Dampak Positif dan Negatif dari Televisi dan Handpone

Apakah anda menyadari dan sudah mengetahui bahwa kebanyakan anak – anak zaman sekarang mudah sekali merasa penasaran lalu mereka akan mencontoh apa – apa saja yang dilihat.

Ini adalah salah satu pengaruh adanya penemuan teknologi yang serba modern dan super canggih saat ini pastilah memiliki beberapa dampak positif dan negatif.

Seperti dampak positif dan negatif yang dimunculkan dari terlalu sering menonton televisi dan menggunakan handphone.

Dampak Positif dan Negatif dari Keseringan Menonton Acara TV

Seperti diketahui bahwa televisi sejak zaman dulu dikenal sebagai media sarana hiburan yang dapat membantu warga masyarakat dalam menyumbangkan hal – hal yang bersifat positif dan negatif bagi kehidupan sehari – harinya.

 

Meskipun demikian anda tetap harus mewaspadai bahwa terlalu sering menonton TV justru akan memunculkan pengaruh buruk terutama terhadap anak – anak dan kelompok remaja. Televisi saat ini bukanlah hal asing bagi anda.

Dampak Positif dari Televisi

  • Pada umumnya dalam hal penyajian berita televisi selalu bersifat up to date yang akan menyuguhkan berita – berita terbaru secara langsung dari lokasi kejadian. Ini akan membantu anda mendapatkan banyak informasi yang dapat menyumbangkan wawasan luas secara cepat dan mudah.
  • Banyak chanel TV menyuguhkan acara – acara yang erat hubungannya dengan dunia pendidikan. Tentu saja ini sangat bermanfaat bagi para pelajar. Kelompok pelajar bisa memperoleh segudang manfaat berupa informasi – informasi pendidikan terbaru dari acara TV bersangkutan. Ini menjadi pengaruh positif yang membantu menyegarkan otak dengan menonton beragam tayangan yang bersifat menghibur dari beberapa stasiun atau chanel TV.
  • Mulai dari acara kuis, sinetron, film atau hiburan – hiburan yang lainnya banyak menampilkan tokoh – tokoh yang berpengaruh dalam dunia pendidikan, dunia usaha, hiburan atau lain – lainnya. Figur – figur yang ditampilkan dalam acara – acara TV dapat memicu anda untuk mencontoh kesuksesan mereka.
BACA:  Pengaruh Positif Teknologi Terhadap Dunia Pendidikan

Dampak Negatif dari Televisi

  1. Pengaruh jelek dari TV yang terbesar adalah menyebabkan anda lupa waktu. Banyak orang terperangkap dalam kondisi ini yaitu bila sudah asyik menonton TV, anda mungkin akan merasa malas untuk melakukan pekerjaan lainnya. Bagi kelompok pelajar, pengaruh negatif TV adalah sangat merugikan karena mereka bisa lupa waktu untuk belajar.
  2. Beberapa stasiun TV menyuguhkan acara – acara yang sifatnya kurang mendidik yang dapat memberikan pengaruh jelek terhadap kondisi kejiwaan seorang anak. Contohnya adalah film – film kekerasan atau berita kriminal adalah beberapa acara yang tidak pantas untuk ditonton oleh anak – anak atau kelompok remaja. Karena anak – anak bisa dengan mudah meniru adegan kekerasan atau sekelompok remaja bisa terpengaruh untuk melakukan tindak kriminal yang mereka contoh dari salah satu acara di TV.
  3. TV berpengaruh buruk terhadap daya konsumtif dalam masyarakat. Melalui TV banyak ditayangkan iklan – iklan yang menyajikan beragam barang atau jasa. Ini bisa memakan korban siapa saja yang menonton baik itu terhadap orang dewasa maupun anak – anak menjadi konsumtif.

Dampak Positif dan Negatif dari Penggunaan Handpone

Penggunan handphone atau telepon seluler, atau kadang disebut juga telepon pintar (smartphone) menimbulkan dampak positif dan juga dampak negatif. Berikut adalah penjelasan masing-masing dari dampak tersebut:

BACA:  Pengertian dan Perbedaan Antara Cell Absolut dan Cell Relatif

Dampak Positif Handphone

Dampak positif yang disumbangkan dengan anda memakai handphone adalah sebagai berikut :

  • Fitur – fitur yang disediakan seperti alarm dapat membantu anda untuk bisa bangun dengan tepat waktu.
  • Dapat memperluas jaringan persahabatan.
  • Dapat menambah pengetahuan tentang adanya perkembangan teknologi.
  • Mempermudah komunikasi yang terjadi.

Dampak Negatif Handphone

Dampak negatif yang anda peroleh dari terlalu ketergantungan dengan main handphone adalah sebagai berikut :

  • Handphone bisa dimanfaatkan untuk bermain game. Namun jika ini dilakukan ketika guru sedang menjelaskan salah satu mata pelajaran maka merupakan pengaruh buruk terhadap pelajar yang bersangkutan karena mudah untuk mengalihkan perhatian peserta didik terhadap pelajaran yang sedang dijelaskan oleh guru.
  • Fitur – fitur tertentu seperti kamera, games, gambar – gambar dan fasilitas yang lain sangat mudah mengalihkan perhatian seorang siswa dalam menangkap pelajaran di sekolah sehingga mengganggu perkembangan belajar siswa tersebut.
  • Siswa menjadi tidak disiplin dengan mudah disibukkan dengan menerima panggilan, menjawab sms, atau miscall dari teman – teman atau salah satu anggota keluarga mereka.
  • Handphone bisa digunakan untuk melakukan kecurangan – kecurangan dalam ulangan.
  • Memiliki efek radiasi.
  • Pemborosan sia – sia.
  • Rawan dari tindak kejahatan seperti tidak jarang pelajar yang menggunakan handphone merupakan salah satu sasaran empuk dari para penjahat.
  • Berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku dari siswa bersangkutan jika mereka tidak ada kontrol dari guru atau orang tua.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang dampak positif dan negatif dari TV dan HP yang kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.