Pengertian, Unsur-Unsur dan Struktur Teks Berita

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks berita adalah hal – hal tertentu atau segala sesuatu yang berhubungan dengan kondisi diberitakan.

Cara penyebaran berita ini dibagi menjadi 2 yaitu jenis berita yang disampaikan secara lisan dan jenis berita yang disebarkan secara tertulis.

Berita adalah rangkaian sebuah cerita atau berisikan keterangan tentang kejadian – kejadian atau peristiwa yang sifatnya sedang hangat berisikan kabar – kabar yang berhubungan dengan sebuah pengumuman atau beberapa pemberitahuan.

Pengertian Teks Berita Menurut Para Ahli

1. Mickhel V. Charniey

Yang dimaksud dengan berita dalam hal ini adalah sebuah laporan tercepat yang dibuat berdasarkan terhadap suatu peristiwa atau kejadian – kejadian yang sifatnya faktual, penting dan cukup menarik bagi sebagian para pembaca yang menyangkut kepentingan semua golongan dalam masyarakat.

 

Berita dalam hal ini merupakan sesuatu hal yang bersifat kekinian yang dipilihkan oleh para wartawan untuk disebarkan / dimuat dalam surat kabar agar mampu menarik minat masyarakat untuk membacanya.

2. William S. Maulsby

Menjelaskan makna yang terkandung dalam kata berita adalah sebuah penuturan yang dilakukan secara benar dan tidak memihak kepada siapa pun dari suatu fakta yang memiliki arti penting dan baru saja terjadi, diharapkan mampu menarik perhatian pembaca surat kabar yang di dalamnya memuat tentang hal – hal yang berkaitan tersebut.

3. Eric C. Hepwood

Mengemukakan tentang arti berita adalah sejenis laporan yang pertama kali ditulis terhadap kejadian – kejadian yang dianggap penting yang mampu menarik perhatian umum.

Unsur – Unsur Teks Berita

Yang berhubungan dengan rangkaian dari proses pembelajaran adalah memahami tentang sebuah berita harus terlebih dahulu mengerti mengenai unsur – unsur berita yang terdiri beberapa unsur yang dikenal “5W + 1H” sebagai berikut:

  • Unsur What adalah menggambarkan tentang sebuah berita dikategorikan bagus apabila sudah memenuhi unsur what yaitu yang berisikan pernyataan – pernyataan yang menjawab tentang pertanyaan apa.
  • Unsur Who adalah sebuah berita akan dikategorikan bagus apabila sudah memenuhi unsur who yaitu pernyataan disertai keterangan – keterangan tentang orang – orang yang terlibat di dalam sebuah peristiwa.
  • Unsur When adalah berhubungan dengan sebuah berita yang dikelompokkan ke dalam kategori bagus jika sudah memenuhi unsur when yang menjelaskan tentang waktu kejadian dari peristiwa yang bersangkutan.
  • Unsur Where merupakan hal – hal yang berhubungan dengan sebuah berita dikatakan sudah baik jika mampu memenuhi unsur where yaitu berisikan hal – hal yang berhubungan dengan deskripsi lengkap tentang tempat – tempat kejadian.
  • Unsur Why adalah sebuah berita dalam hal ini dikatakan sebagai berita yang bagus jika sudah memenuhi unsur why adalah disertai penjelasan / alasan dan latar belakang terjadinya peristiwa.
  • Unsur How adalah suatu berita dikelompokkan sebagai sebuah berita bagus apabila telah memenuhi unsur how yaitu bisa menjelaskan tentang rangkaian proses kejadian sebuah peristiwa dan akibat yang dimunculkan. 
BACA:  Mengidentifikasi Ciri Objek dan Isi Teks Deskripsi

Unsur Lainnya Dalam Pembuatan Teks Berita

Selain unsur 5W + 1H di atas, ada juga beberapa unsur lain yang penting diperhatikan dalam pembuatan teks berita, antara lain:

  1. Harus berisi unsur yang bersifat aktual yaitu mengandung unsur – unsur terkini, terhangat, terbaru, baru saja atau sedang terjadi. Pengertian yang terselip di dalamnya adalah merupakan fakta terbaru tentang hal – hal yang ditemukan terhadap sebuah peristiwa lama atau dari suatu peristiwa yang baru – baru saja terjadi.
  2. Berisikan unsur faktual yaitu kejadian yang benar – benar merupakan sebuah kenyataan dan bukan sebagai suatu rekayasa, karangan atau khayalan. Fakta di dalam sebuah berita akan muncul dan dikumpulkan melalui sebuah kejadian yang nyata, pendapat ataupun pernyataan – pernyataan.
  3. Unsur penting adalah terdiri dari 2 hal yang tergantung dari berita – berita yang dinilai penting. Pertama adalah di dalamnya berhubungan dengan tokoh – tokoh yang terlibat secara langsung dalam pemberitaan yaitu tokoh penting atau yang mempunyai kapasitas sudah diakui oleh masyarakat,. Yang kedua adalah tentang materi berita menyangkut hubungannya dengan kepentingan orabg banyak dan saling mempengaruhi terhadap kondisi masyarakat di dalamnya.
  4. Berisikan unsur menarik yaitu bagian yang menimbulkan rasa ingin tahu dan proses ketertarikan dari masyarakat terhadap bagaimana mereka menyimak isi berita yang dimaksudkan. Peristiwa – peristiwa yang menarik akan diminati oleh masyarakat yang umumnya bersifat menghibur, unik dan aneh, mempunyai unsur kedekatan, mengandung nilai – nilai kemanusiaan, mengandung unsur seks, kriminalitas dan konflik.
BACA:  Menulis Teks Eksplanasi Berdasarkan Struktur dan Kebahasaan

Struktur Teks Berita

Dikenal ada beberapa struktur yang berhubungan dengan membangun teks berita. Struktur yang dimaksudkan merupakan struktur yang sifatnya membangun teks sehingga menjadi sebuah kesatuan teks yang utuh.

Adapun struktur teks berita terdiri dari sebagai berikut:

  • Orientasi berita yang berisikan tentang hal – hal mengenai pembuka terhadap sebuah peristiwa yang diberitakan / disebar – luaskan. Pada umumnya terdapat penjelasan – penjelasan singkat tentang berita bersangkutan.
  • Peristiwa adalah berisikan tentang jalannya suatu kejadian dari awal hingga akhir yang didasari terhadap peristiwa – peristiwa yang terjadi dan secara langsung dijelaskan berdasarkan atas fakta dari sumber utama di lapangan.
  • Sedangkan sumber berita adalah berisikan tentang hal – hal mengenai sumber yang diperoleh berhubungan dengan berita yang dimaksudkan. Pada umumnya berita yang ditambahkan adalah berupa sumber yang dituliskan melalui media cetak seperti koran / surat kabar namun tidak jarang juga melalui media elektronik yang menyertakan sumber berita (di internet).

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang materi tentang pengertian, unsur-unsur dan struktur teks berita. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.