Jenis-Jenis Software

Pada jaman sekarang ini, komputer merupakan salah satu barang yang menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang. Karena komputer dapat membantu untuk meringankan tugas sehari-hari, seperti misalnya seperti pekerjaan kantor yang menumpuk, yang biasanya digunakan untuk mengerjakan tugasnya yakni software microsoft excel maupun microsoft word.

Microsoft excel adalah salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menghitung dan mengerjakan pekerjaan maupun tugas yang berhubungan dengan angka.

Sedangkan microsoft word sendiri biasanya digunakan untuk menulis suatu tulisan seperti misalnya untuk menulis surat perjanjian dan juga surat-surat yang lainnya.

Microsoft word dan juga microsoft excel termasuk dalam software office. Software office biasanya digunakan untuk membantu seseorang mengerjakan pekerjaan kantor yang Biasanya berhubungan dengan pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan mengolah kata. Sedangkan software grafis adalah software yang membantu pekerjaan seseorang yang berhubungan dengan gambar. Dan software multimedia merupakan software yang biasanya dipakai untuk mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan multimedia.

PELAJARI JUGA:  Perbedaan MYOB dan ACCURATE Version Five

Software komputer ini ada yang gratis dan juga berbayar. Software komputer ini dapat kita pilih sesuai dengan apa yang nanti kita butuhkan. Berdasarkan lisensi yang kita butuhkan, software ini dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya adalah freeware, shareware, propietary software, open source.

Freeware adalah software yang gratis. Yang biasanya pembuat yang memiliki lisensi menyuruh kita sebagai seorang konsumen untuk mematuhi beberapa peraturan dasar yang telah produsen buat sebelumnya.

Sedangkan software dengan lisensi shareware ini gratis tapi dengan jangka waktu yang dibuat oleh pembuat maupun produsennya. Biasanya shareware ini dibuat sebagai sarana promosi, setelah jangka waktu habis maka konsumen harus membayar sesuai dengan harga yang ditentukan.

PELAJARI JUGA:  Perbedaan MYOB dan ACCURATE Version Five

Propietary software adalah software yang berbayar sesuai dengan yang telah pembuat maupun produsen software itu tentukan dan biasanya jenis software yang ditujukan untuk profesional.

Dan yang terakhir open source adalah software komputer yang dapat diperoleh secara gratis maupun tidak berbayar kemudian konsumen juga dapat menambahkan fitur seperti apa yang kita inginkan. Kemudian kita dapat menyebarkan maupun menshare software yang telah kita edit tersebut.

Nah, demikianlah informasi tentang software. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.