Penyelidikan Ilmiah IPA

 

Penyelidikan ilmiah IPA ternyata akan melibatkan beberapa proses yang harus dikuasai, antara lain seperti pengamatan menggunakan panca indera, membuat inferensi, dan mengkomunikasikan. Beberapa keterampilan tersebut akan dibahas pada pembahasan kali ini.

 

Pengamatan

Dalam penyelidikan IPA, salah satu hal yang penting untuk dilakukan ialah pengamatan. Pengamatan dengan menggunakan pancaindra sangat membantu ketika melakukan pengukuran dengan alat ukur yang sesuai. Pengamatan tersebut dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi.

Membuat Inferensi

Selanjutnya dalam penyelidikan ilmiah IPA tentu akan merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan. Penjelasan tersebut dapat dipakai untuk menemukan pola-pola atau hubungan antaraspek yang diamati dan saat membuat perkiraan.

 
PELAJARI JUGA:  Mineral yang dibutuhkan Tubuh Manusia

Mengomunikasikan

Mengomunikasikan hasil dari penyelidikan baik lisan maupun tulisan merupakan salah satu hal yang penting dalampenelitian ilmiah IPA. Beberapa hal yang harus dikomunikasikan adalah seperti data yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik, bagan, dan gambar yang relevan.

Dengan keterampilan tersebut maka dapat mengetahui langkah-langkah mengumpulkan fakta dan menghubungkan fakta-fakta untuk membuat suatu penafsiran atau kesimpulan. Keterampilan tersebut juga dapat diterapkanĀ  dalam kehidupan sehari-hari ataupun dalam mempelajari beberapa hal yang lain.