Kondisi Fisik dan Penduduk Wilayah Indonesia

Posted on

Negara indonesia merupakan salah satu negara yang luas yang memiliki banyak pulang yang besar maupun yang kecil, terbentang dari sabang sampai dengan merauke. Indonesia adalah negara yang majemuk yang memiliki banyak suku dan banyak bahasa.

Letak geografis indonesia juga sangat strategis yakni terletak di antara dua samudera dan juga dua banua, dua samudera yakni antara samudera hindia dan juga samudera pasifik dan dua benua yakni diapit oleh benua asia dan juga benua australia.

Dan indonesia juga terletak di antara dua jalur pegunungan lipatan muda yakni berada diantara lipatan muda sirkum pasifik dan juga lipatan muda sirkum mediterania.

Letak geografis sendiri memiliki arti letak suatu daerah maupun area dibandingkan dengan daerah-daerah lain yang ada maupun terdapat di sekitarnya.

PELAJARI:  Dasar Stratifikasi Sosial Masyarakat Feodal Jawa

Selain memiliki letak geografis yang strategis, indonesia juga memiliki letak astronomis yang yang strategis juga. Letak astronomis yakni letak suatu daerah maupun area berdasarkan koordinat garis lintang dan juga garis bujur. Garis lintang sendiri yakni garis khayal yang memanjang dari arah barat ke arah timur sejajar dengan garis khatulistiwa, sedangkan garis bujur sendiri ialah garis khayal yang membujur dari arah utara ke arah selatan.

Letak astronomis indonesia yakni batas paling utara maupun sebelah utara di 6° 08′ LU maupun lintang utara tepat melewati pulau weh maupun pulau paling ujung di indonesia yang terletak di provinsi Aceh. Batas paling selatan yakni 11° 15′ LS maupun lintang selatan tepat melewati pulau rote yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat. Batas sebelah barat 95° 45′ BT maupun bintang timur melewati pulau beureuh yang terletak di provinsi Aceh. Dan batas sebelah timur indonesia yakni 141° 05 BT maupun bujur timur yang melewati sungai fly dan juga sungai merauke di provinsi Papua.

PELAJARI:  Hubungan Sosial Menurut Prosesnya

Bentuk muka bumi maupun relief indonesia dapat dibagi menjadi tiga besar yakni relief indonesia barat, relief indonesia tengah dan juga relief indonesia timur. Sedangkan suku bangsa indonesia berasal dari daratan asia maupun yunan dan suku bangsa tersebut kini dapat kita temui dalam beberapa suku diantaranya adalah suku dayak, suku toraja dan juga suku sasak. Ras melanesoid yang terdiri dari beberapa suku yang terdapat di papua. Indonesia sendiri terdiri dari banyak suku seperti yang telah saya singgung di bagian awal tadi. Indonesia terdiri dari banyak suku yang berjumlah 33 suku yang tersebar di berbagai provinsi dan juga banyak pulau di indonesia.

PELAJARI:  Pengertian Kepulauan Dan Semenanjung

Nah, demikianlah mengenai kondisi fisik dan penduduk wilayah indonesia. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.