Pengertian dan Fungsi Sosiologi Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Kali ini kita akan membahas tentang apa itu Sosilogi,padahal secara tidak langsung dan tidak sadar kita telah melakukan hal itu sehari-hari.untuk lebih memahami apa itu sosiologi maka kita akan membahas definisi sosilogi Menurut Para Ahli Sosiologi:

1. Auguste Comte

Sosiologi adalah suatu studi positif tentang hukum-hukum dasar dari berbagai gejala sosial yang dibedakan menjadi sosiologi statis dan sosiologi dinamis.

Istilah ‘sosiologi’ pertama kali digunakan oleh Auguste Comte pada tahun 1839, seorang ahli filsafat kebangsaan Prancis. Auguste Comte adalah orang yang pertama kali menggunakan istilah tersebut sebagai pendukatan khusus untuk mempelajari masyarakat. Selain itu, dia juga memberi sumbangan yang begitu penting terhadap sosiologi. Oleh karena itu para ahli sepakat untuk menyebutnya sebagai ‘Bapak Sosiologi’. Mengapa? Memang harus diakui bahwa Auguste Comte sangat berjasa terhadap ilmu sosiologi.

2. William Kornblum

Sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku sosial anggotanya dan menjadikan masyarakat yang bersangkutan dalam berbagai kelompok dan kondisi.

3. Roucek dan Warren

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antar manusia dalam kelompok.

4. Allan Johnson

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut mempengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat di dalamnya mempengaruhi sistem tersebut.

5. Pitirim A. Sorokin

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari:

Hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial, misalnya antara gejala ekonomi dengan agama, keluarga dengan moral, hukum dengan ekonomi, dsb.

Hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non sosial (misalnya dengan gejala geografis, biologis, dsb).

Ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial.

4.      6. Herbert Spencer

Sosiologi adalah ilmu yang menyelidiki tentang susunan-susunan dan proses kehidupan sosial sebagai suatu keseluruhan atau suatu sistem.

7. Emile Durkheim

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta sosial. Fakta sosial adalah cara bertindak, berpikir, dan mampu melakukan pemaksaan dari luar terhadap individu.

8. J. Gillin

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi yang timbul di dalam masyarakat.

9. Wiliam F. Ogburn dan Mayer F. Nimkoff

Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya yaitu organisasi sosial.

10. P. J. Baouman

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang manusia dan hubungan-hubungan antar golongan manusia.

11. Paul B. Horton

Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan kajian pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.

12. Mr. J. Bierens De Haan

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang masyarakat manusia, baik mengenai hakekat, susunannya, hubungannya, kodrat-kodrat yang menggerakannya, mengenai kesehatan, dan perkembangan masyarakat.

13. Soerjono Soekanto

Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.

14. George Simmel

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan sesama manusia.

PELAJARI JUGA:  Macam - Macam Objek Studi Sosiologi

15. Max Weber

Sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial. Tindakan sosial adalah tindakan yang dilakukan dengan mempertimbangkan dan berorientasi pada perilaku orang lain.

16. Drs. Ary H. Gunawan

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang berusaha memecahkan masalah dengan analisis atau pendekatan sosiologis.

17. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi

Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial.

18. Charles Ellwood

Sosiologi adalah pengetahuan yang menguraikan hubungan manusia dan golongannya, asal kemajuannya, bentuk, dan kewajibannya.

19. J. A. A. Von Dorn dan C. J. Lammers

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.

20. Gustav Ratzenhofer

Sosiologi adalah pengetahuan tentang hubungan manusia dengan kewajibannya untuk menyelidiki dasar dan terjadinya evolusi sosial serta kemakmuran umum bagi anggota-anggotanya.

21. Mayor Polak

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat secara keseluruhan, yaitu hubungan antara manusia satu dengan manusia lain, manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, baik kelompok formal maupun kelompok informal atau baik kelompok statis maupun kelompok dinamis.

22. Koentjaraningrat

Sosiologi adalah suatu proses yaitu proses belajar kebudayaan dalam hubungan dengan sistem sosial.

23. Hassan Shandily

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hidup bersama dalam masyarakat dan menyelidiki ikatan-ikatan antara manusia yang menguasai kehidupan dengan mencoba mengerti sifat dan maksud hidup bersama cara terbentuk dan tumbuh, serta berubahnya perserikatan-perserikatan hidup serta kepercayaan.

24. Anthony Giddens

Sosiologi adalah studi tentang kehidupan sosial manusia, kelompok-kelompok manusia, dan masyarakat.

PENGERTIAN SOSIOLOGI SECARA UMUM

Pengertian sosiologi secara umum adalah hubungan antara makhluk sosial seperti individu dengan individu, kelompok dengan individu maupun kelompok dengan kelompok. Yang menjadi objek pada sosiologi yaitu manusia, karena manusia merupakan mahluk sosial yang selalu berinteraksi dengan sesamanya dan manusia tidak dapat hidup sendiri, jadi dengan kata lain manusia membutuhkan interaksi dengan sesamanya.

