Gangguan Fisiologis Pada Tulang

Posted on

Tulang manusia dapat terkena masalah atau gangguan apabila tidak dirawat atau kekurangan zat tertentu. Tulang manusia juga bisa terkena gangguan fisiologis. Gangguan fisiologis tersebut dapat disebabkan oleh adanya kelainan fungsi vitamin atau hormon. Berikut ini adalah beberapa contoh gangguan fisiologis antara lain seperti rakhitis, mikrosefalus, hidrosefalus, akromegali, dan osteoporosis. Ayo simak pembahasannya berikut ini.

Rakhitis

Rakhitis merupakan suatu penyakit pada tulang yang disebabkan karena kekurangan vitamin D. Fungsi Vitamin D tersebut yaitu untuk membantu proses penimbunan zat kapur pada waktu pembentukan tulang. Apabila tubuh kekurangan vitamin D maka dapat mengakibatkan tulang anggota gerak berbentuk X atau O.

Mikrosefalus

Mikrosefalus  merupakan pertumbuhan tulang tengkorak  terhambat karena  abnormalitas tirosin. Hal tersebut mengakibatkan ukuran kepala menjadi kecil. Sementara, hidrosefalus adalah suatu kelainan yang ditandai dengan adanya pengumpulan abnormal cairan spinal dan terjadi pelebaran rongga otak, hal inimengakibatkan kepala membesar.

PELAJARI:  Nilai-Nilai Keanekaragaman Hayati Khas Indonesia

Akromegali

Akromegali merupakan suatu penyakit yang terjadi pada tulang pipa menebal akibat dari kelebihan somatotropin yang bersifat lokal.

Osteoporosis

Osteoporosis merupakan suatu gangguan karena terjadinya penurunan berat tulang akibat dari osifikasi dan terjadi penghambatan reabsorpsi bahan tulang. Hal ini juga dapat disebabkan oleh adanya kelainan fungsi hormon parahormon.