Fungsi Pasar Modal Dalam Rangka Pembangunan Ekonomi

Posted on

Pasar modal memiliki peran besar bagi perekonomian suatu Negara karena pasar modal memiliki dua fungsi sekaligus, yaitu fungsi ekonomi dan fungsi keuangan. Pasar modal dikatakan memiliki fungsi ekonomi karena pasar menyediakan fasilitas atau wahana yang mempertemukan dua kepentingan yaitu pihak yang memiliki kelebihan dana (investor) dan pihak yang memerlukan dana (issuer).

Dengan adanya pasar modal maka pihak yang memiliki kelebihan dana dapat menginvestasikan dana tersebut dengan harapan memperoleh imbalan (return) berupa dividen, sedangkan pihak issuer (dalam hal ini perusahaan) dapat memanfaatkan dana tersebut untuk kepentingan investasi tanpa harus menunggu tersedianya dana dari kegiatan operasi perusahaan. Pasar modal dikatakan memiliki fungsi keuangan, karena pasar modal memberikan kemungkinan dan kesempatan memperoleh imbalan (return) bagi pemilik dana, sesuai dengan karakteristik investasi yang dipilih.

Pengertian Pasar Modal

Pengertian pasar modal secara umum adalah suatu tempat bertemunya para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi dalam rangka memperoleh modal. Penjual dalam pasar modal merupakan perusahaan yang membutuhkan modal dan disebut emiten. Pembeli dalam pasar modal adalah pihak atau perusahaan yang ingin membeli modal di perusahaan yang menurut mereka menguntungkan.

Perusahaan yang membeli modal disebut investor. Berdasarkan Undang – undang No 8 tahun 1995 pasar modal didefinisikan sebagai kegiatan yang berkaitan dengan penawaran umum dan perdagangan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan efek.

Pasar modal berbeda dengan pasar uang, dimana perbedaan terletak pada jangka waktu atau jatuh tempo produknya. Pasar uang dikenal sebagai pasar yang menyediak sarana peminjaman dana dalam jangka pendek (jatuh tempo kurang atau sama dengan satu tahun).

Pasar modal dapat diartikan sebagai instrument keuangan (sekuritas) jangka panjang yang dapat diperjualbelikan, baik dalam bentuk hutang (obligasi) maupun modal sendiri (saham) yang diterbitkan pemerintah atau perusahaan swasta. Pada dasarnya fungsi pasar modal sebgai wahana demokratisasi pemilik saham yang ditunjukkan dengan semakin banyaknya institusi dan individu yang memiliki saham perusahaan yang telah go public.

Peranan Pasar Modal

Pasar modal mempunyai peran penting dalam kegiatan ekonomi secara makro. Pasar modal dapat berperan sebagai alat untuk mengalokasikan sumber daya ekonomi secara optimal. Perusahaan yang memerlukan dana memandang pasar modal sebagai suatu alat untuk memperoleh dana yang lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan modal yang diprolehdari sektor perbankan.

Modal yang diperoleh dari pasar modal selain mudah caramemperolehnya, biaya untuk memperoleh model tersebut juga relatif lebih murah.

Sementara itu, peranan pasar modal pada suatu negara adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai fasilitas dalam melakukan interaksi antara pembeli dan penjual untuk menentukanharga saham atau surat berharga yang diperjualbelikan
  2. Pasar modal memberikan kesempatan kepada investor untuk memperoleh hasil (return) yangdiharapkan. Keadaan tersebut akan mendorong perusahaan (emiten) untuk memenuhi keinginan para investor. Pasar modal menciptakan peluang bagi perusahaan untuk memuaskan keinginan para pemegang saham melalui kebijakan deviden dan stabilitas harga sekuritas yang relatif normal.
  3. Pasar modal memberi kesempatan kepada investor untuk menjual kembali saham yangdimilikinya atau surat berharga lainnya. Dengan beroperasinya pasar modal, para investor dapatmelikuidasi surat berharga yang dimilikinya tersebut setiap saat.
  4. Pasar modal menciptakan kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam perkembangan suatu perekonomian. Masyarakat umum mempunyai kesempatan untuk mempertimbangkan alternatif cara penggunaan uang mereka.
  5. Pasar modal mengurangi biaya informasi dan transaksi surat berharga. Bagi para investor, keputusan investasi harus didasarkan pada tersedianya informasi yang akurat dan dapatdipercaya. Pasar modal dapat menyediakan kebutuhan terhadap informasi bagi para investor secara lengkap, yang apabila hal tersebut dicari sendiri maka akan memerlukan biaya yangsangat mahal.

