Ciri Khusus pada Tumbuhan

Posted on

Tidak hanya hewan, ternyata tumbuhan juga memiliki ciri khusus untuk mempertahankan hidupnya. Apakah kamu pernah mengamati tumbuhan teratai? Mengapa tumbuhan teratai bisa tumbuh di air dan tidak tenggelam? Apakah kamu mengetahuinya? Tumbuhan tertatai tersebut tentu saja memiliki ciri khusus dan keunikan sehingga dapat mengapung di air dan tetap bisa berbunga besar. Nah, mau tahu lebih lanjut, ayo simak pembahasan berikut ini mengenai ciri khusus dari tumbuhan.

Tumbuhan teratai

Tumbuhan teratai dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik meskipun hidupnya berbeda dengan tanaman lainnya. Tumbuhan tersebut dapat bertahan hidup di atas air karena memiliki ciri khusus tertentu yang tidak dimiliki oleh tumbuhan lainnya. Ciri khusus dari tumbuhan tersebut ialah memiliki daun tipis dan lebar. Hal tersebut tentu saja akan sangat membantu untuk membuat tumbuhan tersebut bisa mengapung di air.

PELAJARI:  Kingdom Monera dan Protista Serta Contohnya

Kaktus

Mengapa tanaman kaktus berduri? Kaktu merupakan salah satu tanaman yang asli dari gurun pasir. Perlu kamu ketahui bahwa tanaman tersebut mampu menyimpan air untuk persiapan di musim kemarau. Cara bertahan hidup tanaman ini memang sangat unik, tanaman tersebut memiliki akar yang bisa menyebar di daerah ynag luas hingga di bawah permukaan tanah.

Kegunaan dari akar tersebut ialah mencari sumber air, apabila ada air maka bisa langsung dibawa ke batang tanaman untuk disimpan. Sedangkan bila musim hujan datang maka kaktus akan banyak menyerap air dan akan di simpan hingga musim hujan berikutnya.

Kantong semar

Pernahkah kamu melihat kantong semar? Tumbuhan ini tergolong unik karena memakan serangga. Nah, untuk mendapatkan makanannya yang berupa serangga, tumbuhan tersebut memiliki kantong yang berisi cairan nektar. Cairan tersebut berasa manis sehingga dapat menarik serangga.

PELAJARI:  Pengertian Fertilisasi (pembuahan) Serta Contohnya

Kantong semar ini memiliki bibir kantong yang licin sehingga serangga dapat jatuh dan terpeleset. Kemudian serangga akan dihancurkan dengan cairan kantong semar dan daun akan menyerap zat-zat makanan yyang ada pada serangga tersebut.