Kebugaran Jasmani dan Jenisnya

Posted on

Jasmani adalah yang berhubungan dengan badan. Sedangkan rohani adalah yang berhubungan dengan jiwa.

Sedangkan kebugaran jasmani memiliki arti kesanggupan dan juga kemampuan tubuh untuk melakukan penyesuaian maupun adaptasi terhadap pembebasan fisik yang diberikan kepadanya ataupun dari kerja maupun aktifitas yang dilakukan sehari-hari. Dan biasanya tanpa menimbulkan suatu kelelahan maupun capek yang berlebihan.

Latihan dalam kebugaran jasmani memiliki beberapa manfaat ataupun memegang peranan penting untuk mempertahankan ataupun meningkatkan derajat kebugaran jasmani ataupun suatu physical fitness.

Derajat suatu kebugaran jasmani sangat mempengaruhi kemampuan fisik seseorang dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari. Semakin tinggi derajat kesehatan maupun kebugaran jasmani seseorang, maka semakin tinggi pula kemampuan fisiknya dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari. Dengan kata lain maka hasil kerjanya pun menjadi kian produktif jikalau kebugaran maupun kesehatan jasmaninya semakin meningkat.

PELAJARI:  Sikap Awalan Guling Depan

Sedangkan bentuk-bentuk latihan kebugaran jasmani biasanya berupa latihan kekuatan, latihan kecepatan, latihan daya tahan, latihan kelincahan, latihan daya ledak maupun kekuatan dan juga latihan kelentukan.

Pada latihan kekuatan ini adalah latihan untuk kemampuan otot untuk melakukan kontraksi guna meningkatkan ketegangan terhadap suatu ketahanan tubuh maupun ketahanan fisik seseorang. Komponen otot sendiri merupakan komponen yang sangat penting guna meningkatkan kondisi fisik secara keseluruhan.

Sedangkan latihan kecepatan adalah kemampuan untuk menempuh suatu jarak dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Latihan meningkatkan daya tahan adalah latihan untuk melakukan kerja maupun aktifitas dalam waktu yang relatif lama. Istilah lain yang sering digunakan adalah respiratio-cardio-vaskular endurance, ataupun bahasa lainnya yakni daya tahan yang berhubungan dengan pernafasan, jantung dan juga peredaran darah.

PELAJARI:  Senam Ritmik

Dan kelentukan adalah keleluasaan ataupun kemudahan gerak, terutama pada otot-otot persendian. Latihan kelentukan ini bertujuan agar sendi-sendi tidak kaku dan dapat bergerak leluasa tanpa adanya gangguan yang berarti.

Latihan untuk meningkatkan kelincahan adalah latihan untuk dapat mengubah arah dengan cepat dan juga tepat pada waktu bergerak tanpa kehilangan keseimbangan.

Nah, demikianlah sedikit informasi tentang kebugaran jasmani. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.