Apa Itu Jaringan Tulang Rawan?

Posted on

Apakah kamu mengetahui tentang jaringan tulang rawan? Jaringan tulang rawan tersusun oleh sel-sel tulang rawan yang dilindungi oleh fibrosa dalam matriks. Matriks tulang rawan tersebut mengandung serabut kolagen, serabut elastis, dan serabut fibrosa. Jaringan tulang rawan dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu tulang rawan hialin, tulang rawan fibrosa, dan tulang rawan elastis. Ayo simak pembahasan berikut ini.

Tulang rawan hialin

Matriks tulang hialin memiliki kandungan serabut elastis lebih banyak bila dibandingkan dengan serabut kolagen. Rangka pada embrio didominasi oleh tulang rawan hialin. Sementara, orang dewasa, tulang rawan hialin hanya terdapat pada ujung tulang rusuk, persendian, dan pada saluran pernapasan.

Tulang rawan elastis

Tulang rawan elastis biasanya terdapat pada epiglotis, laring, saluran eustachius, saluran telinga luar dan daun telinga. Tulang rawan elastis ini memiliki matriks yang berwarna keruh kekuning-kuningan dan memiliki banyak kandungan serabut kolagen. Tulang rawan elastis memiliki fungsi untuk memberikan fleksibilitas dan sokongan.

PELAJARI:  Siklus Pertumbuhan dan Perkembangan Embrio

Tulang rawan fibrosa  

Tulang rawan fibrosa memiliki matrik yang berwarna gelap dan keruh serta mengandung serabut kolagen kasar. Tulang rawan tersebut biasanya berada di hubungan antartulang. Fungsi dari tulang rawan fibrosa yaitu untuk memberikan proteksi dan sokongan.