Pelaku Pasar Modal

Pasar modal mempunyai peranan penting dalam mobilisasi dana untuk menunjang pembangunan nasional. Akses dana dari pasar modal telah mengundang banyak perusahaan nasional maupun patungan untuk menyerap dana masyrakat tersebut dengan tujuan yang beragam. Namun, sasaran utamanya adalah meningkatkan produktivitas kerja melalui ekspansi usaha dan mengadakan pembenahan struktur modal untuk meningkatkan daya saing perusahaan.

Instrument – instrument pasar modal Indonesia yang memungkinkan mobilisasi dana masih relative terbatas jika dibandingkan dengan bursa – bursa dunia yang sudah mapan. Kendati demikian, dalam usia yang relative muda, pasar modal Indonesia telah menjadi wahana penting di luar perbankkan untuk menyediakan dana yang diperlukan dunia usaha melalui penjualan saham dan obligasi serta derivatifnya.

Adapun para pelaku yang terlibat dalam kegiatan pasar modal adalah emiten, investor, dan lembaga penunjang pasar modal.

  1. Emiten
    Emiten adalah perusahaan yang melakukan penjualan surat – surat berharga atau perusahaan yang melakukan emisi. Emiten melakukan emisi dapat bersifat kepemilikan dalam bentuk saham atau utang dalam bentuk obligasi.
  2. Investor
    Investor adalah pemodal yang akan membeli atau menanamkan modalnya di perusahaan yang melakukan emisi. Sebelum membeli surat – surat berharga, investor melakukan penelitian dan analisis terlebih dahulu terhadap perusahaan penjual.
  3. Lembaga Penunjang Pasar Modal
    Lembaga penunjang pasar modal berfungsi mendukung terlaksananya operasi pasar modal, seperti penjamin emisi efek atau underwriter, perantara perdagangan efek atau broker atau pialang, wali amanat, kantor administrasi efek, perusahaan surat berharga, dan perusahaan pengelola dana atau reksa dana.
PELAJARI:  Perbedaan Utama Antara Kepemilikan Perseorangan, Persekutuan Dan Perseroan Terbatas

Manfaat Pasar Modal

Terdapat banyak manfaat yang akan diperoleh atas keberadaan pasar modal oleh emiten, investor, lembaga penunjang, dan pemerintah. Manfaat-manfaat pasar modal antara lain adalah :

Manfaat bagi emiten

Dalam kondisi dimana debt to equity ratio perusahaan lebih tinggi, maka akan sulit menarik pinjaman baru dari bank. Oleh karena itu, pasar modal menjadi alternatif lain. Manfaat pasar modal bagi emiten yaitu:

  1. Jumlah dana yang dapat dihimpun berjumlah besar dan dapat sekaligus diterima oleh emiten pada saat pasar perdana.
  2. Tidak ada covenant sehingga manajemen dapat bebas (mempunyai keleluasaan) dalam mengelola dana yang diperoleh perusahaan.
  3. Solvabilitas perusahaan tinggi sehingga memperbaiki citra perusahaan dan ketergantunganterhadap bank kecil. Selain itu, jangka waktu penggunaan dana tidak terbatas.
  4. Cost flow hasil penjualan saham biasanya akan lebih besar dari harga nominal perusahaan.Emisi saham sangat cocok untuk membiayai perusahaan yang beresiko tinggi.
  5. Tidak ada beban finansial yang tetap dan profesionalisme manajemen meningkat.

Bagi investor

Pasar modal yang telah berkembang baik merupakan sarana investasi lain yang dapatdimanfaatkan oleh investor. Bagi investor, investasi melalui pasar modal dapat dilakukan dengancara membeli instrumen pasar modal seperti saham, obligasi, ataupun sekuritas kreditInvestasi di pasar modal memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan investasi pada sektor perbankan. Melalui pasar modal, investor dapat memilih berbagai jenis efek yang diinginkan.Adapun manfaat pasar modal bagi para investor adalah:

