Melengkapi Gagasan Pokok dengan Gagasan Penjelas

Posted on

Setelah memahami isi teks laporan hasil observasi. Sekarang kamu akan ditugaskan untuk menentukan gagasan ke dalam laporan hasil observasi. Seperti yang diketahui bahwa setiap paragraf memiliki gagasan pokok. Jadi, untuk mengembangkan sebuah teks dimulai dengan menentukan gagasan-gagasan pokok pada paragraf. Setiap gagasan pokok dapat dikembangkan menjadi sebuah paragraf yang utuh.

Gagasan Pokok dan Gagasan Penjelas

Gagasan pokok adalah pokok masalah yang mendasari cerita yang bersifat abstrak/implisit atau kata-kata kunci yang terdapat dalam kalimat utama. Gagasan pokok merupakan gagasan yang menjiwai paragraf. Kamu bisa mendapatkannya dengan menjawab pertanyaan “ paragraf tersebut membahas mengenai apa?”

Gagasan penjelas adalah gagasan yang fungsinya menjelaskan gagasan utama. Gagasan penjelas biasanya dinyatakan lebih dari satu kalimat. Ciri Gagasan Penjelas, kalimat-kalimat yang terdapat dalam suatu paragraf berisi penjelasan dari topik utama yang dibahas di paragraf gagasan utama.

Contoh gagasan pokok

  • Merpati sering disamakan dengan dara karena termasuk dalam ordo yang sama.

Pengembangan gagasan

  • Merpati dan dara termasuk dalam famili Columbidae dari ordo Columbiformes, yang mencakup sekitar 300 spesies burung kerabat pekicau.
  • Dalam percakapan umum, kata “dara” dan “merpati” dapat saling menggantikan dalam praktik ornitologi, terdapat suatu kecenderungan “dara” digunakan untuk spesies yang lebih kecil, sedangkan “merpati” untuk spesies yang lebih besar namun, hal tersebut tidak diterapkan secara konsisten.

Apabila dilihat dari letak gagasan pokoknya, sebuah paragraf dibedakan menjadi empat kelompok yaitu (a) deduksi, (b) induksi, (c) campuran, (d) naratif dan deskriptif.

Pada pelajaran kali ini, kamu hanya akan mempelajari tentang paragraf deduksi dan induksi. Paragraf deduksi adalah paragraf gagasan utamanya di awal paragraf; sedangkan paragraf induksi adalah paragraf yang letak gagasan utamanya ada di akhir paragraf.

PELAJARI:  Mengembangkan Teks Prosedur dengan Memperhatikan Struktur dan Kaidahnya

Tugas
Marilah berlatih mengembangkan paragraf

Gagasan Utama
Merpati dan dara adalah burung yang berbadan gempal dengan leher pendek, paruh ramping pendek, dan cere berair.

Gagasan Penjelas
Gagasan penjelas dari kata-kata tersebut adalah:
Merpati dan dara adalah hewan terbang yang biasanya membangun sarangnya diatas pohon, dibirai dan juga ditanah dari ranting-ranting dan benda-benda sisa lainnya. Selain itu ketika mengerami telur, merpati dan dara biasanya hanya mengerami satu hingga dua telur saja.

Gagasan Utama
Merpati dan dara memiliki spesies yang bermacam.

Gagasan Penjelas
Spesies merpati dan dara meliputi perkutut, merpati Amerika, Dara-kayu Afrika, Dara Namaqua, Merpati berjambul, Merpati-merpati karang, Merpati penumpang, Dara-puyuh, Dara-tanah ekor-panjang, Merpati tanah paruh-tebal, Merpati sempidan, Merpati Sombre, Dara buah, Merpati Wonga, Dara coklat.

Gagasan Utama
Berbagai spesies merpati dan dara dimanfaatkan sebagai burung hias.

Gagasan Penjelas
Hal ini disebabkan karena merpati dan dara memiliki katakteristik yang unik. keunikan Mereka terletak pada sisi Bentuk dan warnanya yang indah. Selain itu, burung merpati dan dara cukup cerdas, memiliki navigasi yang bagus, dan daya Ingat yang kuat. Burung ini memiliki banyak kelebihan, sehingga banyak orang yang berminat untuk memelihara dan memanfaatkan burung merpati dan dara sebagai burung hias.