FUNGSI SOSIOLOGI

Adapun beberapa fungsi sosiologi diantaranya sebagai berikut ini:

a. Fungsi Sosiologi Di Dalam Perencanaan Sosial

Perencanaan sosial diartikan sebagai upaya untuk mempersiapkan masa depan seorang individu dalam masyarakat. Perencanaan sosial salah satu tujuannya untuk mengatasi berbagai macam kemungkinan munculnya masalah saat terjadi suatu perubahan dalam masyarakat. Jadi perencanaan sosial ini bersifat untuk mengantisipasi atau mencegah dan mempersiapkan jika terjadi sesuatu. Fungsi sosiologi dalam perencanaan sosial diantaranya sebagai berikut ini:

Perencanaan sosial merupakan suatu alat untuk mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat.

Perencanaan digunakan untuk mengantisipasi atau mencegah berbagai masalah yang bisa timbul dalam kehidupan masyarakat.

Perencanaan sosial merupakan suatu alat untuk mengetahui perkembangan masyarakat.

Karena sosiologi membahas hubungan antara individu dengan individu, kelompok dengan kelompok dan kelompok dengan individu, maka suatu perencanaan akan di susun berdasarkan fakta yang ada.

Sosiologi dapat memahami perkembangan suatu masyarakat di berbagai tempat, baik itu di desa maupun di kota, sehingga dengan sosiologi proses menyusun perencanaan sosial dapat dilakukan dengan benar.

PELAJARI JUGA:  Pengertian dan Contoh Imitasi dan Identifikasi

b. Fungsi Sosiologi Di Dalam Penelitian

Penelitian dapat diartikan sebagai upaya atau usaha untuk meningkatkan ilmu pengetahuan atau menemukan ilmu baru. Pada sosiologi penelitian berfungsi untuk memberikan suatu gambaran mengenai kehidupan masyarakat, dan kegiatan penelitiannya selalu membahas gejala-gejala yang terdapat di masyarakat. Dengan dilakukannya penelitian diharapkan akan mendapatkan suatu rencana untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial. Fungsi sosiologi dalam perencanaan sosial diantaranya untuk:

Mempertimbangkan gejala-gejala sosial yang timbul di dalam masyarakat.

Memahami pola-pola tingkah laku manusia dalam masyarakat.

Melihat perubahan-perubahan tingkah laku manusia dalam masyarakat.

Memahami berbagai macam kode, simbol dan istilah yang menjadi objek penelitian.

Berfikir secara rasional dan selalu bersikap hati-hati.

c. Fungsi Sosiologi Di Dalam Pembangunan

Pembangunan dapat diartikan sebagai perubahan yang dilakukan secara terencana dan terarah, proses pembangunan bertujuan untuk meningkatkan kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik lagi, baik itu dari segi material maupun segi spiritual.  Fungsi sosiologi pada pembangunan adalah untuk memberikan data-data sosial yang dibutuhkan pada tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan dan tahapan penilaian pembangunan.

Pada tahapan perencanaan yang di perhatikan yaitu apa saja yang menjadi kebutuhan sosial

Sedangkan pada tahapan pelaksanaan yang di perhatikan yaitu kekuatan sosial yang ada didalam masyarakat serta proses perubahan sosial yang terjadi.

Dan pada tahapan penilaian menganalisis terhadap dampak dari pembangunan yang di dilakukan.

d. Fungsi Sosiologi Dalam Memecahkan Permasalahan Sosial

Permasalahan atau masalah dapat diartikan sebagai suatu kesulitan yang muncul dan perlu di selesaikan atau di carikan solusinya. Biasanya masalah muncul karena adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang di inginkan. Masalah sosial pada masyarakat umumnya selalu berhubungan dengan nilai-nilai dan lembaga masyarakat. Disebut dengan masalah sosial, karena masalah tersebut dapat mengganggu suasana keharmonisan masyarakat. Jadi masalah sosial harus dicarikan solusi untuk mengatasinya, supaya keharmonisan di dalam masyarakat dapat tercipta dan terjaga. Dengan sosiologi maka dapat mempelajari konflik sosial, mempelajari perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat sehingga dapat mempermudah untuk mencari solusi pemecahan masalah sosial tersebut. Adapun metode memecahkan masalah sosial diantaranya sebagai berikut ini:

Metode Antisifatif, yaitu metode yang sifatnya untuk mencegah dan mempersiapkan sesuatu jika terjadi kemungkinan yang dapat mengganggu keharmonisan dalam masyarakat.

Metode Restitusif, yaitu metode yang memberikan apresiasi atau penghargaan terhadap individu yang mematuhi peraturan atau norma.

Metode Repersif, yaitu metode yang membuat jera terhadap pelaku pelanggaran.

Mudah-mudahan artikel ini berguna dan Bermanfaat untuk banyak orang..Terima Kasih…