  1. Nilai investasi berkembang mengikuti pertumbuhan ekonomi. Peningkatan tersebut akantercermin pada meningkatnya harga saham yang menjadi capital gain.
  2. Sebagai pemegang saham, investor memperoleh deviden, sedangkan sebagai pemegangobligasi, investor memperoleh tetap setiap tahun.
  3. Bagi pemegang saham mempunyai hak suara dalam Rapat Umum Pemegang Saham(RUPS), serta hak suara dalam Rapat Umum Pemegang Obligasi (RUPO) bagi pemegangobligasi.
  4. Dapat dengan mudah mengganti instrumen investasi, misalnya dari saham A ke saham B,sehingga dapat mengurangi risiko dan meningkatkan keuntungan.
  5. Dapat sekaligus melakukan investasi dalam beberapa instrumen untuk memperkecil risikosecara keseluruhan dan memaksimalkan keuntungan.

Bagi lembaga penunjang

Berkembangnya pasar modal juga akan mendorong perkembangan lembaga penunjang menjadilebih profesional dalam memberikan pelayanan sesuai dengan bidangnya masing-masing.Keberhasilan pasar modal tidak terlepas dari peranan lembaga penunjang.

Bagi manajer keuangan

  1. Menyediakan leading indicator bagi perkembangan perekonomian suatu negara.
  2. Penyebaran kepemilikan perusahaan sampai lapisan masyarakat menengah.
  3. Penyebaran kepemilikan, keterbukaan dan profesionalisme menciptakan iklim berusaha yangsehat serta mendorong pemanfaatan manajemen professional

Bagi pemerintah

Perkembangan pasar modal merupakan alternatif lain sebagai sumber pembiayaan pembangunanselain sektor perbankan dan tabungan pemerintah. Pembangunan yang semakin pesatmemerlukan dana yang semakin besar pula. Untuk itu perlu dimanfaatkan potensi danamasyarakat. Adapun manfaat yang langsung dirasakan oleh pemerintah adalah:

  1. Sebagai sumber pembiayaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sehingga tidak lagitergantung pada subsidi dari pemerintah.
  2. Manajemen badan usaha menjadi lebih baik, karena mereka dituntut untuk lebih professional
  3. Meningkatkan pendapatan dari sektor pajak, penghematan devisa bagi pembiayaan pembangunan serta memperluas kesempatan kerja

Fungsi Pasar Modal Dalam Rangka Pembangunan Ekonomi

Perkembangan pasar modal di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat pesat terutama setelah pemerintahan melakukan berbagai regulasi di bidang keuangan dan perbankkan termasuk pasar modal. Para pelaku di pasar modal telah menyadari bahwa perdagangan efek dapat memberikan return yang cukup baik bagi mereka,dan sekaligus memberikan konstribusi yang besar bagi perkembangan perekonomian Negara kita.

Pasar modal (capital market) adalah lembaga keuangan bukan bank yang mempunyai kegiatan berupa penawaran dan perdagangan efek. Selain itu juga merupakan lembaga profesi yang berkaitan dengan transaksi jual beli efek dan perusahaan public yang berkaitan dengan efek. Dengan demikian pasar modal dikenal sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli modal atau dana.

Pada dasarnya pasar modal sendiri memiliki dua fungsi pokok, yang sangat penting bagi berjalnnya kegiatan perekonomian di dalamnya, yaitu

PELAJARI:  Transaksi Dalam Perusahan Dagang

Fungsi ekonomi

Pasar modal memiliki fungsi ekonomi, yakni pasar modal memiliki fungsi yang penting bagi pihak-pihak yang memiliki sebuah kepentingan untuk menjeual saham atau membeli saham. Ada beberapa fungsi yang ada di dalam fungsi ekonomi ini, yaitu :

