Pendapat Prof. Miriam Budiardjo Tentang Politik

Siapa yang tidak kenal dengan Prof. Miriam Budiardjo. Seorang pakar ilmu politik Indonesia sekaligus mantan anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia. Pandangan beliau tetang politik yaitu segala kegiatan dalam suatu system politik atau Negara yang menyangkut proses menentukan tujuan-tujuan system itu dan melaksanakan tujuan-tujuan itu.

Pengambilan keputusan mengenai apakah yang menjadi tujuan dari system politik itu menyangkut seleksi antara beberapa alternative dan penyusunan skala prioritas dari tujuan-tujuan yang telah dipilih itu.

Untuk melaksanakan tujuan-tujuan itu tentu diperlukan kebijakan-kebijakan umum yang menyangkut pengaturan dan atau alokasi dari sumber-sumber resources yang ada. Untuk melaksanakan kebijakan-kebijakan itu, perlu dimiliki kekuasaan dan kewenangan, yang akan dipakai baik untuk membina kerja sama maupun untuk menyelesaikan konflik yang mungkin timbul dalam proses ini.

PELAJARI JUGA:  Membedakan Antara Konstitusi Fleksibel (Luwes) dan Rigid (Kaku)

Cara-cara yang dipakainya dapat bersifat paksaan. Tanpa unsure paksaan kebijakan ini hanya merupakan perumusan keinginan belaka. Politik selalu menyangkut tujuan-tujuan dari seluruh masyarakat, bukan tujuan pribadi seorang.

Selain itu politik menyangkut kegiatan berbagai kelompok termasuk partai politik dan kegiatan individu.