Cara Menulis Puisi yang Baik dan Indah untuk Pemula

Menulis puisi terkadang bukanlah hal yang mudah. Seperti menulis cerpen, menulis puisi berkaitan erat dengan kreatifitas, imajinasi serta emosi dalam mengolah kata untuk menghasilkan puisi yang indah.

Bagi beberapa orang yang hobi menulis, menulis puisi mungkin tidak terlalu sulit. Akan tetapi, berbeda dengan bentuk tulisan lainnya, puisi membutuhkan kemampuan khusus untuk menyampaikan makna dalam btnuk tulisan yang cukup singkat.

Kemampuan menulis puisi yang baik dan indah memang dapat diasah dengan latihan menulis yang rutin. Akan tetapi, selain latihan yang sering, menulis puisi yang baik dan indah dapat dilakukan melalui beberapa cara sebagai berikut.

1. Memilih Tema yang Disukai

Memilih tema puisi tidaklah mudah, oleh karena itu, sebaiknya pilih tema yang memang kita sukai.

Tema puisi dapat berupa keindahan alam, cinta, keadaan politik, keluarga, impian, dan lain sebagainya.

Memilih tema yang kita sukai akan memudahkan kita dalam memilih kata-kata dan merangkainya. Apalagi jika tema tersebut memang berkaitan dengan kehidupan kita.

2. Memilih Suasana yang Tepat

Tak jarang suasana yang sedang kita alami dapat membantu mengembngkan inspirasi untuk menulis puisi.

Saat sedang bahagia atau pun sedih, lampiaskan suasana hati dalam bentuk puisi. Dengan suasana yang mendukung, puisi yang kita tulis akan lebih bermakna.

PELAJARI JUGA:  Klasifikasi Tumbuhan

3. Kreatif dalam Memilih Kata

Cara ke-3 yang dapat dilakukan untuk menulis puisi yang indah dan baik adalah dengan berlatih mengembangkan kreatifitas dalam memilih kata-kata dalam puisi.

Belajar mengenal dan memahami kosakata dapat membuat puisi yang kita tulis lebih indah dan apik.

Misalnya, kita dapat mengganti kata “bahagia” dengan kata lain seperti “berbunga-bunga”, “riang hati” dan lain sebagainya.

Begitu juga kata-kata yang lebih umum lainnya, dapat kita ganti dengan kata-kata yang lebih puitis.

4. Mencari Inspirasi

Inspirasi dalam menulis puisi dapat ditemukan dimana pun dan kapan pun.

Inspirasi juga dapat kita cari, seperti dengan mendengarkan lagu, menonton film, mendengar cerita dari sahabat, novel atau buku yang kita baca, dan lain sebagainya.

Dengan mendengarkan musik misalnya, inspirasi dapat tercipta dari perasaan kita terhadap lagu tersebut. Cerita dan kisah dari sahabat atau keluarga juga dapat menjadi inspirasi dalam membuat puisi.

5. Membaca dan Mendengar Puisi yang Kita Tulis

Ketika kita telah menulis puisi, cobalah untuk membaca dan mendengarkan puisi tersebut. Kita dapat merekam suara saat kita membaca dan mendengarkan karya kita sendiri.

PELAJARI JUGA:  Inilah Persebaran Tumbuhan yang Perlu Kamu Ketahui

Cara ini dapat memberi masukan yang berharga bagi kita untuk memperbaiki puisi yang telah kita buat, misalnya mengganti beberapa kata agar terdengar lebih indah saat dibaca, maupun agar makna yang kita ingin sampaikan dapat benar-benar tersampaikan.

6. Bagikan Puisi Anda ke Orang Lain

Selain cara ke-5 di atas, kita juga dapat membagikan puisi kita ke orang lain, untuk mendapat masukan dan kritik yang membangun.

Bagikan karya Anda kepada teman maupun keluarga agar mereka membacanya dan dapat memberi komentar kembali.

Memang tidak mudah menerima kritik terhadap hasil karya yang kita buat, akan tetapi cari ini dapat membuat kita semakin terlatih untuk menulis puisi dengan lebih baik dan lebih indah.