  1. Menyediakan fasilitas atau wadah untuk mempertemukan dua pihak yang memiliki kepentingan yaitu investor sebagai yang memiliki dana dan ingin membeli suatu saham dan issuer pihak yang memiliki saham dan ingin menjualnya untuk mendapatkan modal. Di sini pasar modal bertindak sebagai tempat yang bisa digunakan oleh pihak berkepentingan untuk beraktivitas terutama dalam bidang ekonomi.
  2. Membantu dan memfasilitasi secara langsung bagi para pemiliki modal untuk berpartisipasi dalam tujuan mencapai atau mendapatkan keuntungan dari berinvestasi. Jadi di sini fungsi pasar modal adalah menyediakan lahan untuk meraih keuntungan besar dengan cara yang mudah tanpa syarat-syarat yang berlebihan atau sulit.
  3. Membantu dan menyediakan fasilitas bagi para pengusaha atau perusahaan yang menginginkan modal atau dana tambahan untuk menstabilkan tingkat likuiditas yang dimiliki perusahaan tersebut dengan cara penjualan efek saham (bursa efek) dan melalui prosedur yang terstruktur dan sistematis, yaitu prosedur IPO atau efek hutang yang sering disebut dengan obligasi. Tidak bisa dipungkiri bahwa seeiring dengan kemajuan zaman, perushaan atau para pengusaha harus bersaing dan menciptakan sebuah perubahan untuk mengembangkan usaha yang dimilikinya agar tetap eksis dan bisa bertahan, hal ini tentunya membutuhkan modal atau dana tambahan yang mereka gunakan untuk melakukan sebuah perubahan menjadi lebih baik.
  4. Membantu dan mendapmpibgi usaha berbagai perusahaan dalam upaya peningkatan kemampuan atau skill keuangan perusahaan, agar bisa melakukan ekspansi usaha.

Fungsi keuangan

Selain fungsi ekonomi, pasar modal juga memiliki fungsi lain yaitu fungsi keuangan. Pasar modal muncul sebagai alternatif modal atau pendanaan bagi perusahaan – perusahaan dalam upaya mencari keuntungan dan pendapatan perusahaan untuk mencapai suatu kesejahteraan dan kemakmuran.

Yang pada akhirnya akan membawa dampak baik yaitu kemakmuran untuk masyarakat luas. Hal ini bisa terjadi karena memang pasar modal memberikan sumbangsih berupa kemungkinann dan peluang untuk mendapatkan imbalan atau keuntungan bagi pemilik modal, yang sesuai dengan karakteristik investasi yang dipilih dan dijalankan.

Dalam fungsi keuangan ini yang dibicarakan memang berfokus pada dana atau modal. Karena hal ini dianggap salah satu komponen yang penting dalam sebuah kegiatan perekonomian. Di sini uang tidak hanya berfungsi sebagai alat tukar namun juga sebagai penentu perkembangan suatu perusahaan karena dengan adanya uang, para pelaku usaha bisa menciptakan sebuah inovasi yang kreatif dan efektif untuk kemajuan usahanya.

Itulah dua fungsi pasar modal secara umum, dilihat dari sudut ekonomi dan keuangan yang intinya bahwa fungsi pasar modal adalah menjadi wadah yang memfasilitasi beberapa pihak yang memiliki kepentingan untuk mengembangkan usahanya dengan menjual sahamnya untuk memperoleh modal. Lebih jelasnya akan kita bahas setelah ini, selanjutnya kita akan membahas fungsi pasar modal secara rinci, antara lain :

Sebagai sarana pemasok modal usaha

Bagi perusahaan atau pelaku usaha yang menginginkan mendapatkan dana atau modal untuk pengembangan usahanya, maka pasar modal sangatlah dianjurkan. Pasa modal merupakan satu tempat dimana perusahaan bisa menxapatkan modal atau dana segar dari pihhak yang memiliki dana banyak. Karenan memang dalam pasar modal ini berkumpul beberapa investor atau pemilik dana yang akan membeli saham anda.ta pemerintah.

Dalam hal ini yang bertindak sebaai investor seperti masyarakat umum, perusahaan lain, lembaga keuangan atau yang lainnya, ser Dengan berkecimpung dalam pasar modal ini perushaan tidak akan kesulitan mencari pihak yang mampu membantunya dengan membeli saham yang mereka miliki. Berbeda dengan mencari investor sendiri baik individu maupun lewat bank, perusahaan akan melakukan pinjaman (hutang) yang dimana hal tersebut akan menjadi beban bagi mereka, selain itu prosedurnya juga rumit tidak seperti dalam pasar modal, yang bisa mendapatkan dana segar dengan waktu yang singkat dan mudah.

Sebagai sarana untuk meratakan pendapatan

Mungkin kita masih bertanya-tanya, apakah benar keberadaan pasar modal bisa digunakan untuk pemerataan pendapatan. Kita tahu sendiri bahwa di Indonesia masih banyak yang pengangguran, pendapatan setiap individu juga kurang balance, yang kaya makin kaya dan yang miskin semakin miskin. Dengan adanya pasar modal, hal ini bisa diatasi karena dalam pasar modal semua bebas untuk menjadi investor tidak harus memiliki pangkat besar atau uang yang berlimpah, semua lapisan masyarakat yang memiliki dana meskipun tidak seberapa bisa menjadi investor di sini.