Kegiatan 2

Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi

Setelah kamu memahami pengembangan gagasan menjadi sebuah paragraf. Di kegiatan 2 ini, buatlah sebuah teks laporan hasil observasi secara individu!Kamu bisa mengkonsultasikan tema yang akan kamu kembangkan dengan guru di kelasmu.

PELAJARI:  Menampilkan Seorang Tokoh dalam Drama yang Dibaca atau yang Ditonton

Ikutilah langkah-langkah berikut.

  1. Tentukan objek yang akan kamu amati!
  2. Susunlah jadwal observasi yang akan kamu lakukan!
  3. Lakukanlah observasi terhadap objek tersebut dengan menyiapkan pertanyaan atau poin-poin pengamatan terlebih dahulu!
  4. Catatlah hasil observasi kamu! Bila memungkinkan ambil foto dan videokan observasimu.
  5. Susunlah teks laporan hasil observasimu dengan memperhatikan ketepatan isi, struktur, dan kaidah kebahasaannya.
  6. Presentasikn teks laporan hasil observasimu di hadapan teman-temanmu.
  7. Berilah tanggapan (kritik dan saran) terhadap teks eksposisi yang disajikan temanmu.
  8. Publikasikan teks laporan hasil observasimu di majalah dinding, majalah sekolah, blog, atau di media cetak.

Tumbuhan Mawar

Mawar dalam Ilmu biologi adalah bunga yang termasuk dalam anggota keluarga Rose. Nama botani dari bunga mawar adalah Rosa. Bunga Mawar adalah spesies bunga abadi yang sangat populer untuk tumbuh di kebun rumah. Sudah terdapat banyak macam dari bunga Mawar yang diperbanyak dan dikembangbiakan untuk mendapatkan warna dan harumnya bunga-bunga Mawar ini.

Bunga Mawar yang indah ini memang memiliki kecenderung mudah untuk dihibridisasi. Tumbuhan Mawar

Pertumbuhan bunga mawar berbentuk seperti semak-semak bunga yang tumbuh tegak, yang jika tumbuh dalam jumlah banyak memberikan kesan yang manis, indah, juga klasik bagi penikmatnya.

Keberadaan bunga Mawar adalah bunga yang paling dikenal. Apa yang melatarbelakangi kepopuleran bunga Mawar ini? Latar belakangnya adalah karena bunga Mawar umumnya ditanam sebagai tanaman hias murni. Bunga Mawar sebagai tanaman hias ini sangat menarik pecinta tumbuhan.

Walaupun begitu, bunga Mawar juga sering ditanam untuk keperluan komersial. Salah satu penanaman bunga Mawar yang ditanam untuk keperluan komersial adalah bunga Mawar yang ditanam untuk menjadi bibit parfum. Kebanyakan bunga Mawar mekar dengan tampilan bunga berwarna-warna indah, misalnya berwarna merah tua, pink, ataupun putih.

PELAJARI:  Pengertian Teks Eksplanasi Struktur Ciri Kaidah dan Contoh Teks Eksplanasi

Tidak jarang juga saat ini bunga Mawar banyak dikembangkan menjadi warna-warna lain.
Bunga Mawar juga populer dengan keunikan pertumbuhannya yang dapat menyusut dari tinggi sebelumnya yaitu sekitar 2,00 meter (6,50 kaki). Tanaman ini adalah jenis bunga yang banyak menjadi penarik yang hebat untuk kupu-kupu, lebah dan burung.

Oleh karena itu, bagi anda yang ingin memiliki kebun dengan banyak kupu-kupu, lebah, dan burung maka tanamlah bunga Mawar di pekarangan anda.

Varietas bunga Mawar yang populer dikalangan pecinta bunga-bungaan adalah bunga Mawar jenis Knock Out, Kordana Series, Iceberg, Mister Lincoln dan Double Knock Out.

Bunga Mawar tersebut cenderung membutuhkan perawatan dalam tingkat yang normal atau sedang, sehingga Anda pun perlu memastikan bahwa Anda memiliki kebutuhan tanah, matahari, pH, dan air yang cukup untuk tanaman ini. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan Anda memiliki tanaman yang sehat dan juga kuat.