Kenampakan Buatan di Indonesia

 

Di Indonesia ternyata memiliki banyak kenampakan alam buatan. Apakah di lingkungan kalian terdapat stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, jalan raya, atau pemukiman. Nah itulah beberapa contoh dari kenampakan buatan. Lalu menurut kalian, apa saja kenampakan buatan yang ada di Indonesia?

 
  1. Bendungan atau Waduk

Waduk atau bendungan merupakan suatu bangunan yang memiliki fungsi untuk menahan aliran sungai sehingga air dapat tertahan atau terkumpul. Selain untuk irigasi, ternyata air yang terdapat pada bendungan dapat digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air.

  1. Saluran Irigasi

Saluran irigasi merupakan sungai buatan yang dapat dimanfaatkan  untuk mengaliri areal persawahan dan perkebunan. Sedangkan saluran air merupakan sungai buatan yang dipakai untuk mengatur aliran air sekaligus untuk irigasi. Selain itu juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah banjir, terutama di kota-kota besar.

 
  1. Areal Perkebunan dan Pertanian

Perkebunan merupakan daerah yang biasanya ditanami dengan tanaman yang memiliki ekonomi tinggi. Biasanya, perkebunan terdapat di dataran rendah, dataran tinggi, dan pegunungan. Perkebunan terdiri dari tanaman yang tinggi dan besar sehingga tampak seperti hutan.

  1. Kawasan industri

Industri merupakan suatu kegiatan pengolahan barang mentah menjadi bahan baku, atau bahan baku menjadi bahan jadi. Beberapa kegiatan industri pengolahan barang mentah menjadi bahan baku adalah seperti pabrik tapioka, pabrik benang, pabrik triplek, industri pengolahan bijih besi, dan sebagainya. Sedangkan kegiatan mengolah bahan baku menjadi bahan jadi misalnya seperti pembuatan benang menjadi kain, pembuatan roti dari gandum, dan pembuatan besi menjadi berbagai bentuk kerajinan. Biasanya kawasan industri terdapat berbagai pabrik dan menempati areal yang berdekatan.

  1. Pelabuhan

Pelabuhan merupakan tempat pemberhentian kapal sehingga dapat menaikkan dan menurunkan penumpang atau barang. Pelabuhan oleh manusia secara sengaja untuk perjalanan kapal atau perahu tidak mengalami kesulitan.

  1. Bandar Udara

Bandar udara merupakan tempat pemberhentian dan pemberangkatan pesawat udara. Kegiatan yang biasanya terlihat di bandar udara yaitu terdapat kegiatan menaikkan dan menurunkan barang dan penumpang.

  1. Permukiman

Permukiman merupakan areal yang digunakan untuk tempat tinggal manusia. Biasanya di pemukiman pada penduduk akan terlihat rumah-rumah yang berjejeran dan jaraknya berdekatan.

PELAJARI JUGA:  Besaran Pokok dan Turunan