PELAJARI:  Tentang Uang, Sejarah dan Fungsinya

Mungkin bagi yang pengangguran atau yang sudah tua bisa menginvestasikan dana yang mereka miliki dengan membeli saham yang beredar di pasar modal. Dengan begitu mereka akan mendapatkan penghasilan atau dana tambahan. Karena pada dasarnya saham-saham yang telah dibeli dan dimiliki oleh investor akan memberikan devide atau jkeuntungan perushaan kepada para investor tersebut. Itulah mengapa pasar modal bisa dibilang sebagai sarana pemerataan pendapatan.

Sebagai sarana peningkatan kapasitas dan kemampuan produksi

Perlu kita ketahui bahwa perusahaan akan mendapatakan omset besar dan bisa berkembang jika mereka memiliki produktivitas dan kemampuan produksi yang tinggi. Selain dipengaruhi oleh sumber daya manusia yang ada, produktivitas perushaan juga bisa ditentukan oleh dana yang mereka miliki. Dengan adanya modal mereka tidak akan bingung untuk melakukan hal yang baru, menemukan sebuah pemecahan dari suatu masalah dan lainnya.

Dengan demikian otomatis perusahaan yang menjual sahamnya di pasar modal akan mendapatkan imbalan berupa dana atau modal untuk meningktakan kapasitas dan kemampuaannya dalam produksi suatu produk baik barang ataupun jasa. Dengan produksi yang banyak dan berkualitas maka tidak bisa dipungkiri bahwa perushaan anda akan sukses dan berkembang pesat.

Sebagai sarana penyedia lapangan pekerjaan

Hampir senada dengan pemerataan pendapatan, keberadaan pasar modal mampu menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan. Hal ini disebabkan karena mudahnya memperoleh modal dan dana yang segar untuk melakukan usaha, sehingga banyak industri-industri yang akan mendirikan usaha barunya, dan otomatis hal ini akan menjadi lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang masih menganggur.

Tidak hanya itu orang-orang yang sudah tua dan memiliki dana, bisa menjadi investor dengan membeli saham suatu perusahaan, dan dia hanya diam saja di rumah dan memantau perusahaan yang ia beli sahamnya, jika untung maka akan mendapatkan keuntungan juga. Inilah fakta yang membuktikan bahwa adanya pasar modal itu akan membuka lkapangan pekerjaan yang luas.

Sebagai sarana peningkatan pendapatan negara (devisa negara)

Keberadaan pasar modal juga bisa menjadi subjek peningkatan pendapatan negara. Karena deviden atau keuntungan perusahaan yang diberikan kepada para investor akan dikenai pajak dengan jumlah menyesuaikan dan sesuai peraturan pemerintah. Dari pajak ini devisa negara akan meningkat. Karena pada dasrnya pajak merupakan salah satu alat dimana negara bisa menggali dana untuk melakukan pembangunan di berbagai bidang yang tujuannya untuk mensejahterakan rakyatnya.

Jadi pajak yang diberikan oleh para investor otomatis akan menambah pendapatan negara. Semakin banyak pajak yang disetorkan semakin besar pula peluang pemerataan pendapatan, pembangunan dan lainnya akan terlaksana.

Sebagai indikator perekonomian suatu negara

Keberadaan pasar modal bisa dijadikan sebuah indikator kondisi perekonomian suatu negara. Aktivitas atau volume jual beli saham dan suart-surat berharga lainnya yang terjadi dalamnya akan menunjukkan indikasi kondisi bisnis berbagai perusahaan. Semakin besar dan tingginya volume jual beli saham, maka hal ini mengindikasikan bahwa aktivitas bisnis berbagai perusahaan berjalan dengan lancar dan baik. inilah yang menyebabkan pasar modal bisa dijadikan indikator perekonomian negara.

Demikianlah pembahasan kali ini, yang menjelaskan berbagai fungsi pasar modal. Keberadaan pasar modal memang sangat berpengaruh bagi perekonomian suatu negara. Denagn berbagi fungsi yang dimilikinya, menjadikan pasar modal merupakan aset penting bagi suatu negara.