawa yang terdiri dari unsur karbon, unsur hidrogen dan unsur oksigen, jika gula dibakar akan terurai menjadi senyawa yang lebih sederhana, yaitu karbon dioksida dan uap air.

Oleh karena ilmu kimia merupakan bagian dari sains, maka untuk mempelajari ilmu kimia harus menggunakan disiplin dan cara-cara atau meode yang biasa digunakan oleh para saintis (ilmuwan) dalam memperoleh ilmu pengetahuan tersebut. Cara-cara atau metode dalam mempelajari dan mendapatkan ilmu pengetahuan alam (sains) disebut metode imliah. Jadi, untuk mempelajari ilmu kimia harus tunduk pada aturan-aturan dalam metode ilmiah. Didalam menjelaskan suatu gejala alam atau suatu pengetahuan dengan menggunakan metode ilmiah terdapat langkah-langkah yang tertentu, yaitu:

Menemukaan masalah

Mengamati masalah

PELAJARI JUGA:  Hukum-hukum Dasar Kimia

Membuat hipotesis

Melakukan eksperimen

Menarik kesimpulan

Menyusun teori.

Metode ilmiah merupakan landasan dalam penyusunan suatu teori. Suatu teori harus dapat dibuktikan kebenarannya berdasarkan pengamatan (fakta empiris). Apabila bukti empiris tidak sesuai dengan teori yang disusun maka harus dilakukan percobaan ulang dan disusun teori baru yang dapat dimamfaatkan untuk kesejahteraan manusia.

PENGRTIAN ILMU KIMIA MENURUT PARA AHLI

Menurut Para Ahli kimia ada yang mengemukakan pendapat yang berbeda-beda di antaranya sebai berikut.

 Menurut Brady ( 1994 : 3 ), ilmu kimia merupakan ilmu mengenal bahan kimia. Bahan kimia bukanlah zat abstrak yang perlu ditakuti oleh manusia biasa.Bahan ini mencakup benda yang ada di sekitar kita. Selanjutnya ilmu kimia dapat didefinisikan sebagai ilmu murni yang mempelajari bahan-bahan yang ada di alam
semesta, interaksi diantaranya dan perubahan energy yang berhubungan atau disebabkan oleh adanya perubahan-perubahan alam.

Irfan Anshory (2000: 3) ilmu kimia adalah cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari struktur materi, sifat-sifat materi, perubahan suatu materi menjadi materi lain, serta energy yang menyertai perubahan materi.

MANFAAT MEMPELAJARI ILMU KIMIA

Manfaat yang lebih jauh dari belajar ilmu kimia dalah untuk mengubah bahan alam menjadi produk yang lebih berguna untuk memenuhi kebutuhan kita, misalnya pembuatan sabun dari minyak sawit. Dunia modern merupakan dunia dimana manusia menjadi terbiasa dengan kemudahan yang diperoleh dari ilmu kimia. Pikirkanlah tentang sabun, pasta gigi, tekstil, kosmetik, plastic, obat-obatan, pupuk, pestisida, bahan bakar, cat, bumbu masak, dan berbagai jenis makanan olahan. Semua itu merupakan hasil dari penerapan ilmu kimia.

PELAJARI JUGA:  Penambahan Tokoferol ke Dalam Bahan Kemasan Makanan

Hampir dari semua bahan keperluan kita, sedikit-banyak, baik langsung atau tidak langsung, mengalami sentuhan  kimia. Bukan hanya bahan keperluhan sehari-hari, ilmu kimia juga punya andil besar dalam berbagai jenis produk tekhnologi seperti pesawat televise, mesin pendingin,dan pesawat terbang. Material yang digunakan untuk berbagai produk tersebut memerluhkan komposisi dan sifat khusus yang ditemukan oleh para ahli kimia. Sebagai contoh industry mobil, mulai dari logam kerangkanya dan mesinnya, cat, ban, plastic, serta kaca untuk komponen lainnya. Semua itu memerluhkan pengetahuan kimia. Dimasa yang akan dating, dengan jumlah penduduk yang semakin bertambah sementara daya dukung alam yang terbatas, peran ilmu kimia akan semakin penting.

Manfaat lain dari belajar kimia adalah pembentukan sikap. Dalam mempelajari ilmu kimia atau ilmu pengetahuan pada umumnya, kita senantiasa berhadapan dengan masalah dan berusaha memecahkannya secarasistematis. Sering kali masalah dalam ilmu kimia yang sukar. Sebenarnya kerumitan itu akan ,menjadi suatu keuntungan jika disikapi dengan benar. Apabila kita menjadi terbiasa menghadapi masalah, ke,udian memecahkan secara logis dan terencana, maka kebiasaan itu akan membantu kita dalam menghadapi persoalan hidup sehari-hari.

Demikian Pembahasan kali ini mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kta semua.semoga tuhun selalu memberikan yang terbaik untuk para pembaca,Terima Kasih.