Mengenali Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

Posted on

Teks eksposisi salah satu diantara bentuk tulisan atau karangan yang isinya berusaha untuk menjelaskan dan menguraikan suatu pokok pikiran yang dapat memperluas pandangan atau pengetahuan seseorang yang membaca uraian tersebut dengan gaya penulisan yang singkat, padat serta jelas.

Struktur Teks Eksposisi

Teks eksposisi juga mempunyai struktur tersendiri yang terdiri dari tesis atau pernyataan pendapat, argumentasi dan penegasan ulang. Jika sebuah teks tidak mempunyai 3 struktur tersebut maka teks tersebut tidak bisa dikatakan sebagai teks eksposisi.

1. Pernyataan Pendapat (Tesis)
Pernyataan pendapat atau biasa yang disebut tesis adalah sebuah pendapat atau informasi yang ditulis oleh penulis dan ditujukan untuk pembaca. Pernyataan pendapat bisa juga dikategorikan sebagia pembuka teks eksposisi.

2, Argumentasi
Bagian argumentasi berisi argumen-argumen yang bisa memperkuat atau mendukung pernyataan pendapat sang penulis. Biasanya adalah bukti pendorong dari tesis dan dikategorikan sebagai isi dari sebuah teks eksposisi.

3. Penegasan Ulang
Setelah argumentasi, ada yang namanya penegasan ulang. Penegasan ulang adalah sebuah paragraf penutup teks eksposisi yang kembali menjelaskan atau mempertegas pendapat sang penulis.

Selain itu, teks eksposisi juga mempunyai sebuah unsur kebahasaan yang menjadikan teks eksposisi mempunyai ciri khas dibanding teks yang lain. Kamu bisa membaca artikel Pengertian, Struktur, Unsur Kebahasaan dan Contoh Teks Eksposisi untuk lebih mengetahui informasi seputar teks eksposisi secara lengkap.

PELAJARI:  Melaporkan Kegiatan Membaca Buku

Jenis-Jenis Teks Ekposisi

Tetapi, pada artikel teks eksposisi sebelumnya Pintar Sekolah masih belum memberitahu tentang jenis-jenis atau macam-macam dari teks eksposisi. Oleh karena itu, pada artikel ini Pintar Sekolah akan memberi tahu jenis-jenis teks eksposisi.

1. Teks eksposisi perbandingan Teks eksposisi perbandingan adalah sebuah teks eksposisi yang mengandung gagasan atau ide-ide utama yang membandingkan suatu hal dengan hal yang lainnya.

2. Teks eksposisi pertentangan Teks eksposisi pertentangan adalah sebuah teks eksposisi yang mengandung gagasan atau ide-ide utama yang mengemukakan suatu hal yang bertentangan dengan hal lainnya.

3. Teks eksposisi ilustrasi Teks eksposisi ilustrasi adalah sebuah teks eksposisi yang gagasan atau ide-ide utamanya disampaikan melalui penggambaran-penggambaran guna memperjelas suatu hal atau peristiwa.

4. Teks eksposisi laporan Teks eksposisi laporan adalah sebuah teks eksposisi yang gagasan atau ide-ide utamanya berdasarkan atas suatu penelitian terhadap sesuatu dan berguna untuk melaporkan sesuatu.

PELAJARI:  Konjungsi: Pengertian, Macam-macam, dan Contohnya

5. Teks eksposisi proses Teks eksposisi proses adalah teks eksposisi yang berisi suatu tahapan-tahapan melakukan sesuatu dan tersusun secara rapi.

6. Teks eksposisi definisi Teks eksposisi definisi adalah teks eksposisi yang berisi suatu definisi-definisi atau pengertian tentang suatu hal.

7. Teks eksposisi klasifikasi. Teks eksposisi klasifikasi adalah teks eksposisi yang berisi suatu hal yang dikelompokkan.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Tesis: Kebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu faktor terpenting untuk menciptakan kenyamanan, baik di lingkungan rumah maupun di lingkungan sekitar. Setiap sekolah selalu mengajarkan anak didiknya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Bahkan, kebersihan sekolah banyak dilombakan untuk menarik minat sekolah agar mereka peduli kebersihan. Cara untuk menjaga kebersihan sekolah, di antaranya membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas, dan lain-lain.

Argumentasi: Pembagian piket kelas menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Petugas piket biasanya melakukan tugas membersihkan ruang kelas. Seperti menyapu kelas, menghapus papan tulis, dan menyiapkan spidol atau kapur tulis. Selain itu, setiap hari jumat selalu digunakan untuk melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. Banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan “Jum’at Bersih. Selain lingkungan sekolah bersih, hubungan murid dan guru juga bisa semakin akrab dengan adanya kerja sama.

PELAJARI:  Menyajikan Peta Konsep dalam Isi Buku Fiksi/Nonfiksi

Penegasan Ulang: Kebersihan lingkungan sekolah adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan merupakan faktor yang sangat penting dalam meraih keberhasilan proses belajar mengajar. Kebersihan lingkungan sekolah akan lebih menjamin kebersihan seseorang dan menyehatkan. Kebersihan tidak sama dengan kemewahan, kebersihan adalah usaha manusia agar lingkungan sekolah tetap sehat terawat secara berkesinambungan.