Senyawa Kimia Organik dan Hasil Produknya

Materi mengenai kimia organik sangat erat kaitannya dengan ilmu farmasi maupun ilmu yang membahas tentang obat-obatan kimia. Tapi sebenarnya apa yang dimaksud maupun disebut dengan kimia organik itu?

kimia organik adalah kimia yang berasal dari senyawa yang biasanya memiliki unsur C maupun unsur karbon di dalamnya.

Kimia organik merupakan salah satu cabang dari berbagai cabang ilmu kimia. Diantaranya adalah bidang kimia anorganik ataupun kimia non organik, bidang kimia fisik, bidang kimia analisis, bidang kimia bioanorganik, bidang kimia polimer, bidang kimia material dan bidang kimia bio kimia fisik.

Kimia organik terbagi menjadi satu cabang ilmu kimia karena adanya alasan sejarah di dalamnya. Pada awalnya, kimia organik ditujukan untuk senyawa di dalam mahluk hidup. Biasa juga disebut dengan senyawa organik. Namun sebaliknya untuk senyawa yang berasal dari benda mati disebut dengan senyawa anorganik. Nah, dari situlah maka dapat disimpulkan kimia organik adalah ilmu yang mempelajari senyawa yang mengandung karbon dan banyak ditemukan pada mahluk hidup.

PELAJARI JUGA:  Penjelasan Singkat Mengapa Air Kurang Baik untuk Termometer

Memang terlihat aneh dan juga janggal jika suatu cabang dari keilmuan yang hanya mempelajari satu unsur saja dalam suatu tabel periodik, padahal sebenarnya terdapat seratus unsur di dalam tabel periodik tersebut.

Dan dalam kenyataannya terdapat banyak sekali senyawa organik dibanding dengan senyawa yang lainnya. Kimia organik banyak sekali mempengaruhi tubuh kita. Dan oleh karena alasan tersebut sangatlah bagi kita untuk mengetahui mengenai kimia organik ini.

Banyak hal maupun benda ataupun produk di sekeliling kita yang terdiri dari beberapa molekul organik seperti misalnya adalah pakaian, makanan, obat, minyak dan juga sabun. Seperti misalnya yang terdiri dari kain yakni kapas, wol dan sutra tersedia di alam namun bisa maupun dapat diisolasi secara langsung dari sumber di alam. Contoh bahan kain yang lainnya adalah seperti misalnya nylon, polyster dan juga sintetik. Semua bahan tersebut dibuat oleh para ahli kimia dan bahan-bahan tersebut yang akhirnya diolah akan mempengaruhi kehidupan disekitar kita.

PELAJARI JUGA:  Pengertian dan Manfaat Bakteri Rhizobium leguminosarum

Hasil dari kimia organik tersebut Juga membuat beberapa barang menjadi lebih terjangkau dan menjadi lebih murah. Jika suatu barang dulunya hanya bisa dinikmati oleh orang kaya saja maka sekarang dapat dinikmati oleh banyak kalangan. Selain itu penemukan mengenai kimia organik dalam bidang obat-obatan juga dapat memperpanjang usia manusia, yang awalnya pada tahun 1970 rata-rata usianya hanya 50 tahun menjadi 70 tahun pada masa sekarang.

Nah, demikianlah sedikit informasi mengenai senyawa organik. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.