Apa yang dimaksud dengan Ideologi?

Ideologi adalah ide dan konsep yang memberi arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup dan dapat digunakan sebagai pemecahan masalah kehiduan serta dapat dioperasionalkan secara langsung dalam kehidupan. Hal ini karena ideologi bukanlah filsafat yang hanya sekedar pemikiran teoritis seperti filsafat. Ideologi juga harus memiliki dua syarat yaitu sebagai ide keyakinan dasar pemikiran menyeluruh dan penyelasian masalah hidup. Ideologi harus khas dan disebarluaskan keluar wilayah lahirnya ideologi, karena apabila tidak maka suatu konsep itu hanya bisa disebut paham, bukan ideologi.

Istilah ideologi pertama kali digunakan oleh seorang filsuf Perancis bernama Destutt De Tracy pada tahun 1796 sebagai kata untuk menunjuk suatu analisis ilmiah dari berpikir manusia yang terlepas dari ide sains. Kajian mengenaiideologi sendiri lahir pada abad 19 yang disebut abad ideologi. Dalam pandang Marxisme, ideologi adalah sebagai serangkaian ide yang dikemukakan oleh kelas masyarakat
yang dominan kepada seluruh anggota masyarakat yang sangat erat dengan kekuasaan
yang terpusat pada negara atau masyarakat politik berhadaphadapan dengan masyarakat sipil. Antonio mendukung pandangan ini, menurutnya ideologi dominan tidak hanya dimenangkan melalui revolus atau instuisi kekerasan negara tapi juga instuisi lain seperti agama, pendidikan, media massa, ormas, dan keluarga.

PELAJARI JUGA:  Pengertian Serta Contoh Chauvinisme

Ideologi meliputi banyak hal seperti ekonomi, kelas, kekuassaan, da sesuatu yang berlawanan dengan kebenaran seati. Karena itulah ideologi tidak hanya dominan dalam halpolitik namun juga bidang ilmu lain yang menghasilkan aksisosial. Jadi benarlah sebuah pernyaaan seorang tokoh bahwa cukuplah dengan menguasai pikiran masyarakat luas untuk menguasai dunia.