Keanekaragaman Kenampakan Alam Daratan

Posted on

Kenampakan alam adalah berbagai bentukan muka bumi yang dapat terjadi secara alamiah. Kenampakan alam tersebut dapat digolongkan menjadi 2 yaitu kenampakan alam berupa daratan dan kenampakan alam berupa perairan. Apa saja kenampakan alam yang ada di daratan? Apakah kamu mengetahuinya? Ayo simak pembahasan berikut ini. Daratan adalah tempat di mana manusia dapat berpijak. Bentuk daratan bermacam-macam antara lain seperti gunung, pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai.

Gunung

Gunung dapat digolongkan menjadi 2 macam, yaitu gunung berapi dan gunung tidak berapi. Gunung berapi dapat menghasilkan barang-barang tambang misalnya seperti, batu, pasir, belerang, dan sumber air panas. Sedangkan, gunung yang tidak berapi dapat dimanfaatkan sebagai lahan untuk kegiatan perkebunan, kehutanan, suaka margasatwa, hingga tempat rekreasi. Biasanya terdapat berbagai jenis pohon yang tumbuh dari daerah gunung tidak berapi.

PELAJARI:  Hubungan Aborsi dengan Perspektif Hukum

Pegunungan

Pegunungan merupakan suatu bagian dari dataran yang bergunung-gunung. Tinggi pegunungan umumnya lebih dari 700 meter di atas permukaan laut. Biasanya, daerah pegunungan memiliki hawa yang sejuk. Daerah pegunungan dapat dimanfaatkan untuk tempat rekreasi, peristirahatan, dan pertanian. Pertanian holtikultura dapat dikembangkan di daerah pegunungan. Pertanian hortikultura merupakan pertanian yang mengembangkan berbagai jenis tanaman sayur-sayur dan buah-buahan.

Dataran tinggi

Permukaan dataran tinggi letaknya di atas 200 meter dari permukaan laut. Dataran tinggi dimanfaatkan oleh manusia sebagai tempat peristirahatan dan juga tempat yang cocok untuk menanam berbagai jenis sayuran dan buah-buahan karena hawa yang sejuk.

Dataran rendah

Dataran rendah merupakan wilayah di daratan yang berada pada ketinggian antara 0–200 meter di atas permukaan laut. Umumnya daerah ini terdapat di sekitar pantai. Daerah dataran rendah tersebut dapat dimanfaatkan manusia untuk berbagai kegiatan seperti pertanian, peternakan, perumahan, membangun industri, perkebunan tebu, perkebunan kelapa, dan lain sebagainya.

PELAJARI:  Ketergantungan Manusia, Hewan, dan Tumbuhan

Pantai

Pantai merupakan bagian dari daratan yang langsung berbatasan dengan laut. Indonesia merupakan negara maritim sehinggatentu akan terdapat banyak sekali pantai. Terdapat pantai yang landai maupun pantai yang terjal. Pantai yang landai tersebut dapat menjadi tempat rekreasi dan pariwisata.